4 Resep Jus Penggemuk Badan yang Dapat Anda Coba

sfidn.com - Konsumsi jus buah sudah jadi tren untuk melengkapi kebutuhan menu sehat sehari-hari. Opsi yang dirasa efisien dan cocok untuk mengimbangi rutinitas sehari-sehari yang bisa jadi dipadati oleh aktivitas dengan mobilitas tinggi. Tidak sedikit juga yang mengasosiasikan konsumsi jus buah ini dengan diet sehat untuk menurunkan berat badan karena dengan mengkonsumsi jus buah ini membuat tubuh merasa kenyang lebih cepat. Namun, alih-alih menurunkan berat badan, kalori tinggi yang terkandung pada jus buah justru dapat menambah berat badan anda.

Beberapa riset nutrisi yang dilakukan juga melaporkan bahwa konsumsi jus buah dapat membantu menambah berat badan, sebaliknya, mengkonsumsi buah segar justru akan mengurangi berat badan. Ini berarti jus penggemuk badan akan jadi opsi sehat bagi anda yang ingin menambah berat badan. Dengan catatan yang perlu anda perhatikan adalah jus penggemuk badan ini sebaiknya tidak menjadi pilihan menu menaikkan berat badan bagi anak-anak, sebagaimana dikutip dari Australian Dietary Guidelines terkait konsumsi jus berbahan dasar buah.

Terdapat beberapa resep jus penggemuk badan yang dapat anda coba sendiri di rumah untuk konsumsi sehat anda. Resep-resep yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan dan efesiensinya bagi anda. Jus penggemuk badan ini adalah cara sehat dengan mengkonsumsi minuman yang terbuat dari bahan-bahan alami, alih-alih membeli jus dalam kemasan yang dengan mudah dapat anda temukan di supermarket. Berikut empat resep jus penggemuk badan yang dapat anda coba.

 

1. Jus Alpukat

Jus Alpukat

Buah alpukat adalah buah yang kaya dengan kandungan vitamin, mineral, serat, dan lemak sehat. Alpukat termasuk buah rendah kandungan karbohidrat namun penuh serat, dan tidak seperti buah lainnya, kandungan lemak pada buah alpukat termasuk tinggi. Terdapat sekitar 15% lemak dari sebuah alpukat. Inilah sebabnya alpukat dianggap sebagai sumber lemak dari segi kandungan nutrisi. Kandungan lemak pada alpukat ini didominasi oleh lemak tak jenuh tunggal, lalu lemak jenuh dalam jumlah kecil. Ini berarti kandungan lemak pada buah alpukat ini justru baik bagi kesehatan jantung.

Selain karena kandungan lemaknya yang baik bagi kesehatan, alpukat juga disarankan sebagai menu untuk menambah berat badan. Ini dia resep jus alpukat sebagai jus penggemuk badan yang dapat kamu coba;

  • 1 buah alpukat yang telah dikupas dan dipotong dadu
  • 3-4 sendok teh madu
  • ½ sendok teh perasan jeruk nipis segar

Semua bahan-bahan di atas diblender hingga tercampur rata. Tidak membutuhkan waktu lama, hanya sepuluh menit untuk menyajikan resep jus penggemuk badan ini. Anda dapat menikmati jus ini dalam keadaan dingin, setelah didinginkan sebentar di lemari es, atau langsung dinikmati begitu selesai dibuat.

 

2. Jus Pisang Susu

Jus Pisang Susu

Resep jus penggemuk badan yang berikut ini adalah opsi sehat lainnya, untuk menambah berat badan dengan menambah massa otot anda. Dianjurkan untuk dikonsumsi bagi anda yang rutin berolahraga karena kandungan karbohidratnya yang seimbang. Selain itu kombinasi antara pisang dan susu ini juga lengkap dengan kandungan protein, serat, kalsium, vitamin, dan mineral yang membantu pertumbuhan otot. Membuat tubuh anda lebih berisi dengan cara yang sehat.

Berikut bahan-bahan jus pisang susu yang dapat anda coba;

  • 2 cup susu
  • 1 buah pisang
  • 2 sendok teh madu
  • 1 buah es batu (dadu)

Bahan-bahan ini lalu ada campurkan dengan blender sampai merata. Jus pisang susu ini sebaiknya langsung dikonsumsi begitu selesai dibuat, sebelum warna jus berubah menjadi kecokelatan. Pisang dalam resep jus penggemuk badan ini berfungsi sebagai sumber energi dari kandungan karbohidratnya yang tinggi. Kombinasi keduanya, pisang dan susu, akan menjadi sumber kandungan potasium dan magnesium yang tidak hanya berguna untuk menambah berat badan, tetapi juga menjaga tekanan darah tetap normal dan mendukung kesehatan tulang yang pastinya dibutuhkan juga saat anda hendak menambah berat badan.

 

3. Jus Mangga dan Nanas

Jus Mangga dan Nanas

Buah tropis dengan rasanya yang manis ini memiliki kandungan nutrisi yang kaya. Selayaknya pisang, buah mangga juga memiliki sumber kalori tinggi yang kebanyakan berasal dari karbohidrat. Dalam 165 gram mangga terkandung 99 kalori. Selain itu mangga juga kaya kandungan mineral, vitamin B, A, dan E. Mengombinasikan mangga dengan buah atau bahan makanan lain dengan kalori tinggi seperti nanas semisal, akan menjadi kombinasi sehat yang patut dicoba untuk menambah berat badan.

Sedikit di bawah mangga, buah nanas memiliki 83 kalori. Buah yang kaya dengan vitamin C ini bisa jadi asupan dalam resep jus penggemuk badan yang dapat anda coba olah sendiri dengan bahan-bahan berikut;

  • 1 cup buah mangga
  • 1 cup buah nanas
  • 4 sendok teh madu
  • 1 buah es batu (dadu)

Keempat bahan ini lalu diblender sampai tercampur dengan rata menghasilkan warna kuning pastel yang terlihat segar. Dapat anda konsumsi sambil melakukan aktivitas lainnya seperti bekerja, atau sekadar menikmati waktu luang di rumah.

 

--- Related Article ---

 

4. Jus Kurma

Jus Kurma

Buah tropis berukuran kecil ini biasa dijual setelah dikeringkan. Buah kurma kaya nutrisi dengan kandungan kalori 66,5 per 24 gram kurma. Kurma sering didapati dijual dalam kondisi telah dikeringkan karena usia penyimpanannya yang terbilang cukup lama. Setelah kombinasi pisang dan susu sebagai jus penggemuk badan di atas, anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengkonsumsi jus kurma dengan kombinasi susu juga.

Kandungan kurma yang juga kaya zat besi dengan susu yang juga memiliki kandungan mineral tinggi, ini bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jus penggemuk badan yang satu ini;

  • 1 cup buah kurma yang sudah direndam satu malam
  • 2 cup susu
  • 1 buah es batu (dadu)

Bahan-bahan ini lalu diblender hingga menyatu dengan rata, sebelum siap disajikan dan dinikmati. Kandungan zat besi pada kurma ini adalah bahan penting dalam susunan hemoglobin pada darah, yakni zat yang berfungsi untuk mengikat oksigen selama peredaran darah berlangsung. Nutrisi yang dimiliki kurma jelas jadi opsi baik untuk menambah berat badan dengan kiat sehat.

Resep-resep jus penggemuk badan di atas selain memiliki rasa yang nikmat, juga memiliki kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh. Resep yang berbahan dasar buah ini tidak hanya akan membuat anda gemuk, tetapi juga membuat anda jadi lebih sehat. Di antara banyak buah, ada yang cenderung memiliki kandungan air lebih banyak. Namun, ada juga buah-buah seperti beberapa yang disebutkan di atas yang memiliki kandungan lemak sehat dan karbohidrat yang tinggi.

 

Dalam kiat-kiat menambah berat badan, pastikan anda melakukannya dengan tetap memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Serta fungsi dari kandungan-kandungan makanan yang anda konsumsi selain beberapa resep jus yang sudah anda baca di atas. Konsumsi jus penggemuk badan sesuai dengan kebutuhan dan selaraskan juga dengan aktivitas dan rutinitas anda sehari-hari.

 

Referensi:

  • https://www.news-medical.net/health/Does-Drinking-10025-Fruit-Put-Juice-on-Weight.aspx
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4352186/
  • http://www.healthyrecipesfor.com/fresh-fruit-juices-weight-gain/
  • https://www.healthline.com/nutrition/avocados-and-weight#section1
  • https://www.practo.com/healthfeed/banana-milkshake-fattening-3427/post
  • https://www.healthline.com/nutrition/high-calorie-fruits
Tags:
#tambah berat badan  #naik berat badan  #jus 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail