Announcement

Collapse
No announcement yet.

Apakah Musik Bisa Jadi Perusak atau Peningkat Motivasi?

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Apakah Musik Bisa Jadi Perusak atau Peningkat Motivasi?

    Click image for larger version  Name:	sfidn-apakah-musik-bisa-jadi-perusak-atau-peningkat-motivasi.jpg Views:	1 Size:	101.3 KB ID:	1023





    Forum Fitness Indonesia - Olahraga dengan sambil mendengarkan lagu memang dipercaya mampu menambah semangat olahraga. tapi menurut beberapa ahli, hal tersebut justru mampu merusak konsentrasi berolahraga. Jadi, seberapa pentingnya olahraga sambil mendengarkan musik?

    Kalau kamu termasuk orang yang suka nge-gym, pasti kamu sudah terbiasa mendengrkan hentakan musik yang berirama cepat. Hal tersebut terjadi karena banyaknya peminat gym yang meminta agar diputarkan musik tersebut. Beberapa diantaranya bahkan ada yang sengaja menampilkan live DJ. Untuk sebagian orang, bahkan musik mampu dijadikan elemen penting dalam dunia olahraga, terutama fitness.

    Seorang manajer pengembangan bisnis gum di India, Nicholas Kraal mengatakan bahwa atmosfer tersebut di bangun di tempat gym dan musik menjadi motivator tersendiri untuk memcu berolahraga. Musik yang disediakan untuk setiap sesi kelaspun berbeda-beda, tergantung dengan jenis olahraga yang memang dijalankan. Seperti kelas aerobik yang dominan menggunakan musik cepat agar bisa menjaga ritme dan hitungan hentakan yang sama. Biasa, musik aerobik menggunakan musik dengan 32 ketukan perminutnya. Namun bisa lebih cepat lagi dengan melakukan 120 ketikan permenit. Bahkan ada yang menggunakan musik dengan ketukan sebanyak 130-140 menit perketukan di kelas yang lebih berat.

    Selain itu, ada beberapa praktisi gym yang lebih suka membawa musiknya sendiri yang diputar melalui mp3 player atau ipod pribadi. Sebagian yang lainnya ada yang suka dengan cara menonton tv. Kraal melanjutkan bahwa kenyaman merupakan cara mereka dalam memotivasi diri sendiri.

    Sementara di belahan India lainnya, ada yang memiliki pendapat bahwa musik justru bisa mengganggu konsentrasi olahraga. Hal ini diutarakan oleh seprang perosmal trainer yang sudah memiliki jam terbang hampir 12 tahun dan memilih untuk tidak melatih para kliennya dengan tanpa musik atau tv. Aashu, begitu panggilannya, tidak setuju dengan teoru yang mengatakan bahwa musik mampu membangkitkan motivasi, karena dengan begitu maka konsentrasi dalam berolahraga bisa teralihkan dan hasilnya tidak akan maksimal.
    Dia juga mengatakan bahwa mendengarkan musik saat berolahraga konsentrasi yang terpecah adalah Anda harus menimati musik sedangkan tubuh dan pikiranpun harus tetap berusaha menahan gerakan dan pistur tubuh agaw bisa tetap melakukan arahan pelatih. Lantas mana yang paling benar, mendengarkan musik sambil olahraga atau tidak? tenang saja, karena nyatanya tidak semua jenis olahraga bisa cocok diiringi dengan musik.

    Seorang ahli fitness lainnya, Tasneem Zaki mengatakan bahwa mendengarkan musik tergantung pada jenis latihan ataupun olahraga. Seperti, latihan kardio dengan treadmill atau sepeda statis, maka mendengarkan musik akan mengalihkan fokus latihanmu agar tidak melihat speedometer. Sehingga bisa mengusir rasa bosan.
    Last edited by FM.Ibnu Ismail; 12-03-2018, 08:04 AM.
Working...
X