sfidn - 10 Aksesoris Fitness Pria dan Wanita yang Wajib Kamu Punya!

10 Aksesoris Fitness Pria dan Wanita yang Wajib Kamu Punya!

sfidn.com - Aksesoris fitness adalah alat penunjang untuk memaksimalkan olahraga atau latihan Anda, baik di rumah maupun di gym. Meskipun bukan yang paling utama, tetapi menggunakannya dapat membuat Anda lebih aman, nyaman, percaya diri, dan semakin bersemangat untuk berolahraga. Apa saja sih rekomendasi aksesoris fitness yang harus Anda miliki? Yuk, langsung cek di sini!

10 Rekomendasi aksesoris fitness pria dan wanita

Berikut 10 rekomendasi aksesoris fitness pria dan wanita yang dapat menjadi pilihan terbaik Anda saat latihan di gym ataupun di rumah, yaitu:

1. Sarung tangan

Sarung tangan (sports gloves) adalah alat penunjang olahraga yang diperlukan saat Anda melakukan latihan angkat beban berat atau sejenisnya. Menggunakannya dapat melindungi area tangan Anda dari cedera, terutama jari-jari dan telapak tangan. 

Saat memilih sarung tangan terbaik, pilihlah yang memiliki bahan dan desain ternyaman untuk Anda. Misalnya, terdapat pad busa di telapak tangannya yang dapat membantu menahan dampak peralatan olahraga yang Anda gunakan. Selain itu, Anda juga bisa memilih desain half finger atau tangan terbuka, sehingga lebih nyaman dan leluasa bergerak.

2. Pelindung pergelangan kaki

Pelindung pergelangan kaki (sports ankle support) adalah salah satu aksesoris fitness yang harus Anda miliki. Umumnya, alat ini digunakan saat latihan yang bertumpu pada kaki dan berisiko tinggi mengalami cedera. Menggunakannya dapat mendukung stabilitas tendon dan area pergelangan kaki Anda, sehingga terhindar dari risiko cedera seperti tergelincir atau keseleo.

Jika Anda ingin membeli ankle support terbaik, pilihlah yang terbuat dari bahan berkualitas baik, serta ultra tipis dan fleksibel, tetapi bisa tahan lama. Selain itu, pastikan juga ankle support Anda dilengkapi dengan anti-selip, sehingga tidak tergelincir saat latihan.

3. Manset lengan

Manset lengan (hand sleeve baselayer) adalah alat penunjang yang bisa Anda gunakan untuk semua jenis aktivitas dan olahraga, terutama di bawah sinar matahari langsung. Misalnya jogging, bersepeda, bola basket, golf, berkebun, memancing, dan hiking. Dengan memakai hand sleeve baselayer, Anda akan terlindungi dari paparan langsung sinar matahari ke kulit. 

Pastikan Anda memilih manset lengan yang terbuat dari bahan yang nyaman dan sejuk, agar tangan Anda tetap kering meskipun cuaca terik atau panas. Selain itu, pastikan juga bahannya ringan, sehingga nyaman dipakai saat berolahraga.

4. Pelindung lutut

Aksesoris fitness selanjutnya yang harus Anda punya adalah pelindung lutut (sports knee support). Alat ini sering digunakan pada saat berolahraga yang memberikan tekanan pada sendi lutut, seperti baseball, sepak bola, golf, tenis, bola voli, berlari, dan lainnya. Menggunakannya dapat mendukung dan menstabilkan tekanan di lutut Anda, sehingga terhindar dari risiko cedera.

Knee support juga tersedia dalam berbagai variasi yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Misalnya ada yang full support otomatis, ada pula yang kompresinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Yang terpenting adalah Anda memilih pelindung lutut berbahan nyaman dan tidak mudah terlepas. 

5. Pelindung dan penyangga bahu

Jika Anda sering mengalami cedera, nyeri, atau sakit di bagian bahu setelah sesi latihan, pelindung penyangga bahu (sports shoulder support) bisa menjadi salah satu solusi terbaik Anda. Tidak hanya itu, menggunakan alat penunjang olahraga ini juga dapat mempercepat proses pemulihan otot pasca latihan.

Pilihlah shoulder support yang strap lengan dan dadanya bisa diatur, sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh Anda. Selain itu, pastikan bahannya juga nyaman dan memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama. 

--- Related Article ---

6. Pelindung pergelangan tangan

Pelindung pergelangan tangan (sports wrist band) adalah salah satu aksesoris fitness yang wajib Anda punya. Pasalnya, selain melindungi dan mendukung pergerakan tangan Anda, alat ini juga dapat berfungsi sebagai handuk untuk mengelap keringat saat berolahraga. Selain itu, juga dapat meningkatkan penampilan dan memaksimalkan gaya Anda.

Jika Anda bingung memilih wrist band terbaik, pilihlah yang menggunakan bahan lembut (soft towel) dan elastis, sehingga dapat menyerap keringat dengan baik dan nyaman digunakan di pergelangan tangan Anda.

7. Pengikat kepala

Pengikat kepala (sports head band) adalah alat penunjang olahraga yang digunakan untuk mencegah keringat masuk ke mata. Terlebih lagi, jika Anda memiliki rambut panjang, menggunakan head band dapat mengikat rambut Anda, sehingga tidak mengganggu selama latihan.

Saat membelinya, pilihlah yang berbahan lembut (soft towel) dan elastis, sehingga dapat menyerap keringat dengan baik dan nyaman digunakan di kepala Anda.

8. Sabuk gym fitness

Sabuk gym fitness merupakan alat penunjang yang sering digunakan saat latihan angkat beban. Penggunaan sabuk dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan dapat menopang tulang di area pinggang Anda, sehingga mencegah cedera selama latihan. 

Beberapa cedera yang mungkin dapat terjadi selama latihan angkat beban di antaranya cedera punggung, pinggang, hernia, gangguan pernafasan perut, turun perut, dan turun kemih.

Jika Anda menggunakan sabuk gym selama latihan weight-lifting, selain dapat mencegah cedera tersebut, juga dapat menstabilkan pergerakan, mengurangi stres, dan memperbaiki biomekanik tubuh Anda, yang pada akhirnya dapat meningkatkan performa latihan Anda. 

9. Sports singlet

Aksesoris fitness yang tidak boleh terlewatkan juga adalah singlet. Memakai sports singlet saat latihan dapat membuat Anda nyaman dan lebih percaya diri. Dibandingkan dengan baju kaos, sports singlet tampaknya menjadi pilihan yang ideal, karena Anda lebih leluasa bergerak tanpa rasa gerah.

Jangan lupa, pastikan singlet yang Anda gunakan berbahan lembut, nyaman, elastis dengan bentuk tubuh Anda, dan bisa digunakan untuk semua jenis aktivitas maupun olahraga harian. 

10. Penyangga punggung

Terakhir adalah penyangga punggung (back support) yang juga penting Anda miliki sebagai olahragawan. Back support dapat membantu Anda menciptakan postur tubuh yang baik dan menguatkan area bahu, leher, dan punggung Anda. 

Terlebih lagi, jika Anda memiliki postur tubuh yang bungkuk, menggunakan back support sangat membantu Anda untuk mengubah kebiasaan ini.

Inilah 10 rekomendasi aksesoris fitness yang dapat Anda gunakan untuk menyempurnakan sesi latihan Anda. Selain itu, beberapa alat lainnya juga mungkin sangat berguna untuk membuat latihan menjadi lebih nyaman dan semangat, seperti botol minum, sepatu olahraga, pemutar musik, tas gym, dan masih banyak lagi. 

Anda juga bisa mendapatkan seluruh aksesoris fitness ini di SFIDN yang menyajikan barang berkualitas terbaik dengan harga yang terjangkau. Salam olahraga!

 

Referensi:

Very Well Fit (2020). 7 Ways to Prevent Exercise Injury.
Steward Medical Group. Common Injuries from Weight Lifting.
Aston University. Tips to prevent injury during training.
Medline Plus (2021). How to avoid exercise injuries.

 

RELATED PRODUCT YOU MUST HAVE


 
Tags:
#Alat Fitness  #aksesoris fitness  #alat penunjang fitness 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article