Announcement

Collapse
No announcement yet.

Inilah Bagian Tubuh yang Rentan Terkena Cedera Saat Latihan Fitness, Hati-hati Yah!

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Inilah Bagian Tubuh yang Rentan Terkena Cedera Saat Latihan Fitness, Hati-hati Yah!

    Click image for larger version  Name:	sfidn-Inilah Bagian Tubuh yang Rentan Terkena Cedera Saat Latihan Fitness, Hati-hati yah!.jpg Views:	1 Size:	85.5 KB ID:	1219



    Cedera merupakan suatu hal yang sangat akrab ditelingan para olahragawan, walaupun masih bisa dicegah. Salah satunya adalah saat melakukan olahraga angkat beban. Walaupun olahraga ini terbilang lebih aman, namun jika dilakukan dengan teknik dan ego yang berlebihan akan mampu membuat beberapa bagian otot tubuh cedera ketika melatihnya.

    Hasil studi yang dilakukan di University of Arkansas menghasilkan sebuah fakta ilmiah yang menyebutkan bahwa adanya peningkatan cedera sebanyak 35% di tempat fitness karena adanya suatu kebiasaan dalam melatih beban yang salah dan juga kerap melakukannya secara buru-buru. Untuk itu, pada thread kali ini kami akan membahas tentang bagian tubuh mana saja yang memang rentan mengalami cedera.

    Leher

    Click image for larger version  Name:	sfidn-Inilah Bagian Tubuh yang Rentan Terkena Cedera Saat Latihan Fitness, Hati-hati yah! 1.jpg Views:	1 Size:	67.5 KB ID:	1220
    Leher adalah salah satu tubuh yang paling rentan mengalami cedera. Leher biasanya akan mengalami cedera ketika berada pada kondisi lemah dan berlatih dengan teknik yang salah sehingga terjadi masalah pada otot levator scapular. Otot ini merupakan otot yang menopang tulang belikat atau bisa juga disebut dengan tulang sayap (scapula). Gejala yang timbul biasanya adalah leher yang terasa kaku, nyeri, bahkan sakit kepala hingga vertigo.

    Bahu

    Click image for larger version  Name:	sfidn-Inilah Bagian Tubuh yang Rentan Terkena Cedera Saat Latihan Fitness, Hati-hati yah! 2.jpg Views:	1 Size:	30.2 KB ID:	1221
    Bagian tubuh yang paling banyak digunakan ketika berlatih adalah tubuh. Persendian pada otot bahu tentu akan berpotensi mengalami masalah karena digunakan terus menerus dengan beban yang berat. Kondisi ini biasa tejadi karena kurangnya pemanasan, berubahnya arah gerakan yang terlalu cepat, dan beban yang terlalu berat. Gejala yang kerap dialami adalah rasa nyeri dan kaku pada otot bahu.

    Pinggang Bawah

    Click image for larger version  Name:	sfidn-Inilah Bagian Tubuh yang Rentan Terkena Cedera Saat Latihan Fitness, Hati-hati yah! 3.jpg Views:	1 Size:	34.3 KB ID:	1222
    Pinggang memiliki fungsi yang penting untuk tubuh. Berbagai fungsi penting dari pinggang adalah menopang tubuh, melancarkan pergerakan, dan melindungi sebagian organ tubuh. Cedera yang kerap terjadi pada pinggang selalu berhubungan dengan salah nya melakukan teknik gerakan, seperti posisi tubuh yang kurang condong saat mengangkat beban. Gejala yang biasanya terjadi adalah adanya rasa sakit yang sangat di sekitar area pinggang.

    Lutut

    Click image for larger version  Name:	sfidn-Inilah Bagian Tubuh yang Rentan Terkena Cedera Saat Latihan Fitness, Hati-hati yah! 4.jpg Views:	1 Size:	31.5 KB ID:	1223
    Lutut memiliki peranan yang penting saat melakukan olahraga angkat beban. Sendi lutut memang mampu menahan tekanan sebanyak empat kali lipat bobot tubuh, tapi penting sekali untuk melakukan latihan sebelum berlatih. Perhatikan juga beban berat yang akan digunakan agar bisa mencegah adanya kerusakan sendi.

    Engkel

    Click image for larger version  Name:	sfidn-Inilah Bagian Tubuh yang Rentan Terkena Cedera Saat Latihan Fitness, Hati-hati yah! 5.jpg Views:	1 Size:	50.9 KB ID:	1224
    Olaharaga yang kerap menyerang bagian engkel adalah kardio. Bagian otot yang akan terserang adalah ligamen yang termasuk pada sendi engkel. Gejala yang timbul akan terasa sangat sakit seperti di pelintir. Berbagai gerakan yang menimbulkan cedera ini adalah gerakan lari, lompat, dan berganti arah secara tiba-tiba.
Working...
X