Announcement

Collapse
No announcement yet.

Memanfaatkan Efek Afterburn

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Memanfaatkan Efek Afterburn

    Click image for larger version  Name:	sfidn-memanfaatkan-efek-afterburn.jpg Views:	1 Size:	56.5 KB ID:	1365



    Forum Fitness Indonesia - Afterburn merupakan suatu kondisi dimana tubuh tetap melakukan pembakaran kalori setelah kamu berhenti berolahraga. Karena pada kenyataannya, proses pembakaran kalori tubuh juga tetap dilakukan saat tubuh sudah berhenti berolahraga. Hal tersebut dilakukan agar tubuh tidak terkejut karena harus tiba-tiba berhenti melakukan pembakaran kalori saat selesai berolahraga. Selain itu, pembakaran kalori ini juga dilakukan untuk menormalkan kembalu suhu tubuh dan agar bisa mengatasi sejumlah perubahan hormon setelah berolahraga.

    Click image for larger version

Name:	sfidn-memanfaatkan-efek-afterburn-3.jpg
Views:	1
Size:	89.0 KB
ID:	1366

    Efek Afterburn ini juga dikenal dengan sebutan excess post-exercise oxygen consumption (EPOC) di dunia ilmiah. Sederhananya, EPOC merupakan kadar oksigen yang diperlukan oleh tubuh agar bisa mengembalikan tubuh dalam kondisu istirahat. Ketika Anda selesai berolahrga, tubuh akan berada pada beberapa fase, yaitu fase mengembalikan kadar oksigen tubuh, fase menghilangkan kandungan asam laktat, dan fase perbaikan otot serta pengembalian kondisi ATP.

    Sejumlah penelitian yang dikutip dari Healthline bahkan mengatakan bahwa kadar EPOC tertinggi manusia terjadi setelah berolahraga. Konsisi ini akan terus berlanjut selama 38 jam. Penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa semakin intesif latihan yang dilakukan seseorang, maka pembakaran kalori yang dilakukan setelah berlatihpun akan semakin banyak agar kondisi tubuh bisa kembali ke kondisi istirahat. Walaupun begitu, jumlah kalori yang dihasilkan karena efek afterburn ini masih belum bisa dipastikan karena dipengaruhi oleh faktor, usia, jenis kelamin, durasi, kebugaran serta intensitas latihan.

    Jenis olahraga Untuk memaksimalkan efek afterburn

    Click image for larger version

Name:	sfidn-memanfaatkan-efek-afterburn-2.jpg
Views:	1
Size:	74.1 KB
ID:	1367
    Jenis olahraga yang mampu memnicu EPOC yang lebih tinggi adalah high intensity interval training (HIIT) merupakan olahraga yang mampu merangsang EPOC lebih tinggi karena Anda akan membutuhkan banyak oksigen ketika memprosesnya. oleh sebab itu, tubuh memerlukan kadar oksigen yang banyak agar bisa tergantikan setelah selesai berolahraga. Tentunya Anda bisa melakukan olahraga intensitas jenis apapun sesuai dengan kemampuan dan juga keinginan Anda. Agar pembakaran kalori setelah olahraga bisa lebih maksimal, lakukanlah latihan HIIT selama 25 menit.

    Anda bisa melakukan olahraga intensitas jenis apapun sesuai keinginan dan kemampuan. Lakukanlah olahraga ini selama 25 menit agar pembakaran kalori setelah olahraga bisa lebih maksimal.
Working...
X