sfidn - 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Kram Perut saat Olahraga Lari

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Kram Perut saat Olahraga Lari

sfidn.com - Lari adalah salah satu olahraga paling mudah dilakukan. Olahraga lari baik untuk jantung. Menurut salah satu penelitian yang dimuat dalam Journal of the American College of Cardiology, orang yang sering melakukan olahraga lari memiliki risiko lebih rendah untuk terinfeksi penyakit jantung jika dibandingkan orang yang tak terbiasa jogging. Olahraga lari bisa memperkuat sendi dan tulang. Hal itu telah disebutkan dalam riset medicine and Science in Sports and Exercise.

Namun, olahraga lari tak jarang membuat perut Anda kram. Untuk mencegah hal itu terjadi, berikut beberapa penyebab kram perut saat lari. 

 

5 Penyebab Kram Perut saat Lari 

 

1. Dehidrasi

sfidn-dehidrasi

Salah satu penyebab kram perut saat berlari adalah karena tubuh Anda kekurangan cairan. Untuk mengatasinya, pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan yang cukup sebelum lari. Namun, pastikan pula cairan tersebut tidak berlebihan. Pasalnya, kebanyakan minum air mineral juga dapat memicu perut kram saat lari. 

 

2. Oksigen menurun

sfidn-oksigen-menurun

Ketika Anda berlari, maka hampir seluruh tubuh bergerak, namun yang paling utama adalah gerakan kaki. Tubuh mengatur oksigen yang masuk ke tubuh untuk didistribusikan ke semua bagian otot yang dibutuhkan agar otot tersebut menghasilkan energi yang dipakai saat berlari.

 

3. Otot perut mengalami kelelahan

sfidn-otot-perut

Perut kram cenderung terjadi pada olahragawan yang hobi lari. Umumnya, kram perut terjadi ketika pelari melewati jarak yang cukup jauh. Hal tersebut menyebabkan otot, terutama otot abdominal menjadi lelah. 

 

4. Perut tertekan 

sfidn-perut-tertekan-saat-lari

Penyebab kram perut selanjutnya adalah karena gerakan lari dapat membuat isi perut menekan organ-organ lain. Hal itu menyebabkan jaringan ikat perut meregang dan menimbulkan rasa sakit pada perut. 

 

5. Terdapat gangguan sistem pencernaan

sfidn-gangguan-sistem-pencernaan

Jika Anda mengonsumsi makanan atau minuman sebelum lari, hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebabnya. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa lari menyebabkan gangguan sistem pencernaan lebih sering dibandingkan melakukan olahraga renang dan bersepeda. 

--- Related Article ---

 

Cara Mencegah Kram Perut 

sfidn-cara-mencegah-kram-perut

1. Pastikan cukup cairan

Sebelum lari, sebaiknya Anda menghidrasi tubuh dengan mengonsumsi air mineral secukupnya. Minumlah sebanyak 400 hingga 600 ml air mineral, 45 menit sebelum olahraga. Perhatikan pula tingkat hidrasi saat lari, pastikan Anda minum 60 sampai 120 ml air setiap 15 menit sekali.

 

2. Atur pernapasan

Untuk mencegah kram, Anda perlu mengatur pernapasan dengan baik. Ambil napas dalam dan letakkan telapak tangan di perut. Kemudian, ambil napas dalam. 

 

3. Hindari mengonsumsi makanan berat sebelum olahraga

Salah satu penyebab perut kram adalah jadwal makan yang belum diatur dengan baik. Berikan jeda antara jadwal makan dan berlari. Misalnya, Anda bisa mengonsumsi makanan 2 jam sebelum lari atau 4 jam sebelum lari.

Itulah penyebab kram perut yang wajib Anda ketahui. Beberapa cara mencegah kram perut di atas juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang sering mengalaminya.


 
Tags:
#kram perut saat lari 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article