sfidn - 3 Jenis Sepeda yang Bisa Digunakan saat Latihan Indoor

3 Jenis Sepeda yang Bisa Digunakan saat Latihan Indoor

sfidn.com - Bersepeda adalah latihan kardio yang mudah dilakukan. Latihan sepeda dapat dilakukan di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Jika Anda ingin merasakan manfaat bersepeda, namun tak punya banyak waktu luang untuk pergi ke luar, sepeda statis bisa jadi pilihan. 

Sepeda statis juga memberikan manfaat yang sama dengan olahraga sepeda pada umumnya. Bersepeda bermanfaat untuk mengontrol berat badan, meminimalisir terserang penyakit jantung, dan mengaktifkan otot kaki dan tangan. Ada banyak pilihan jenis sepeda statis. Biasanya, sepeda-sepeda ini cenderung ditemukan di tempat gym. Berikut jenis sepeda gym yang bisa Anda pilih sebagai latihan kardio. 

Jenis Sepeda Statis yang Bisa Digunakan Indoor

 

Recumbent Bike (Sepeda Telentang)

sfidn-recumbent-bike

sumber: elitefitnessperth.com.au

Jenis sepeda ini akan membuat Anda merasa lebih rileks dibandingkan jenis sepeda olahraga lainnya. Umumnya, sepeda ini terdiri atas kursi empuk yang besar dilengkapi dengan sandaran punggung. 

Posisi pedal pada sepeda ini biasanya lebih jauh dibandingkan sepeda lainnya. Namun, hal itu tak perlu dikhawatirkan karena kursi dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Alat fitness recumbent bike lebih cocok digunakan untuk Anda yang sering mengalami cedera sendi. 

Manfaat sepeda statis ini pun beragam, mulai dari melatih otot kaki pascaoperasi, membakar kalori, membantu program diet, hingga meningkatkan imunitas tubuh. 

 

Spinning Bike

sfidn-spin-bike

sumber: pinterest.com

Sepeda statis ini sangat mirip dengan sepeda yang digunakan di luar ruangan. Spin bike menggunakan flywheel yang terhubung ke pedal sepeda melalui sistem transmisi. Anda dapat berdiri maupun duduk saat mengayuh. Kecepatannya pun dapat diatur sesuai keinginan Anda. Sepeda ini dapat membuat Anda merasakan latihan sepeda yang intens. 

Beberapa manfaat spin bike di antaranya meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat otot, dan menurunkan risiko diabetes. 

--- Related Article ---

 

Upright Bike (Sepeda Tegak) 

sfidn-upright-bike

sumber: amazon.com

Sepeda ini cocok untuk pemula. Upright bike sering ditemukan di tempat gym. Beban latihan sepeda tegak ini ringan sehingga kurang cocok bagi Anda yang ingin latihan dengan latihan berat dengan intensitas tinggi. Namun, sepeda ini cocok untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan. Anda bisa melakukan latihan bersepeda dengan upright bike dalam jangka waktu yang lama sehingga lemak kaki, perut, dan pinggang hilang perlahan. 

Jenis Sepeda Manakah yang Bagus untuk Pembakaran Kalori?

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan latihan sepeda statis, jenis sepeda spinning bike dan upright bike adalah pilihan terbaik. Kedua jenis sepeda gym ini mirip dengan sepeda outdoor. Dua jenis sepeda ini dapat membakar kalori Anda sekitar 260 kalori dalam 30 menit. 

Itulah jenis-jenis sepeda yang dapat Anda pilih untuk latihan indoor. Ada banyak manfaat yang diberikan dari ketiga jenis sepeda tersebut. Namun, Anda juga perlu memperhatikan tingkat kesulitan dan intensitas agar mendapatkan manfaat yang diharapkan. 
 


 
Tags:
#sepeda statis  #sepeda fitness  #sepeda gym 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article