Announcement

Collapse
No announcement yet.

Kardio Mengahambat Perkembangan Otot, Benarkah?

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Kardio Mengahambat Perkembangan Otot, Benarkah?

    Click image for larger version  Name:	sfidn-kardio-menghambat-perkembangan-otot.jpg Views:	1 Size:	70.1 KB ID:	1017




    Forum Fitnes Indonesia - Mitos yang mengatakan bahwa latihan kardio mampu memperlambat perkembangan otot sudah dipercaya hampir diseluruh komunitas praktisi angkat beban. Pada akhirnya, banyak dari mereka yang menghindari latihan kardio. Perlu diketahui bahwa adaptasi otot pada latihan aerobik dan angkat beban memang berbeda. Namun, bukan berarti kedua latihan ini tidak bisa disatukan. Bila direncanakan dengan baik, latihan kardio justru akan mampu memperbaiki hasil latihan, kesehatan, dan komposisi tubuh Anda.

    Menjaga Perkembangan Otot Sambil Melakukan Kardio

    Para peneliti telah menunjukan fakta bahwa melakukan latihan kardio selama 10 minggu dengan latihan latihan angkat beban ternyata mampu memperlambat perkembangan otot bila dibandingan dengan latihan angkat beban. Tapi bila penelitian tersebut kupas secara mendalam yang berupa 6 hari latihan kardio dan 5 hari latihan beban dalam kurun waktu seminggu, tentu saja hal tersebut terlalu tinggi. Karena umumnya, kita tidak akan pernah ingin melakukan latihan kardio selama 30-40 menit sebanyak 6 kali dalam seminggu.

    Selain itu, ada penelitian baru yang mengatakan bahwa olahraga kardio dengan intensitas tertentu mampu meningkatkan efek latihan beban. Penelitan menunjukan bahwa latihan angkat beban yang dilakukan dengan 2 hingga 3 hari kardio akan mampu memberikan efek pertumbuhan yang sangat pesat jika dibandingkan dengan latihan beban saja. Jadi pada intinya, melakukan kardio yang cukup, yaitu 2-3 jali seminggu , sangat diperlukan guna membantu perkembangan otot.

    Pentingnya Momentum

    Adaptasi otot pada latihan beban dan juga latihan aerobik memang mampu menghambat satu dan yang lainnya. Jadi, diperlukan adanya jeda antar kedua sesi agar bisa meminimalkan gangguan dan memaksimalkan performa serta adaptasi otot. Penurunan kekuatan pasca melakukan latihan ata ketahanan bisa berlangsung sampai 6 jam lamanya. Untuk itu, berilah jeda istirahat selama 6 jam. Namun, jika terlalu lama menunggu, Anda bisa merasakan DOMS dari latihan yang sebelumnya.

    Untuk itu, temukanlah mementum yang tepat. Anda bisa melakukan latihan beban pasca kardio ataupun sebaliknya. Namun, apabali dilihat dari sisi praktisnya, maka rasa kelelahan pasca latihan kardio mampu mempengaruhi latihan beban anda jika di bandingkan dengan kebalikannya.

    Bentuk Kardio Juga Penting

    Bila dibandingkan dengan latihan kardio yang lainnya, maka kardio dengan jenis lari akan mampu menimbulkan kerusakan otot yang lebih banyak. Hal tersebut di karenakan jumlah kontraksi otot eksentrik ketika terjadi gerakan. Dilain hal, bersepeda akan mampu melibatkan otot konsentrik yang mengakibatkan minimnya kerusakan otot serta membatasi gangguan dan pemulihan otot. Jadi, melakukan olahraga lari selama berjam-jam tidak akan berdampak bagus, namun aktivitas dengan dampak yang rendah seperti bersepeda tentu akan memperbaiki performa latihanmu.

    Program Rutinitas Kardio dan Angkat beban
    • Senin pagi: Lower body
    • Senin sore: Sepeda statis dengan 8-10 set dengan interval 1 menit sprint dan 1 menit santai. Mulailah dengan 5 menit pemanasan dan 5 menit pendinginan.
    • Selasa: Upper body push
    • Rabu: Libur
    • Kamis pagi: Lower body
    • Kamis sore: Sepeda statis 15 Km time trial, lakukanlah secepat mungkin dan gunakan stopwatch atau alat lainnya.
    • Jumat: Upper body pull

    Jadi, apakah pertanyaan mu diatas sudah terjawab? Jika masih ada pertanyaan, silahkan bertanya di bawah yah, selamat berlatih.
    Last edited by FM.Mail; 10-23-2018, 09:50 AM.

  • #2
    latihan kardio tetap diperlukan dengan batas yg sewajarnya aja klo mau otot berkembang

    Comment


    • #3
      Originally posted by tono sutrisno View Post
      latihan kardio tetap diperlukan dengan batas yg sewajarnya aja klo mau otot berkembang
      betul gan, selama gak berlebihan dan cukup 15-30 menit setelah latihan angkat beban.

      Comment

      Working...
      X