sfidn - 5 Latihan Otot Bahu yang Wajib Anda Coba

5 Latihan Otot Bahu yang Wajib Anda Coba

 

sfidn.com - Otot bahu adalah salah satu dambaan para bodybuilder. Pasalnya, untuk membentuk otot tubuh bagian ini memerlukan latihan yang intens dan konsisten. 

Otot bahu akan memberikan kesan memiliki tubuh ideal dan proporsional. Ada banyak manfaat membentuk otot bahu. Beberapa manfaat tersebut di antaranya meningkatkan rasa percaya diri dan membuat tubuh lebih seimbang. 

Untuk memperoleh otot bahu yang ideal, berikut beberapa latihan yang bisa Anda lakukan.

 

5 Latihan Otot Bahu untuk Menciptakan Tubuh Proporsional

 

1. Overhead barbell press

 

sfidn-overhead-barbell-press

sumber: coachmag.co.uk

Dalam gerakan ini, otot yang aktif bekerja adalah otot bahu, trisep, perut, dan trap. Gerakan ini bisa dilakukan dengan membuka kaki selebar bahu. Kemudian, angkat barbel dengan genggaman overhand. Pastikan kedua tangan terbuka sedikit melebihi lebar bahu. 

Berdiri tegak dengan posisi kaki terbuka selebar pinggul dan barbell di depan dada. Setelah itu, angkat barbell ke atas kepala hingga siku terkunci. Kembali ke posisi awal dengan perlahan. 

 

2. Front barbell raise

 

sfidn-front-barbell-raise

sumber: iStockphoto.com

Front Barbell raise berfungsi untuk mengaktifkan otot deltoid yang merupakan salah satu otot bahu. Untuk melakukan gerakan ini, Anda dapat berdiri dengan punggung tegak dan kaki terbuka selebar bahu. Kaki kiri berada di depan kaki kanan. 

Kemudian, kedua lengan lurus ke bawah memegang barbel. Angkat barbel ke atas hingga sejajar dengan bahu Anda. Pastikan Anda menarik napas saat menurunkan beban dan hembuskan napas saat mengangkat beban. 

 

3. Seated dumbbell lateral raise

 

sfidn-seated-dumbbell-lateral-raise

sumber: thestephaneandre.com

Cara membentuk otot bahu di rumah dapat Anda lakukan dengan bantuan dumbel. Anda dapat duduk di atas kursi dengan lutut sedikit menekuk dan kedua kaki sejajar dengan lantai. Genggam dumbbell dengan siku menekuk. Lengan berada di samping tubuh. 

Kemudian, angkat dumbel hingga siku sejajar dengan bahu. Saat mengangkat beban, perhatikan posisi duduk. Pastikan tubuh tidak terlalu membungkuk. Hembuskan napas saat mengangkat beban. 

--- Related Article ---

4. Bent over lateral raise

 

sfidn-bent-over-lateral-raise

sumber: stack.com

Gerakan ini dilakukan untuk mengaktifkan otot deltoid. Langkah pertama untuk melakukan gerakan ini adalah berdiri dengan posisi tubuh agak condong ke depan, namun pastikan posisi punggung lurus. 

Buka kaki selebar bahu dengan lutut sedikit menekuk. Pegang dumbbell dengan posisi lengan lurus ke bawah. Kemudian, angkat dumbbell ke samping hingga membentuk setengah lingkaran. 

 

5. Band pull apart

 

sfidn-band-pull-apart

sumber: barbellrehab.com

Gerakan ini adalah salah satu cara membentuk otot bahu di rumah. Band pull apart dapat Anda lakukan dengan bantuan resistance band. Mudahnya gerakan dan praktisnya alat olahraga membuat gerakan ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. 

Untuk melakukan latihan ini, pegang resistance band di depan Anda setinggi bahu, lengan lurus tetapi tidak terkunci. Buka lengan dan regangkan resistance band di depan dada Anda. Kemudian, tarik bahu ke bawah dan ke belakang saat melakukannya. Kembali ke posisi awal dan ulangi.

Itulah lima latihan otot bahu untuk membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain melakukan latihan beberapa gerakan tersebut, pastikan pula Anda mengkonsumsi makanan sehat yang kaya protein. 


 
Tags:
#Otot Bahu  #cara membentuk otot bahu 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article