Announcement

Collapse
No announcement yet.

Tips Latihan Kardio dalam Program Pembentukan Otot

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Tips Latihan Kardio dalam Program Pembentukan Otot

    Click image for larger version  Name:	sfidn-tips-latihan-kardio-dalam-program-pembentukan-otot.jpg Views:	1 Size:	96.2 KB ID:	1231




    Forum Fitness Indonesia - Mengimbangi sisi latihan beban dangan latihan kardio akan sangat efektif dalam pembentukan massa otot. Untuk itu, buanglah jauh-jauh fanatisme Anda tentang latihan beban agar bisa membentuk otot yang keras dan besar. Latihan kardio berperan penting dalam membakar lemak tubuh yang menutupi otot, Sehingga otot akan semakin masif, nyata, kering, dan keras. Untuk itu, di bawah ini kami akan berikan tips melakukan latihan kardio untuk membantu program pembentukan otot Anda agar lebih maksimal.

    1. Menentukan Tujuan dari Berlatih

    Jika tujuan Anda memang ingin meningkatkan massa otot, lakukanlah latihan aerobik sebanyak 1-2 kali selama 15-20 menit. Dengan melakukan latihan itu, maka Anda akan membatasi pengeluaran energi tubuh sehingga tubuh akan lebih terkonsentrasi dalam pembentukan otot. Jika Anda menginkan otot tanpa lemak, maka Anda bisa melakukan karidio sebanyak 2 hingga 4 kali dalam seminggu.

    2. Menuntukan Porsi Latihan Beban dan Kardio

    Kalau Anda memang melakukan latihan kardio dan juga latihan beban pada hari yang bersamaan, disarankan untuk melakukan latihan aerobik yang mampu memberikan kontraksi pada otot yang tidak terlatih angkat beban. Singkatnya, saat Anda melakukan latihan kardio yang bersifat mengayuh dengan tujuan melatih otot tubuh atas, maka Anda bisa melakukan latihan aerobik tersebut. Atau Anda juga bisa memisahkan latihan kardio dan latihan beban pada hari yang berbeda.

    Dengan begitu, Energi Anda tidak akan terkuras karena latihan kardio dan Anda tetap bisa melakukan latihan beban dengan intensitas tinggi. Lakukan jeda latihan selama 2 hari antara latihan beban dan kardio agar otot memiliki waktu untuk bisa pulih.

    3. Kurangilah Resiko Cedera

    Melakukan gerak latihan yang memanfaatkan otot kaki akan melibatkan persendian, karena persendian berperan penting dalam menahan tumpuan beban tubuh. hal tersebut tentunya akan meningkatkan resiko terjadinya trauma otot persendian. Untuk itu, lakukanlah latihan kardio yang lebih aman untuk sendi..

    4. Terapkan Interval Training

    Tubuh memerlukan waktu sebanyak 20 menit sebelum membakar lemak ketika selesai berlatih kardio. Latihan kardio akan dikatakan baik jika mampu meningkatkan detak jantung sampai 65%. Untuk itu, cobalah latihan kardio dengan metode HIIT (High-Intensity Interval Training) agar bisa mempercepat pembakaran lemak dan memaksimalkan pembentukan otot.

    5. Meningkatkan Resistensi Latihan

    Mengubah roda gigi sepeda ataupun gradien treadmill ke tingkat yang lebih berat merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hasil latihan kardio.
    Cara tersebut merupakan cara yang paling efektif dalam meningkatkan intensitas latihan. Untuk itu, temukanlah tingkat resistensi yang tepat agar tidak mengurangi jumlah set ataupun repitisi latihan angkat beban Anda.
    Last edited by FM.Mail; 12-31-2018, 04:39 AM.
Working...
X