Announcement

Collapse
No announcement yet.

Pertanyaan Seputar Overtraining

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Pertanyaan Seputar Overtraining

    Click image for larger version  Name:	sfidn-pertanyaan-seputar-overtraining.jpg Views:	1 Size:	78.5 KB ID:	1324




    Forum Fitness Indonesia - Ada beberapa hal yang masih jarang diketahui oleh para pemula ketika melakukan latihan angkat beban. Padahal, hal tersebut sangatlah mempengaruhi hasil latihan. Salah satu yang jarang mereka perhatikan dan ketahui adalah overtraining. Berikut pertanyaan-pertanyaan yang biasanya sering terlontar mengenai overtraining.

    Apa sih Overtraining itu?
    Click image for larger version

Name:	sfidn-pertanyaan-seputar-overtraining-1.jpg
Views:	1
Size:	59.0 KB
ID:	1327

    Pertanyaan mendasar ini sering kali ditanggapi secara keliru. Overtraining bukanlah tentang latihan berlebih, namun tentang kurangnya waktu istirahat atau pemulihan tubuh. overtraining merupakan sesuatu yang terjadi antara waktu pemulihan dan latihan tidak mampu terpenuhi, sehingga hasil latihan tidak maksimal dan tidak ada kemajuan berarti.

    Lalu, Apa tandanya kalau aku mengalami overtrained?
    Click image for larger version

Name:	sfidn-pertanyaan-seputar-overtraining-2.jpg
Views:	1
Size:	34.2 KB
ID:	1328

    Beberapa tkamu bahwa Kamu sedang mengalami overtrained adalah mudah lelah, performa anjlok tanpa alasan, depresi, insomnia, libido menurun, gampang sakit, dan nyeri otot kronis. Jika tkamu-tkamu ini sudah Kamu alami, segera hentikan latihan selama beberapa minggu, atau berbulan-bulan. Jika dipaksakan, maka keadaan akan semakin buruk.

    Bagaimana aku menghindari overtraining?
    Click image for larger version

Name:	sfidn-pertanyaan-seputar-overtraining-3.jpg
Views:	1
Size:	13.6 KB
ID:	1329

    Agar bisa menghindari overtraing, atur dan kendalikanlah intensitas latihan Kamu. Hindari 100% kemampuan Kamu saat berlatih. Jangan memaksakan diri Kamu juga untuk mengalahkan rekor sesorang karena akan makin menghancurkan tubuh Kamu. Pastikanlah jadwal latihan Kamu sudah diatur secara rapih dan dipadu dengan waktu istirahat yang cukup. Jika tubuhterasa sedang tidak fit, jangan paksakan diri untuk latihan. Dengarkan dan kenalilah tubuh kamu sendiri.

    Sinyal Apa yang diberikan Tubuh Jika Aku Perlu Istirahat?
    Click image for larger version

Name:	sfidn-pertanyaan-seputar-overtraining-4.jpg
Views:	1
Size:	53.1 KB
ID:	1330

    Saat tubuh Kamu merasa lemas disetiap harinya, ada dua pilihan yang bisa Kamu ambil. Menurunkan volume ataupun intensitas latihan selama seminggu penuh atau melakukan istirahat total hingga kondisi tubuh membaik. Disarankan untuk memilih pilihan kedua.

    Lantas, Apa lagi yang bisa aku lakukan?
    Click image for larger version

Name:	sfidn-pertanyaan-seputar-overtraining-5.jpg
Views:	1
Size:	86.2 KB
ID:	1331
    Buatlah variasi latihan, baik itu jenis dan cara melakukan latihan. Namun, variasi latihan tidak bisa diartikan dengan hanya menambah beban saja. Kamu bisa menambah variasi dengan cara meningkatkan repitisi, menambah set, mengembangkan gerak, atau mengurangi jeda istirahat.

    Apa yang bisa aku lakukan di luar gym?
    Click image for larger version

Name:	sfidn-pertanyaan-seputar-overtraining-6.jpg
Views:	1
Size:	49.6 KB
ID:	1332
    Cukupilah kebutuhan nutrisi dan vitamin Kamu. Pastikan juga waktu tidur Kamu tidak kurang. Jika latihan kamu hari ini begitu keras, tidurlah minimal 8 jam malam ini.

    Apa yang harus aku lakukan jika kondisi terlanjur memburuk?
    Click image for larger version

Name:	sfidn-pertanyaan-seputar-overtraining-7.jpg
Views:	1
Size:	67.0 KB
ID:	1333

    Jika memang sudah tidak mampu melanjutkan latihan, segera hentikan latihan dan beritirahatlah untuk memulihkan tubuh. segera pergi ke panti pijat ataupun dokter Kamu. Lalu, istirahatkan tubuh Kamu.

    Itulah beberapa pertanyaan yang sering di lontarkan mengenai overtraining. Apakah kamu masih punya pertanyaan lainnya? silahkan komentar langsung saja yah.
    Last edited by FM.Mail; 01-31-2019, 06:55 AM.

  • #2
    Kalau kram itu tanda dari overtraining bukan coach?

    Comment


    • #3
      Originally posted by tono sutrisno View Post
      Kalau kram itu tanda dari overtraining bukan coach?
      kalau kram itu biasanya efek gak pemanasan dan juga dehidrasi bro.

      Comment

      Working...
      X