6 Efek Samping Kelebihan Vitamin D

sfidn.com - Vitamin D adalah salah satu vitamin penting untuk kesehatan tubuh. Jenis vitamin ini berperan dalam menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Mengonsumsi vitamin D dari suplemen maupun makanan adalah hal yang biasa. Akan tetapi, sebaiknya Anda memperhatikan dosis vitamin D yang baik untuk tubuh Anda. 

Kelebihan vitamin D akan menimbulkan efek toksisitas yang dapat berlangsung selama beberapa bulan setelah Anda berhenti mengonsumsi suplemen. Selain itu, ada beberapa dampak negatif dari kelebihan vitamin D dalam tubuh. Berikut ini efek samping kelebihan vitamin B yang telah SFIDN rangkum. 

 

6 Efek Samping Kelebihan Vitamin D

 

1. Meningkatkan tekanan darah

 

sfidn-vitamin-D-meningkatkan-tekanan-darah

 

Memenuhi kebutuhan vitamin D harian tubuh dapat membantu Anda mencegah penyakit osteoporosis dan kanker. Namun, jika konsumsi berlebihan justru akan menimbulkan dampak negatif pada tubuh. Salah satu studi mengungkapkan bahwa dosis vitamin D yang berlebihan akan menyebabkan toksisitas dan meningkatkan tekanan darah. 

 

2. Mual, muntah, dan napsu makan berkurang

 

sfidn-vitamin-D-mual

 

Banyak efek samping dari terlalu banyak vitamin D, termasuk mual, muntah, dan napsu makan yang buruk. Tak hanya itu, sebuah studi juga mengungkapkan bahwa efek samping kelebihan vitamin D dapat menurunkan berat badan dengan drastis sehingga berbahaya untuk imunitas dan kesehatan tubuh. Hal itu terjadi karena vitamin D akan meningkatkan kadar kalsium lebih dari 12 miligram/desiliter. 

 

3. Sakit perut, sembelit, atau diare

 

sifdn-efek-samping-vitamin-D

 

Sakit perut, sembelit, dan diare adalah keluhan pencernaan umum yang sering dikaitkan dengan intoleransi makanan atau sindrom iritasi usus besar. Namun, mereka juga bisa menjadi tanda peningkatan kadar kalsium yang disebabkan oleh keracunan vitamin D. 

Gejala-gejala ini dapat terjadi pada mereka yang menerima vitamin D dosis tinggi. Dalam satu studi kasus, seorang anak laki-laki mengalami sakit perut dan sembelit setelah mengonsumsi suplemen vitamin D yang tidak diberi label dengan benar, sedangkan saudara laki-lakinya mengalami peningkatan kadar tekanan darah. 

--- Related Article ---

4. Peningkatan kadar kalsium darah

 

sfidn-vitamin-D-meningkatkan-kadar-kalsium

 

Vitamin D membantu tubuh Anda menyerap kalsium dari makanan yang Anda konsumsi. Namun, jika asupan vitamin D berlebihan, kalsium darah dapat meningkat sehingga dapat menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan dan berpotensi berbahaya. Beberapa gejala hiperkalsemia atau peningkatan kadar kalsium darah adalah sakit perut, gangguan pencernaan, pusing, lelah, dan haus berlebih. 

 

5. Gagal ginjal

 

sfidn-ginjal-efek-vitamin-D

 

Asupan vitamin D yang berlebihan sering kali menyebabkan gangguan fungsi ginjal. Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa seorang pria dirawat di rumah sakit karena gagal ginjal setelah menerima suntikan vitamin D dengan dosis tinggi. Gagal ginjal dapat diobati dengan hidrasi dan pengobatan oral atau intravena.

 

6. Keropos tulang 

 

sfidn-osteoporosis

 

Vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium dan metabolisme tulang dan menjaga kekuatan tulang. Namun, konsumsi terlalu banyak vitamin D dapat mengganggu kesehatan tulang.

Untuk melindungi dari keropos tulang, hindari mengonsumsi suplemen vitamin D yang berlebihan dan mengonsumsi suplemen vitamin K2. Anda bisa mengonsumsi makanan kaya vitamin K2, seperti susu dan daging. 

Itulah enam efek samping kelebihan vitamin D dalam tubuh. Pastikan Anda mengonsumsi vitamin D dengan kadar yang cukup. Pastikan untuk menghindari dosis vitamin D yang berlebihan. Umumnya, vitamin D dikonsumsi maksimal 4.000 IU. 

Tags:
#vitamin d  #efek samping vitamin D 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail