sfidn - 4 Manfaat Olahraga bagi Gamers Profesional

4 Manfaat Olahraga bagi Gamers Profesional

sfidn.com - Bermain games tentu membutuhkan energi dan stamina yang ekstra. Sebuah penelitian terbaru dari McGill University mengungkapkan bahwa saat pemain gim berolahraga sebelum bermain, mereka akan bermain lebih baik. Sementara itu, orang yang jarang berolahraga lebih sulit mencapai fokus ketika bermain games.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa olahraga selama 15 menit dapat meningkatkan performa saat bermain game. Dilansir dari Kompas.com, Jess No Limit, Vlogger game ternama di Indonesia, mengungkapkan bahwa menjaga aktivitas fisik dan berolahraga rutin sangat penting bagi gamers. Pasalnya, gamers banyak menghabiskan waktu berdiam di depan layar dan bermain game termasuk ke dalam kegiatan sedentari (sedentary lifestyle). Kegiatan sedentari adalah aktivitas yang dilakukan di luar waktu tidur dengan keluaran kalori yang sangat sedikit. Oleh karena itu, gamers tetap membutuhkan olahraga yang dapat meningkatkan aktivitas fisik.

Berikut ini beberapa manfaat olahraga bagi para gamers yang harus Anda ketahui. 

 

4 Manfaat Olahraga bagi Para Gamers

 

1. Meningkatkan kesehatan dan kinerja mental 

sfidn-mental

Olahraga secara teratur tak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental secara keseluruhan. Kemampuan tubuh Anda memproduksi dan mengatur neurotransmitter, seperti serotonin, dan dopamin dapat dikelola melalui olahraga teratur.

Dengan kata lain, olahraga teratur bermanfaat untuk mood dan kesehatan mental yang berorientasi pada kinerja saat bermain game. Berolahraga dapat membuat Anda lebih bijak dan lebih cepat memilih keputusan. Hal itu tentunya bisa membuat Anda menjatuhkan lawan dalam hitungan detik. Olahraga yang konsisten selama seminggu atau dalam waktu satu bulan pastinya dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan dan kinerja mental saat bermain games. 

 

2. Meningkatkan energi 

sfidn-meningkatkan-energi

Gamers profesional tentu paham bahwa bermain games memerlukan energi yang besar. Energi saat bermain games dihabiskan untuk memikirkan taktik atau pengambilan keputusan dalam waktu singkat. Oleh karena itu, gamers perlu melakukan olahraga rutin untuk meningkatkan energi. Beberapa jenis olahraga yang dapat meningkatkan energi adalah aerobik seperti kardio dan anaerobik seperti angkat beban. 

--- Related Article ---

3. Meningkatkan kualitas tidur

sfidn-meningkatkan-kualitas-tidur

Untuk mahir berkompetisi di dunia games, Anda perlu berlatih. Artinya, hal itu membuat Anda lebih sering menatap layar komputer maupun handphone. Sinar biru yang berada saat Anda bermain gadget berpotensi menyebabkan kerusakan mata dan fisik. Sinar biru pada malam hari dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti sakit kepala dan mata lelah. Namun, yang paling umum, sinar biru dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

Pada saat kuantitas dan kualitas tidur menurun, suasana hati dan tingkat konsentrasi pun ikut menurun. Untuk mencegah hal itu terjadi, sebaiknya Anda melakukan olahraga rutin sekitar 15-30 menit per hari. 

 

4. Mampu mengelola stres

sfidn-mampu-mengelola-stres

Selain menyenangkan, bermain game juga bisa membuat stres. Tingkat adrenalin yang tinggi dapat membuat anda mengalami tekanan mental dan fisik. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa berolahraga. Dengan penelolaan stres yang baik, Anda tentunya akan menjadi gamers yang profesional.

Itulah beberapa manfaat olahraga bagi gamers. Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan sehat di tengah-tengah aktivitas bermain game. 


 
Tags:
#manfaat olahraga  #olahraga gamers 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article