sfidn - 5 Makanan Rendah Kalori yang Bisa Dikonsumsi saat Diet

5 Makanan Rendah Kalori yang Bisa Dikonsumsi saat Diet

sfidn.com - Makanan rendah kalori adalah fokus nutrisi utama bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau menjadi lebih sehat secara keseluruhan.

Kalori adalah ukuran energi yang penting mengukur jumlah asupan harian per hari. Sekitar 3.500 kalori setara dengan 0,5 gram berat badan. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan pola makan agar selalu defisit kalori.

Anda bisa mengukur kalori dengan kalkulator TDEE atau Total Daily Energy Expenditure. Untuk membuat jumlah asupan kalori ideal, Anda perlu mengonsumsi makanan rendah kalori.

Berikut ini beberapa makanan rendah kalori yang bisa Anda konsumsi saat diet atau membentuk berat badan ideal. 

 

5 Makanan Rendah Kalori untuk Membentuk Berat Badan Ideal 

 

1. Pisang 

sfidn-pisang

Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 105 kalori. Tak hanya itu, pisang juga dikenal memiliki jumlah kalium yang cukup tinggi, yaitu 422mg atau 12% yang merupakan mineral penting untuk kesehatan jantung, saraf, dan kontraksi otot. Jika Anda membutuhkan camilan cepat tanpa harus khawatir akan kelebihan kalori, maka pisang adalah pilihan yang sangat baik. 

 

2. Dada ayam

sfidn-dada-ayam

Dada ayam adalah makanan tanpa lemak dengan protein tinggi. Dada ayam sering dikonsumsi oleh para olahragawan. Kalori ½ dada ayam tanpa tulang dan kulit adalah 142 kalori. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara direbus atau dimasak bersama sayur-sayuran lezat. 

--- Related Article ---

3. Tofu

sfidn-tofu

Jika Anda vegetarian, tahu bisa jadi alternatif untuk memenuhi nutrisi protein. Tahu berbahan dasar kedelai, mengandung lemak yang cukup untuk tubuh, yaitu 6 gram per ½ cangkir dan 10 gram protein per 0,5 cangkir.

Kedelai adalah protein nabati lengkap yang mengandung sembilan asam amino esensial. Penelitian juga menunjukkan bahwa kedelai dapat menurunkan kolesterol jahat dan bermanfaat menstabilkan tekanan darah. Kedelai juga secara alami memiliki efek estrogenik dan antiestrogenik. 

 

4. Tuna

sfidn-tuna

Ikan tuna adalah makanan berprotein tinggi dan rendah lemak sehingga tuna menjadi salah satu makanan rendah kalori. 28 gram tuna mengandung 70 kalori dengan 0,5 gram lemak dan 16 gram protein. Anda juga dapat mendapatkan EPA dan DHA Omega-3 saat mengonsumsi ikan tuna. 

 

5. Apel 

sfidn-apel

Apel adalah buah yang lezat dan terdiri atas beberapa jenis. Selain rendah kalori, apel juga memiliki serat yang cukup, mengandung vitamin C, dan antioksidan tinggi. Satu apel berukuran sedang mengandung sekitar 95 kalori.

Itulah makanan-makanan rendah kalori yang bisa Anda konsumsi saat diet. Selain mengonsumsi makanan rendah kalori, pastikan pula Anda berolahraga rutin.


 
Tags:
#makanan rendah kalori  #makanan diet 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article