sfidn - 5 Gerakan yang Ampuh Menambah Berat Badan

5 Gerakan yang Ampuh Menambah Berat Badan

sfidn.com - Kalau kamu salah satu orang yang ingin meningkatkan berat badan, pillihan untuk tidak berolahraga adalah pilihan yang keliru. Sebaliknya, meningkatkan berat badan dengan cara berolahraga adalah cara yang tepat. Salah satu jenis olahraga yang terbukti paling ampuh dalam meningkatkan berat badan adalah dengan latihan angkat beban atau fitnes. Namun, tetap tidak bisa sembarangan, karena ada beberapa gerakan dan teknik yang sudah didesain khusus untuk meningkatkan berat badan yang ideal.

 

Gerakan Angkat Beban untuk Meningkatkan Berat Badan

Dalam meningkatkan berat badan, maka kamu memerlukan massa tubuh. Dengan berlatih angkat beban, maka kamu bisa menggantikan massa lemakmu menjadi massa otot. Meningkatkan berat badan dengan massa otot akan jauh lebih sehat dan lebih baik jika dibandingkan dengan meningkatkan berat badan dengan lemak. Tingkat kesulitannya tentu berbeda-beda tergantung jenis tubuh seseorang. Orang yang mempunyai jenis tulang besar atau sedang tentu akan lebih mudah dalam membentuk otot dibandingkan dengan orang yang memiliki bentuk tulang panjang. Jadi, agar hasilnya bisa lebih maksimal, maka latihan angkat beban harus dilakukan secara rutin. Pete McCall, MS, CSCS mengungkapkan pada AceFitness bahwa ada beberapa jenis latihan berat badan yang sangat direkomendasikan, latihan tersebut adalah:

 

1. Deadlift

 

Latihan ini dilakukan dengan cara mengangkat berat barbel dari lantai sampai tingginya setara dengan pinggul dan diletakan kembali kelantai. Latihan dasar ini biasanya dilakukan bersamaan dengan gerakan squat dan bench-press.

 

2. Barbel Lunge

Bedanya gerakan barbel lunge dengan lunges biasa adalah dari cara menggenggam barbel, karena pada gerakan barbel lunge kamu harus menggenggam barbel di kedua sisi tubuhmu dengan cara berdiri tegak, memajukan satu kaki ke depan dengan cukup lebar sampai lutut kaki yang terletak di belakang menyentuh lantai.

 

3. Pull-Up

Gerakan pull-up dilakukan dengan mengandalkan kekuatan tangan untuk mengangkat tubuh melalui tumpuan pegangan yang lebih tinggi dari tubuhmu. Caranya dengan berdiri di bawah tiang lalu meraih tiang tersebut dengan melompat. Angkat tubuh hingga ke leher secara perlahan.

 

4. Bent over-row

Latihan ini sebenarnya hampir sama dengan deadlitf, namun yang perlu ditekuk hanya lutut saja dengan menderong ke atas dan bagian tubuh lebih condong ke depan. Ambil lah barbel yang ada di lantai lalu sesuaikan posisi tubuhmu lalu angkat barbel itu sejajar dengan perut.

 

5. Standing shoulder press

Gerakan ini dilakukan dengan cara mengangkat barbel dari sisi tubuhmu sampai ke kepala rubuhmu. Kamu tidak perlu lagi mengambil barbel diatas lantai, cukup genggam saja di kedua sisimu. Karena, latihan ini akan sangat mengandalkan otot kaki, lengan, dan bahumu.

 

--- Related Article ---

 

Tips Agar bisa Meningkatkan Berat Badan Lebih Cepat

Ada beberapa hal yang harus kamu pahami agar hasil peningkatan berat badan menjadi lebih maksimal. Perhatikanlah berat beban yang kamu gunakan, seberapa sering kamu latihan, cukupi waktu istirahatmu, perhatikan repitisimu, dan juga kecepatan gerakanmu. Kalau kamu masih seorang pemula, maka disarankan untuk mendapatkan bantuan personal trainer.

Penuhi juga kebutuhan nutrisi ototmu dengan mengonsumsi lemak sehat, karbohidrat, dan protein dari sumber makanan yang kamu konsumsi. Pastikan juga kamu bisa mengonsumsi sumber nutrisi tersebut setelah melakukan olahraga agar mampu merangsang dan memperbaiki otot. Cukupi pula waktu tidurmu agar pertumbuhan otot bisa lebih maksimal dan berat badan pun bisa bertambah

 


 
Tags:
#tambah berat badan  #naik berat badan  #menggemukan badan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article