sfidn - 4 Tanda Kamu Salah Memilih Jenis Olahraga

4 Tanda Kamu Salah Memilih Jenis Olahraga

sfidn.com - Beragam manfaat positif yang terkandung dalam olahraga mampu menunjang kebugaran dan kesehatan tubuh kita. Tapi, kita perlu mengetahui apakah olahraga yang kita lakukan sudah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita. lalu,  apa sih tandanya kalau olahraga yang sedang kita jalankan itu tidak cocok? Ini penjelasannya.

Tanda Pada Tubuh Jika Jenis Olahraga yang Dilakukan Tidak Cocok

 

1. Sering Terluka

Kamu sudah melakukan salah satu jenis olahraga berkali-kali tapi masih terluka atau cedera? Mungkin olahraga yang kamu lakukan itu sudah tidak cocok lagi dengan kemampuan tubuhmu. Menurut seorang asisten dosen ilmu olahraga di Miramar College San Diego, Jessica Metthews, salah satu penyebab dari terjadinya terkilir atau cedera, maupun luka lain yang terjadi ketika berolahraga adalah karena kamu terlalu memaksakan diri.

Kemampuan setiap individu selalu berbeda-beda. Ada yang memang memiliki kelebihan dalam menjaga keseimbangan, ada yang mahir melatih otot, dll. Jadi, kalau kamu melakukan sering olahraga yang sama namun sering cedera, segeralah beralih ke olahraga lain yang memang lebih mudah dilakukan.

2. Rasa Lelah yang Tidak Tertahankan

Rasanya olahraga memanglah kurang lengkap apabila tidak merasa lelah. Tapi, kalau bisa dilakukan dengan tepat, olahraga akan menyumbang energi yang banyak untuk tubuh, bukan hanya memicu rasa lelah saja. Apalagi kalau kelelahan yang kamu derita cukup lama hingga beberapa hari. Seorang ahli fisiologi olahraga sekaligus seorang pendiri pusat kebugaran, Irv Rubenstein, mengatakan bahwa kelelahan yang terasa sangat lama adalah tanda overtraining, dan tubuh sudah tidak mampu melakukan pemulihan diri. Namun, kondisi ini juga bisa diartikan bahwa olahraga yang kamu lakukan sudah tidak cocok. Solusinya adalah dengan menurunkan intensitas dan menyusun ulang jadwal olahraga, atau bahkan mengganti jenis olahraga.

3. Latihan Menjadi Terasa Mudah

Jenis olahraga yang sudah tidak cocok untuk kamu lakukan tidak melulu ditandai dengan efek yang negatif. Jadi, semakin lama kamu melakukan satu jenis olahraga, tubuhmu pasti akan bisa semakin terbiasa. Ketika kamu berolahraga yang awalnya terasa susah sampai terasa sangat mudah, itu artinya tubuhmu sudah cukup bisa beradaptasi dan membuat suatu kemajuan pesat dengan olahraga yang kamu lakukan. Nah, hal inilah yang menjadi tanda bahwa olahraga yang kamu lakukan sudah tidak cocok lagi.

Kalau kamu mengalami kondisi seperti ini, ada baiknya kamu merubah rutinitas latihanmu atau meningkatkan intensitas olahraga yang kamu lakukan menjadi lebih tinggi lagi. Contohnya, kalau kamu saat ini cuma melakukan olahraga yoga yang biasa, sebaiknya kamu mulai beralih dengan melakukan olahraga yoga yang lebih menantang seperti aerial yoga.

--- Related Article ---

4. Terasa Nyeri Otot

Biasanya, nyeri otot akan terjadi sesekali dan bisa sembuh hanya dalam beberapa jam saja. Tapi kalau kondisi yang kamu alami justru sebaliknya, bisa diartikan bahwa jenis olahraga yang kamu lakukan sudah tidak cocok. hal tersebut di dukung dengan pernyataan pelatih olahraga dari Amerika Serikat, Emily Paskins yang mengatakan bahwa penyebab sederhana dari nyeri otot adalah karena kita melakukan olahraga yang berlebihan hingga batas kemampuan tubuh. Otot dipaksa bekerja lebih keras agar bisa melakukan segala aktivitas. Alhasil, ototpun menjadi rusak dan terluka. Saat kamu memaksakan diri untuk malakukan olahraga yang sebetulnya tidak sesuai dengan kondisi tubuh, maka otot akan membutuhkan banyak waktu untuk bisa pulih.

Maka dari itu, sesuaikan lah intensitas, durasi, dan jenis latihanmu dengan kemampuan tubuh. Lakukanlah latihan olahraga secara bertahap, dari yang mudah sulit perlahan-lahan menjadi mudah dan mahir.


 
Tags:
#Jenis Olahraga 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article