Announcement

Collapse
No announcement yet.

Alternatif Lain Pengganti Suplemen Whey Protein

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Alternatif Lain Pengganti Suplemen Whey Protein

    Click image for larger version  Name:	sfidn-alternatif-lain-pengganti-suplemen-whey-protein.jpg Views:	1 Size:	64.5 KB ID:	1242




    Forum Fitness Indonesia - Pasca melakukan latihan intensitas yang tinggi, ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan seperti melakukan istirahat yang cukup dan nutrisi setelah berlatih guna pemulihan otot dan terhindar dari bahaya DOMS.

    Pemulihan otot akan bisa berjalan cepat jika nutrisi tubuh bisa terpenuhi. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi makanan yang sehat dengan kandungan protein yang cukup, atau Anda bisa mengonsumsi suplemen yang bisa membantu masa pemulihan otot Anda, berikut beberapa suplemen yang bisa membantu masa pemulihan otot.

    Branched Chain Amino Acid (BCAA)

    Ketika otot dilatih dengan mengangkat beban, maka otot akan menerima rangsangan untuk bisa tumbuh kembang. Proses tersebut dinamanakan hipertrofi yang memungkinkan terjadinya rasa sakit. Nah, disanalah suplemen BCAA memainkan perannya. Penelitian yang melibatkan 20 partisipan meminta 10 diantaranya mengonsumsi BCAA pasca latihan sedang yang lainnya tidak. Hasilnya, para partisipan yang tidak mengonsumsi BCAA bersiko lebih besar mengalami DOMS dari pada mereka yang mengonsumsi BCAA. Hal tersebut dikarenakan kandungan asam amino leusin, isoleusin dan valin yang ada pada BCAA mampu membangun dan mengurangi adanya kerusakan otot.

    Minyak Ikan

    Manfaat minyak ikan sangatlah banyak, seperti untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga berat badan dan menjaga kesehatan tubuh. Namun, ternyata suplemen ini sering diabaikan, padalah suplemen ini juga sangat baik untuk proses pemulihan otot dengan kandungan EPA dan DHA-nya. Kedua asam lemak esensial ini akan memberikan efek inflamasi yang mampu meredakan nyeri otot.

    Pernyataan ini didukung dengan penelitian yang melibatkan 27 subjek yang diminta melakukan latihan eksentrik selama 60 hari. Sebagian subjek tersebut diminta untuk mengonsumsi suplemen minyak ikan dan yang lainnya tidak. Hasilnya, mereka yang tidak mengonsumsi suplemen minyak ikan mengalami rasa sakit yang lebih banyak dari pada mereka yang mengonsumsi suplemen minyak ikan. Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi 1 gram minyak ikan perhari guna menjaga kesehatan jantung dan untuk mencegah terjadinya efek DOMS pasca latihan konsumsilah 2 gram minyak ikan per-hari.

    L-Carnitine L-Tartrate (LCLT)

    Suplemen ini lebih dikenal sebagai suplemen pembakar lemak, tapi ternyata suplemen ini juga berguna untuk proses pemulihan otot. Suplemen ini bekerja dengan mengurangi akumulasi amoni dan juga meningkatkan aliran darah sesaat serta setelah berolahraga guna memaksimalkan proses perbaikan massa otot setelah berlatih.

    Penelitan yang mengikutsertakan 10 partisipan diminta untuk berlatih dengan intensitas tinggi dan mengonsumsi suplemen ini sebanyak 2 gram selama 3 minggu. Setelah itu para peneliti mengambil sample darah dan menyimpulkan bahwa suplemen tasi LCLT sangant berguna untuk mengurangi terjadinya kerusakan dan nyeri otot.

    Itulah beberapa suplemen alternatif pengganti suplemen whey protein. Semoga berguna.
    Last edited by FM.Ibnu Ismail; 01-07-2019, 09:31 AM.
Working...
X