5 Manfaat Latihan Unilateral untuk Membentuk Tubuh

sfidn.com - Jika Anda sering berolahraga di tempat gym untuk melatih kebugaran, melatih salah satu anggota tubuh atau satu sisi pada satu waktu adalah hal yang wajib dilakukan. Latihan tersebut sering disebut dengan latihan unilateral.

Single-arm rows and alternating biceps curls adalah dasar angkat beban yang biasa dilakukan di tempat gym. Namun, ada pula beberapa jenis latihan unilateral lain yang bisa Anda coba.

Berikut ini beberapa manfaat latihan unilateral untuk bentuk tubuh ideal. 

 

5 Manfaat Latihan Unilateral untuk Bentuk Tubuh Ideal

 

1. Meningkatkan keseimbangan tubuh

sfidn-keseimbangan-tubuh

Pelatihan unilateral dapat meningkatkan keseimbangan tubuh. Latihan seperti mengangkat dumbbell dengan satu kaki tidak hanya mengisolasi hamstring, glutes, dan punggung bawah, tetapi bermanfaat pula untuk keseimbangan tubuh. Latihan unilateral menuntut sisi kiri dan kanan memiliki kekuatan yang seimbang sehingga saat mengangkat beban, anggota tubuh Anda memiliki keseimbangan yang stabil.

 

2. Meningkatkan kekuatan tubuh 

sfidn-kekuatan-tubuh

Sebagian besar bodybuilder memiliki satu sisi yang sedikit lebih lemah dibandingkan sisi lainnya. Namun, jika Anda melakukan latihan unilateral, kedua sisi tubuh Anda akan kuat sehingga Anda dapat melakukan gerakan barbel bench press dengan sempurna. Gunakanlah dumbbell saat latihan unilateral. Hal itu bertujuan untuk mengukur keseimbangan kekuatan tubuh yang lebih sinergis.

 

3. Meningkatkan performa olahraga

sfidn-performa-olahraga

 

Jika Anda telah melakukan olahraga rutin dengan menggunakan beban yang stabil dan ingin melakukan transisi ke beban yang lebih tinggi, saatnya melakukan latihan unilateral. Ketika Anda meningkatkan performa olahraga, pastikan Anda menyertakan latihan unilateral. Latihan unilateral juga bertujuan untuk memperkuat sisi lemah Anda dan membuat Anda dapat melakukan latihan bilateral dengan sempurna.

--- Related Article ---
4. Mengencangkan otot inti 

sfidn-otot-inti

 

Latihan unilateral dapat meningkatkan kekuatan core atau otot inti Anda. Jika Anda melakukan one-arm dumbbell military press sambil berdiri, pastikan postur tubuh Anda tetap tegak. Artinya, saat sisi kiri mengangkat dumbbell, otot-otot inti di sisi kanan harus mengencang untuk menjaga postur tubuh. Pastikan otot inti Anda aktif saat melakukan satu set gerakan unilateral. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan stabilitas core dan menopang gerakan-gerakan bilateral dengan sempurna.

 

5. Meningkatkan fokus

sfidn-dumbbell

 

Mengangkat beban hanya dengan satu sisi bukanlah sesuatu yang biasa dilakukan dengan mudah, Anda harus memulai dengan melatih fokus pikiran. Latihan unilateral dapat membuat Anda memusatkan fokus pada otot yang sedang bekerja.

Itulah lima manfaat latihan unilateral untuk membentuk tubuh ideal dan meningkatkan stabilitas tubuh. Untuk hasil yang maksimal, imbangi latihan dengan konsumsi protein tinggi.

Tags:
#latihan unilateral  #olahraga unilateral 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail