Announcement

Collapse
No announcement yet.

Alasan Kenapa Semangat Olahragamu Mudah Luntur

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Alasan Kenapa Semangat Olahragamu Mudah Luntur

    Click image for larger version  Name:	sfidn-alasan-kenapa-semangat-olahragamu-mudah-luntur.jpg Views:	1 Size:	87.6 KB ID:	985






    Forum Fitness Indonesia - Ketika kamu sudah menentukan target agar bisa memiliki berat tubuh yang ideal, atau kencang dan berotot, tentu kita terasa sangat bersemangat untuk mencapai tujuan tersebut, apalagi dalam urusan berolahraga. Namun perlahan-lahan semangat tersebut pasti luntur, dan niat yang menggebu-gebu menjadi pupus karena kalah dengan rasa malas.

    Sebuah penelitian dengan melibatkan 3000 peserta membuktikan bahwa 54% diantaranya telah berkomitmen untuk bisa melakukan gaya hidup yang sehat dan bugar, namun kenyataannya mereka gagal hanya dalam beberapa bulan setelahnya. Para peneliti menemukan fakta bahwa mereka yang tidak melakukan olahraga terhambat oleh faktor waktu dan motivasi. Itulah yang menyebabkan mereka gagal dalam menjalankan komitmennya yang sudah dirancak sejak awal tahun.

    Seorang CEO dari Fitness First Asia Simon Flint mengatakan bahwa terdapat 3 faktor yang penting guna membangun motivasi, salah satunya adalah motivasi berolahraga, memiliki perasaan kompeten atau mampu memiliki capaian dan terus maju atas apa yang dilakukan. Kedua adalah autonomy, suatu kebebasan untuk memilih ataupun tidak memilih tanpada ada pihak manapun yang memaksa. Ketiga adalah social relatedness atau perasaan untuk terlibat dalam sesuatu, merasa berada pada lingkungan yang nyaman, lalu mendukung segala hal yang dilakukannya.

    Seorang pakar psikolog yang berasal dari Universitas Indonesia Monty P Satiadarma, mengatakan bahwa ada tiga hal yang mampu menjaga semangat dalam berolahraga, yaitu, komitmen, romansa dan juga atraktif. Easa atraktif bisa dianalogikan seperti rasa ketertarikan, romansa dirasakan saat sudah menikmati rasa berolahraga. Dan yang terakhir adalah komitmen, semuanya akan tergantung pada komitmen, jika komitmennya sudah terlupakan maka target yang ingin dituju pun akan gagal.

    Untuk itu, sangat disarankan untuk bisa membuat rumus tujuan yang realistis dan pasti sebelum membuat komitmen, dengan begitu maka kelangsungan dalam berolahraga bisa terus dilakukan. Olahraga sangat penting untuk dilakukan agar mampu dijadikan sebagai ajang mengaktualisasi diri. Dengan begitu, mereka akan berlatih atas dasar kemauannya sendiri.
    Last edited by FM.Ibnu Ismail; 12-03-2018, 08:03 AM.
Working...
X