sfidn - 5 Jenis Minuman untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

5 Jenis Minuman untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

sfidn.com - Pada umumnya, mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan hanya fokus dalam mengatur makanannya saja, dan tidak memerhatikan apa yang mereka minum. Faktanya, minuman juga memiliki peranan yang penting dalam proses penurunan berat badan. Beberapa jenis minuman lainnya bahkan ada yang diklaim mampu menurunkan berat badan karena kandungan yang ada di dalamnya.

 

5 Jenis Minuman untuk Meningkatkan Penurunan Berat Badan

Beberapa jenis minuman tertentu telah terbukti mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh, mempertahankan rasa kenyang, dan juga mencegah rasa lapar pada jam-jam diantara makan. Minuman tersebut adalah:

 

1. Air Putih

Meminum air putih sudah terbukti ampuh dalam mengatur nafsu makan, membatasi asupan minuman manis, memaksimalkan pembakaran lemak, hingga melancarkan sistem pencernaan. Air putih juga sudah terbukti ampuh dalam meningkatkan sistem metabolisme tubuh sebanyak 24-30% dalam kurun waktu 1-1,5 jam. Mereka yang terbiasa meminum air putih sebanyak setengah liter sebelum makan pun sudah terbukti mampu menurunkan berat badannya hingga 44% lebih banyak daripada mereka yang tidak minum. Oleh karena itulah, air putih menjadi air alami yang mampu membantu menurunkan berat badan.

 

2. Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang memiliki kandungan antioksidan bernama katekin yang berperan dalam meningkatkan pembakaran lemak sekaligus meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Kandungan antioksidan ini jauh lebih banyak pada teh hijau dalam bentuk bubuk atau matcha. Selain itu, teh hijau juga memiliki berbagai manfaat lainnya, seperti meminimalisir penyakit jantung, diabetes, obesitas, hingga hipertensi.

 

3. Teh hitam

Teh hitam diproduksi dengan serangkaian proses oksidasi yang sangat banyak hingga warna daunnya menjadi lebih gelap dan membuat aroma serta rasanya menjadi kuat. Teh hitam juga memiliki kandungan antioksidan yang bernama flavanoid yang diklaim mampu menurunkan berat badan. Kandungan polifenol pada teh hitam juga mampu merangsangan penguraian lemak, membantu perkembangan bakteri baik pada sistem pencernaan, serta membatasi asupan kalori berlebih. Satu studi yang dikerjakan pada tahun 2017 melaporkan bahwa para wanita yang mengonsumsi sumber flavanoid terbukti memiliki jumlah lemak yang jauh lebih sedikit.

 

4. Buah Smoothie

Smoothie tidak bisa disamakan dengan jus buah, karena smoothie merupakan minuman yang kaya akan kandungan serat, sehingga diklaim mampu menurunkan berat badan. Smoothie terbuat dari campuran berbagai buah-buahan, susu skim, yoghurt, dan juga susu kacang almond. Berbagai bahan ini dihaluskan hingga pada tekstur tertentu sesuai selera. Jika Anda tertarik ingin mencoba membuatnya, pilihlah buah yang kaya akan serat, seperti stroberi, blueberry, dan buah pisang dalam keaadan segar atau beku. Anda juga bisa menambahkan sayur-sayuran yang juga kaya akan serat.

 

--- Related Article ---

 

5. Kopi hitam

Seperti yang sudah kita ketahui, kopi memiliki suatu kandungan yang bersifat stimulan untuk tubuh, kandungan tersebut adalah kafein. Kafein diklaim mampu membantu menurunkan berat badan dengan membatasi asupan kalori, meningkatkan sistem metabolisme tubuh, dan juga merangsang pembakaran lemak.  Pada dasarnya, kopi merupakan minuman yang rendah akan kalori dan cocok untuk dijadikan minuman penurun berat badan. Namun, kalori pada kopi hitam akan meningkat jika ditambahkan whipped cream, sirup, susu manis, gula, dan pemanis buatan lainnya.

 

Jadi, sebenarnya minuman tertentu bereperan dalam menambah kalori dalam tubuh. Pada umumnya, minuman yang tinggi akan kalori tersebut memiliki kandungan pemanis buatan tanpa adanya nutrisi penting untuk tubuh, sehingga lemak pun akan semakin meningkat lagi. Namun, jika Anda sudah membaca artikel ini hingga selesai, Anda bisa mengatasinya dengan meminum beberapa minuam diatas. Iringi diet sehat Anda dengan latihan olahraga yang cukup agar proses penurunan berat badan bisa lebih maksimal.


 
Tags:
#turun berat badan  #cara turunkan berat badan  #menurunkan berat badan  #penurunan berat badan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article