sfidn - 13 Kelas Olahraga yang Ada di Tempat Gym, Pernah Coba yang Mana?

13 Kelas Olahraga yang Ada di Tempat Gym, Pernah Coba yang Mana?

sfidn.com – Tempat gym menjadi pusat aktivitas bagi orang-orang yang peduli akan kesehatan dan kebugaran fisiknya.

Selain menyediakan peralatan gym konvensional, seperti barbell, dumbbell, treadmill, cable machine, atau yang lainnya, beberapa tempat gym juga menawarkan berbagai kelas olahraga yang menarik dan menyenangkan untuk diikuti.

Kelas olahraga tersebut biasanya akan dilakukan secara berkelompok dengan instruktur berpengalaman sehingga Anda bisa merasakan sensasi olahraga yang berbeda.

Kira-kira, kelas olahraga apa saja yang biasanya ada di tempat gym, ya? Mari cari tahu jawabannya di bawah ini.

 

13 Kelas Olahraga yang Ada di Tempat Gym

Dari sekian banyak jenis latihan fisik, kami telah merangkum beberapa kelas olahraga yang paling sering ditawarkan oleh tempat gym untuk menarik minat masyarakat serta menghindari para pesertanya dari kebosanan.

Berikut adalah 13 kelas olahraga paling menarik yang bisa Anda ikuti di tempat gym:

1. Yoga

Rasanya, hampir semua tempat gym menawarkan kelas Yoga karena memang menjadi salah satu olahraga favorit bagi para pecinta kebugaran.

Kelas Yoga menawarkan berbagai gaya, mulai dari Hatha yang menekankan postur statis hingga Vinyasa yang gerakannya lebih dinamis. 

Olahraga Yoga akan membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, serta keseimbangan tubuh maupun fisik melalui gerakan tubuh yang dipadukan dengan pernapasan.

 

2. Zumba

Siapa yang tidak kenal Zumba. Olahraga yang mengombinasikan tarian dan latihan kardiovaskular ini sangat seru dan menyenangkan untuk Anda coba.

Zumba dikembangkan oleh seorang penari dan koreografer asal Kolombia bernama Alberto Perez pada tahun 1990. Ia menggabungkan tarian latin, seperti salsa, cumbia, merengue, dan reggaeton untuk menghasilkan gerakan yang dinamis dan memicu detak jantung.

Olahraga Zumba dilakukan secara berkelompok dan menggunakan iringan musik sehingga dapat memberikan motivasi tambahan bagi para pesertanya untuk terus berolahraga.

 

3. Muay Thai

Dibandingkan Boxing, kelas Muay Thai lebih disenangi, terutama bagi para perempuan. Itu karena selain membakar kalori dengan efektif, olahraga ini bisa sekaligus meningkatkan kemampuan bela diri seseorang.

Jika Boxing dilakukan dengan memaksimalkan pergerakan kedua tangan maka Muay Thai dilakukan dengan mengombinasikan delapan anggota tubuh sekaligus, seperti tangan, siku, lutut, dan kaki untuk melakukan pukulan dan tendangan.

Tentu saja ini memberikan pergerakan yang lebih variatif sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh tubuh secara keseluruhan.

Muay Thai bermanfaat untuk membantu mengasah refleks, kecepatan, dan kekuatan tubuh Anda dengan cara yang seru.

 

4. Pound Fit

Saat ini, ketenaran Pound Fit sedang melambung tinggi. Hampir di setiap pusat kebugaran menyediakan kelas olahraga ini.

Dengan menggunakan dua buah tongkat kecil bernama ripstix dan iringan musik, Anda bisa melakukan berbagai macam gerakan Pound Fit yang menggabungkan elemen tarian dan latihan ketahanan untuk meningkatkan kekuatan tubuh dengan cara yang menyenangkan.

 

5. Spinning

Pernahkah Anda mendengar tentang olahraga spinning? Beberapa tempat gym menawarkan kelas bersepeda ini.

Spinning dikenal juga sebagai “Indoor Cycling” atau “Cycling Class” adalah bentuk latihan dalam ruangan menggunakan sepeda statis dengan berbagai tingkatan intensitas.

Kelas olahraga Spinning biasanya dipandu oleh seorang instruktur yang akan memberikan arahan untuk meningkatkan kecepatan atau ketahanan sepeda.

Manfaat melakukan spinning, yaitu meningkatkan kesehatan kardiovaskular, mengurangi berat badan, meningkatkan sistem imun, dan menguatkan otot tubuh bagian bawah, seperti kaki, betis, paha, dan glutes.

 

6. Body Combat

Body Combat adalah jenis program latihan fisik yang dirancang untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan kekuatan otot tubuh. 

Program Body Combat ini biasanya dilakukan dalam kelompok dan terinspirasi oleh berbagai teknik bela diri, seperti karate, tinju, taekwondo, capoeira, muay thai, dan kickboxing.

 

7. Sh’bam

Kelas olahraga yang mulai populer beberapa waktu belakangan ini sudah tersedia di beberapa tempat gym ternama. Sh’bam adalah latihan menari yang sangat menyenangkan tapi penuh dengan tantangan, terutama bagi Anda yang belum biasa menari.

Dengan energi yang tinggi, Sh’bam menawarkan pengalaman tarian dengan gerakan yang mudah diikuti serta diiringi oleh musik pop dan ritme yang mengasyikkan.

Dengan berlatih menari selama 30-45 menit, Anda bisa berlatih kardio sembari meningkatkan suasana hati yang gembira.

 

8. Antigravity Yoga

Memang belum banyak tempat gym yang menyediakan kelas Antigravity Yoga. Namun jika Anda menemukannya, jangan ragu untuk langsung mendaftarkan diri karena Anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dari Yoga tradisional.

Antigravity yoga adalah latihan fisik yang menggabungkan elemen yoga dengan bodyweight exercise di mana Anda akan menggunakan hammock atau kain yang tergantung di atas untuk melakukan gerakan di udara.

 

9. TRX

Total Resistance Exercise atau TRX adalah salah satu jenis latihan fisik menggunakan tali khusus sebagai alat latihan untuk membantu membangun kekuatan dan stabilitas dengan memanfaatkan berat tubuh sebagai resistensi.

Perangkat TRX terdiri dari dua tali yang tergantung di langit-langit atau rangka khusus. Peserta akan memegang tali tersebut dengan tangan atau meletakkan kakinya di dalam tali untuk melakukan berbagai gerakan.

 

10. Pilates

Siapa yang tidak kenal dengan pilates. Meski begitu masih banyak orang yang belum pernah mencobanya. Padahal, olahraga ini banyak tersedia di berbagai tempat gym. 

Fokus gerakan pilates ada pada kekuatan inti dan postur tubuh. Pilates akan menggunakan gerakan kontrol untuk meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan.

 

11. BodyAttack

Sudah tahu apa itu BodyAttack? BodyAttack adalah program latihan kelompok yang dikembangkan oleh perusahaan kesehatan dan kebugaran bernama Les Mills. 

Menggabungkan gerakan kardiovaskular dan penguatan otot, BodyAttack menawarkan latihan intensitas tinggi untuk membakar kalori dan meningkatkan kekuatan serta daya tahan otot.

Sesi BodyAttack biasanya berlangsung sekitar 55-60 menit, mencakup berbagai latihan, seperti kardio, kekuatan, dan plyometric.

Biasanya, peserta untuk kelas olahraga ini akan melakukan aerobik, squat, lunge, push-up, dan latihan kekuatan lainnya.

 

12. Body Pump

Body pump merupakan jenis latihan yang mengombinasikan antara latihan angkat beban menggunakan barbell, dumbbell, atau sejenisnya dengan musik yang dirancang khusus untuk meningkatkan kekuatan otot, daya tahan, dan bentuk tubuh secara keseluruhan.

Sesi kelas Body Pump biasanya berlangsung selama 60 menit yang terdiri dari pemanasan, latihan utama, dan pendinginan.

 

13. Tai Chi

Beberapa tempat gym menawarkan kelas Tai Chi sebagai jenis olahraga yang sedikit berbeda dari latihan fisik biasanya. Ini adalah seni bela diri yang berasal dari Tiongkok.

Tai chi merupakan seni bela diri yang gerakannya dilakukan secara lambat dan lembut dengan aliran yang kontinu untuk membantu meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, dan ketenangan pikiran.

 

Kira-kira, dari ke-13 olahraga tersebut, mana kelas olahraga yang akan Anda ikuti saat berada di tempat gym? Apa pun pilihannya, pastikan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Selamat mencoba.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#alat olahraga  #Yoga  #pilates  #muay thai  #zumba 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article