sfidn - 5 Manfaat Nyata BCAA untuk Tubuh Anda

5 Manfaat Nyata BCAA untuk Tubuh Anda

sfidn.com - Ada 20 asam amino berbeda yang membentuk ribuan protein berbeda dalam tubuh manusia. Sembilan dari 20 dianggap sebagai asam amino esensial, yang berarti mereka tidak dapat dibuat oleh tubuh Anda dan harus diperoleh melalui makanan Anda.

Dari sembilan asam amino esensial, 3 dari 9 asam amino essensial adalah branched-chain amino acids (BCAA): leusin, isoleusin, dan valin. "Branched-chain" mengacu pada struktur kimia BCAA, yang ditemukan dalam makanan kaya protein seperti telur, daging, dan produk susu. Mereka juga merupakan suplemen makanan populer yang dijual terutama dalam bentuk bubuk. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang lima manfaat BCAA yang nyata dan terbukti bermanfaat untuk tubuh Anda.


5 Manfaat Nyata BCAA untuk Tubuh Anda

 

1. Meningkatkan Pertumbuhan Otot

Salah satu kegunaan BCAA yang paling populer adalah untuk meningkatkan pertumbuhan otot. Leusin BCAA mengaktifkan jalur tertentu dalam tubuh yang merangsang sintesis protein otot, yaitu proses pembuatan otot.

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi minuman dengan 5,6 gram BCAA setelah latihan ketahanan mengalami peningkatan sintesis protein otot 22% lebih besar dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi minuman plasebo.


2. Mengurangi Nyeri Otot

Beberapa penelitian menunjukkan BCAA dapat membantu mengurangi nyeri otot setelah berolahraga. Tidak jarang setelah berolahraga, Anda merasakan sakit otot satu atau dua hari setelah berolahraga, terutama jika rutinitas olahraga Anda baru.

Nyeri ini disebut delayed onset muscle soreness atau DOMS, yang berkembang 12 hingga 24 jam setelah berolahraga dan dapat bertahan hingga 72 jam.

Sementara penyebab pasti DOMS tidak dipahami dengan jelas, para peneliti percaya itu adalah hasil dari robekan kecil pada otot setelah berolahraga

BCAA telah terbukti mengurangi kerusakan otot, yang dapat membantu mengurangi panjang dan keparahan DOM.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa BCAA menurunkan pemecahan protein selama latihan dan menurunkan kadar kreatin kinase, yang merupakan indikator kerusakan otot.

Dalam satu penelitian, orang yang dilengkapi dengan BCAA sebelum latihan jongkok mengalami penurunan DOMS dan kelelahan otot dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Oleh karena itu, melengkapi dengan BCAA, terutama sebelum berolahraga, dapat mempercepat waktu pemulihan.


3. Mengurangi Kelelahan Berolahraga

Sama seperti BCAA dapat membantu mengurangi nyeri otot akibat olahraga, mereka juga dapat membantu mengurangi kelelahan akibat olahraga.

Setiap orang mengalami kelelahan dan kelelahan dari latihan di beberapa titik. Seberapa cepat Anda lelah bergantung pada beberapa faktor, termasuk intensitas dan durasi latihan, kondisi lingkungan, serta tingkat nutrisi dan kebugaran Anda.

Otot Anda menggunakan BCAA selama berolahraga, menyebabkan kadar dalam darah Anda menurun. Ketika kadar BCAA dalam darah menurun, kadar triptofan asam amino esensial di otak Anda meningkat.

Di otak Anda, triptofan diubah menjadi serotonin, zat kimia otak yang dianggap berkontribusi pada pengembangan kelelahan saat berolahraga.

Dalam dua penelitian, peserta yang dilengkapi dengan BCAA meningkatkan fokus mental mereka selama berolahraga, yang dianggap sebagai hasil dari efek pengurangan kelelahan oleh BCAA.

 

4. Mencegah Pengecilan Otot

BCAA dapat membantu mencegah pengecilan atau kerusakan otot. Protein otot terus-menerus dipecah dan dibangun kembali (disintesis). Keseimbangan antara pemecahan dan sintesis protein otot menentukan jumlah protein dalam otot.

Pengecilan atau pemecahan otot terjadi ketika pemecahan protein melebihi sintesis protein otot.

Pengecilan otot adalah tanda kekurangan gizi dan terjadi dengan infeksi kronis, kanker, periode puasa dan sebagai bagian alami dari proses penuaan.

Pada manusia, BCAA menyumbang 35% dari asam amino esensial yang ditemukan dalam protein otot. Mereka menyumbang 40% dari total asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Oleh karena itu, penting bahwa BCAA dan asam amino esensial lainnya diganti selama masa pengecilan otot untuk menghentikan atau memperlambat perkembangannya.

Beberapa penelitian mendukung penggunaan suplemen BCAA untuk menghambat pemecahan protein otot. Hal ini dapat meningkatkan hasil kesehatan dan kualitas hidup di populasi tertentu, seperti orang tua dan mereka yang menderita penyakit seperti kanker.

--- Related Article ---

5. Bermanfaat untuk orang yang mengidap Liver Disease

BCAA dapat meningkatkan kesehatan pada orang dengan sirosis, penyakit kronis di mana hati tidak berfungsi dengan baik.

Diperkirakan 50% orang dengan sirosis akan mengembangkan ensefalopati hepatik, yaitu hilangnya fungsi otak yang terjadi ketika hati tidak mampu mengeluarkan racun dari darah.

Sementara gula dan antibiotik tertentu adalah pengobatan andalan untuk ensefalopati hepatik, BCAA juga dapat bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit tersebut.

Satu ulasan dari 16 penelitian termasuk 827 orang dengan ensefalopati hepatik menemukan bahwa mengonsumsi suplemen BCAA memiliki efek menguntungkan pada gejala dan tanda penyakit, tetapi tidak berpengaruh pada kematian.

Sirosis hati juga merupakan faktor risiko utama untuk pengembangan karsinoma hepatoseluler, bentuk paling umum dari kanker hati, di mana suplemen BCAA mungkin juga berguna.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen BCAA dapat menawarkan perlindungan terhadap kanker hati pada orang dengan sirosis hati.

Dengan demikian, otoritas ilmiah merekomendasikan suplemen ini sebagai intervensi nutrisi untuk penyakit hati untuk mencegah komplikasi.


Makanan yang Mengandung BCAA Tinggi

BCAA ditemukan dalam makanan dan suplemen protein. Mendapatkan BCAA dari sumber protein lengkap lebih bermanfaat, karena mengandung semua asam amino esensial.

Untungnya, BCAA banyak ditemukan di banyak makanan dan suplemen protein. Ini membuat suplemen BCAA tidak diperlukan untuk sebagian besar orang, terutama jika Anda sudah mengonsumsi cukup protein dalam makanan Anda.

Mengkonsumsi makanan kaya protein juga akan memberi Anda nutrisi penting lainnya yang tidak dimiliki suplemen BCAA.

 

Sumber makanan terbaik yang Tinggi BCAA diantaranya adalah : 



 

Ringkasan Artikel

Branched-chain amino acids (BCAA) adalah kelompok dari tiga asam amino esensial: leusin, isoleusin, dan valin. Mereka sangat penting, artinya mereka tidak dapat diproduksi oleh tubuh Anda dan harus diperoleh dari makanan. Suplemen BCAA telah terbukti membangun otot, mengurangi kelelahan otot dan mengurangi nyeri otot. Mereka juga telah berhasil digunakan di rumah sakit untuk mencegah atau memperlambat kehilangan otot dan untuk memperbaiki gejala penyakit hati. Namun, karena kebanyakan orang mendapatkan banyak BCAA melalui makanan mereka, suplementasi dengan BCAA tidak mungkin memberikan manfaat tambahan.


Referensi:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16365096
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16424142
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28638350
https://ndb.nal.usda.gov/ndb/nutrients/report/nutrientsfrm?max=25&offset=0&totCount=0&nutrient1=504&nutrient2=503&nutrient3=510&fg=13&fg=1&fg=12&fg=10&fg=5%E2%8A%82=0&sort=c&measureby=g
http://espen.info/documents/Liver.pdf

 


 
Tags:
#bcaa  #Manfaat Nyata BCAA 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article