sfidn - 5 Perubahan Gaya Hidup untuk Meringankan Risiko Penyakit Jantung

5 Perubahan Gaya Hidup untuk Meringankan Risiko Penyakit Jantung

sfidn.com - Jika Anda telah terindikasi mengidap penyakit kronis diabetes, Anda berpeluang lebih tinggi untuk mengidap penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung. Namun, Anda dapat menurunkan gejala penyakit diabetes dengan mengubah rutinitas harian Anda.

Berikut lima perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk mengelola diabetes dan menurunkan risiko penyakit jantung. 

 

5 Perubahan Gaya Hidup untuk Meringankan Risiko Penyakit Jantung

 

1. Tingkatkan aktivitas

Sfidn-tingkat-aktivitas

Olahraga adalah cara yang baik untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung pada pasien diabetes. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan orang dewasa untuk menghabiskan setidaknya dua jam tiga puluh menit untuk berolahraga aerobik dengan intensitas sedang. Jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah bersepeda hingga berjalan santai di sekitar rumah.

 

2. Konsumsi makanan sehat

Sfidn-makanan-sehat

Perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk mengelola diabetes dan menurunkan risiko penyakit jantung adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Pilihlah makanan yang rendah natrium, lemak trans, dan lemak jenuh. Selain itu, Anda bisa memilih biji-bijian di atas roti putih, ayam atau ikan tanpa kulit, dan produk susu rendah lemak.

Pastikan setiap makanan mengandung kombinasi yang seimbang antara pati, buah-buahan, sayuran, protein, dan lemak. Hindari minuman mengandung glukosa tinggi, seperti soda dan jus. 

--- Related Article ---

3. Kelola tingkat stres

Sfidn-stres

Tingkat stres yang tinggi dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan arteri Anda. Jika merasa stres atau rentan terhadap kecemasan, ada banyak teknik relaksasi yang dapat Anda gunakan untuk menenangkan diri. Berikut latihan pernapasan sederhana yang dikenal sebagai metode 4-7-8. Buang napas sepenuhnya melalui mulut. Kemudian, tarik napas melalui hidung selama empat detik. Tahan napas selama tujuh detik. Buang napas melalui mulut selama delapan detik. Ulangi siklus ini tiga kali.

Teknik relaksasi seperti ini bisa menurunkan tekanan darah Anda. Relaksasi ini juga dapat membantu menjaga kadar gula darah normal dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

 

4. Berhenti merokok

Sfidn-berhenti-merokok

Merokok berbahaya bagi kesehatan Anda dan dapat berdampak bagi kesehatan orang-orang di sekitar Anda. Jika mengidap diabetes, Anda berisiko terkena penyakit yang ditimbulkan karena merokok. Asap rokok menyebabkan kerusakan besar pada jantung, pembuluh darah, dan meningkatkan kemungkinan terkena penyakit ginjal, masalah penglihatan, dan kerusakan saraf.

Meskipun Anda sudah menjadi perokok selama bertahun-tahun, tidak ada kata terlambat untuk berhenti. Konsultasikan dengan dokter tentang strategi berhenti merokok yang paling cocok untuk Anda.

 

5. Lakukan pemeriksaan rutin

sfidn-pemeriksaan-rutin

Meskipun Anda merasa sehat, memeriksakan diri dan diskusi dengan dokter dapat dilakukan dengan rutin. Pastikan Anda melakukan pemeriksaan kesehatan setiap 6 bulan sekali. Konsultasikan kepada dokter tentang gejala atau hal-hal yang Anda rasakan.

Itulah lima perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk meringankan risiko penyakit jantung. Pastikan beberapa tips di atas telah Anda lakukan.


 
Tags:
#penyakit jantung  #penyakit diabetes 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article