sfidn - 5 Tips Memilih Raket Badminton bagi Para Pemula

5 Tips Memilih Raket Badminton bagi Para Pemula

sfidn.com - Badminton bisa menjadi pilihan Anda untuk berolahraga. Selain membutuhkan kok atau shuttlecock, badminton juga membutuhkan raket agar permainan bulu tangkis berjalan lancar. Namun, Anda tak bisa menggunakan raket yang kurang berkualitas. Pasalnya, selain dapat membuat Anda kalah di lapangan, raket tak berkualitas juga dapat membahayakan Anda.

Pada saat ingin membeli raket badminton, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Yuk, simak di sini!

 

Bagian Raket Badminton 

 

Raket terdiri atas tiga bagian, yaitu kepala, batang raket, string bed, dan handle. Head atau bagian kepala raket adalah bagian berbentuk oval yang di tengahnya berisi senar untuk membantu kok memantul.

Bagian shaft atau batang raket berfungsi sebagai penghubung antara kepala raket dengan bagian genggaman. Kemudian, di bawah shaft ada handle grip yang dialasi bantalan karet atau kain untuk menggenggam raket. 

 

5 Tips Memilih Raket Badminton bagi Pemula

sfidn-raket-badminton

1. Perhatikan jenis kepala raket

Raket bulu tangkis terdiri atas tiga macam, yaitu ringan, berat, dan seimbang. Jenis-jenis raket tersebut memiliki jenis kepala yang berbeda. Kepala raket yang berat bisa membantu Anda meningkatkan performa smash ke arah lawan. Kepala raket yang ringan cocok digunakan untuk pukulan yang cepat. Kepala raket yang ringan juga membuat Anda dapat mengatur kekuatan dan gerakan lebih lincah. Sementara itu, raket seimbang dinilai paling ideal untuk bermain badminton. 

 

2. Cek bentuk kepala raket

Selain harus mempertimbangkan jenisnya, Anda juga harus memilih bentuk raket yang sesuai dengan permainan Anda. Ada dua jenis kepala raket badminton, yaitu kotak dan oval. Perbedaannya pada area kepala raket tersebut yang akan memberikan kekuatan maksimal jika pantulannya tepat mengenai titik area raket. Namun, belakangan ini raket berbentuk kotak sudah jarang ditemukan dan raket kepala oval lebih banyak ditemukan karena memberikan pantulan yang bagus. 

--- Related Article ---

3. Pertimbangkan berat raket

Berat raket ditandai dengan logo U yang bisa dilihat di bagian bawah pegangan raket. U berukuran 95-99 gram, 2U ukuran 90-94 gram, 3U ukuran 85-89 gram, 4U ukuran 80-84 gram, 5U artinya raket berukuran 75-79 gram, dan 6U berukuran 70-74 gram.

Biasanya, berat raket ditulis bersama ukuran lingkar pegangan raket. Berat raket yang paling banyak ditemukan adalah 3U, 4U, 5U, dan 6U. Hal itu terjadi karena raket yang ringan dapat membuat gerakan lebih leluasa. 

 

4. Perhatikan bentuk batang raket

Batang raket badminton terbagi atas beberapa jenis, yaitu fleksibel, sedang, dan kaku. Pilihlah batang raket sesuai dengan kecepatan ayunannya. Atlet bulu tangkis profesional umumnya memiliki teknik yang andal sehingga kecepatan ayunannya akan meningkat. Umumnya, para atlet yang andal cenderung memilih batang raket yang fleksibel karena dapat mengontrol ayunan, memukul, dan menangkis. 

 

5. Pilih ukuran pegangan raket dengan tepat

Sama seperti berat raket, ukuran pegangan raket juga beragam. Umumnya, ukuran ini tertulis dengan huruf “G” di bagian handle raket dalam satuan inci. Berikut ini beberapa ukuran pegangan raket. G1 ukuran 4 inci, G2 ukuran 3.75 inci, G3 ukuran 3.5 inci, G4 ukuran 3.25 inci, G5 ukuran 3 inci, dan G6 ukuran 2.75 inci. Umumnya, raket tersedia dalam ukuran G5 dan G4.

Itulah beberapa tips memilih raket badminton bagi para pemula. Pastikan Anda memilih raket sesuai dengan beberapa kriteria di atas sebelum bermain badminton dengan kerabat atau partner olahraga Anda.


 
Tags:
#cara memilih raket  #tips memilih raket badminton 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article