Announcement

Collapse
No announcement yet.

Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

    Click image for larger version  Name:	sfidn.com-Kandungan-Nutrisi-Ikan-Air-Tawar-VS-Ikan-Air-laut.jpg Views:	1 Size:	62.4 KB ID:	1452




    Kita tentu sudah tahu bahwa ikan adalah sumber protein yang baik untuk tubuh. Kita bisa menemukan ikan yang hidup di perairan air tawar dan air laut. Keduanya tentu memiliki perbedaan nutrisi.

    Perbedaan Nutrisi Ikan Air Tawar dan Ikan Air Laut

    Click image for larger version

Name:	sfidn.com-Kandungan-Nutrisi-Ikan-Air-Tawar-VS-Ikan-Air-laut2.jpg
Views:	1
Size:	96.4 KB
ID:	1453

    Sebelum berbicara tentang kandungan gizinya, mari berbicara tentang perbedaan mendasar antar kedua ikan ini. Keduanya tentu sama, sama hidup di dalam air. Perbedaannya terletak pada kemampuan hidup, habitat, serta struktur tubuh ikan tersebut. Ikan yang hidup di lautan tentunya terbiasa menghadapi segala gelombang air laut. Karena itulah strukr tulang atau durinya cenderung lebih keras dan kuat. Dengan begitu, mereka bisa bertahan di habitatnya.
    Berbeda dengan ikan air laut, ikan air tawar tentunya biasa hidup pada gelombang air yang cenderung tidak terlalu besar, untuk itulah strukr tulang atau durinya cenderung lebih kecil. Untuk rasa, kami beranggapan bahwa hal tersebut adalah relatif. Namun, sebagian besar orang berpendapat bahwa ikan laut memiliki rasa yang lebih guring daripada ikan iar tawar.

    Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar Vs Ikan Air Laut

    Click image for larger version

Name:	sfidn.com-Kandungan-Nutrisi-Ikan-Air-Tawar-VS-Ikan-Air-laut3.jpg
Views:	1
Size:	76.4 KB
ID:	1454

    Gizi pada ikan, baik ikan air tawar atau ikan air laut sebenernya masih sama. Yang membedakan ada pada jumlah nutrisinya saja. Seorang guru besar bidang keamanan pangan dan gizi di Gakultas di Fakultas Ekologi Institut Pertanian Bogor (IPB) bernama Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, PhD. mengatakan bahwa ikan laut memiliki beberapa kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan air tawar. Seperti kandungan senyawa yang berupa DHA dan EPA tinggi pada ikan air laut, khususnya untuk ikan yang hidup di perairan laut dalam seperti ikan tuna dan cakalang. Tapi, tidak berarti ikan air tawar tidak memiliki gizi.
    Ada beberapa nutrisi pada ikan air tawar yang jumlahnya lebih tinggi dari pada ikan air laut. Seperti tingginya kandungan omega-3 dan omega-6 pada ikan patin. Selain itu, beberapa jenis ikan tawar juga memiliki kandungan kalium dan asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Tentunya hal tersebut tidak bisa dibilang remeh. Sederhananya, kedua kelomok ikan ini memiki kandungan gizi yang tinggi, dan keduanya memiliki keunggulan masing pada zat gizinya.

    Lantas, Ikan Apa yang Baik untuk Dikonsumsi?

    Click image for larger version

Name:	sfidn.com-Kandungan-Nutrisi-Ikan-Air-Tawar-VS-Ikan-Air-laut4.jpg
Views:	1
Size:	65.7 KB
ID:	1455

    Pada umumnya, semua ikan yang telah disediakan oleh alam merupakan ikan yang sehat untuk dikonsumsi. Bahkan seluru ahli kesehatan juga nampaknya setuju akan hal ini. Hal ini didukung dengan tingginya asam lemak tak jenuh berupa omega 3, 6, 9, yodium, selenium, zat besi, magnesium, dll. pada ikan. Terlepas dari harganya, semua ikan memiliki kandungan gizi yang tinggi.
    Jadi, ikan air tawar dan ikan air laut bisa dijadikan sumber makanan harian untuk Anda. Konsumsinya bisa lebih di variasikan dengan sumber makanan lain agar nutrisi yang didapat oleh tubuh bisa lebih maksimal.

    Last edited by FM.Ibnu Ismail; 04-26-2019, 08:31 AM.
Working...
X