sfidn - 6 Makanan yang Mengandung Vitamin D

6 Makanan yang Mengandung Vitamin D

sfidn.com - Vitamin D adalah nutrisi yang diproduksi tubuh saat terkena sinar matahari. Akan tetapi, dilansir dari Healthline, sekitar 50% populasi dunia tidak mendapatkan cukup sinar matahari sehingga kekurangan vitamin D. 

Vitamin D mengandung nutrisi yang baik untuk tulang dan membantu mencegah penyakit mematikan, seperti kanker, darah tinggi, dan jantung. Tak hanya itu, berdasarkan jurnal terbaru yang dimuat dalam Scientific Reports, vitamin D juga dapat mendukung sistem imun menjadi lebih optimal sehingga dapat membantu mencegah penularan COVID-19.

Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam The Journal of Steroid Biochemistry and Molecular Biology (2007), asupan harian vitamin D sebaiknya 800 IU (international unit) atau satuan yang menunjukkan jumlah kandungan vitamin. Namun, jika sinar matahari yang Anda peroleh tidak cukup, Anda dapat mengonsumsi vitamin D 1.000 IU per hari. 

Untuk memenuhi asupan vitamin D, berikut beberapa rekomendasi makanan mengandung vitamin D yang dapat Anda konsumsi. 

 

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Vitamin D

 

1. Salmon 

 

sfidn-salmon

 

Salmon adalah ikan berlemak yang mengandung vitamin D. Menurut United States Department of Agriculture (USDA), 100 gram atau 3,5 ons salmon mengandung 526 IU vitamin D atau 66% dari kebutuhan harian. Ada perbedaan kandungan vitamin D pada salmon yang ditangkap secara bebas dan salom yang dibudidayakan. 

Salmon yang berada di alam liar mengandung 988 IU vitamin D per 100 gram atau 124% dari kebutuhan harian. Sementara itu, salmon budidaya hanya mengandung 25% dari jumlah tersebut atau sekitar 250 IU vitamin D. 

 

2. Tuna

 

sfidn-tuna

 

Ikan tuna memiliki kandungan DHA dan vitamin D. Dalam 100 gram ikan tuna kemasan mengandung 236 IU vitamin D. Tuna mampu melebihi 50% kebutuhan vitamin D harian tubuh. Pilihlah tuna kemasan yang mempunyai label “light” pada kalengnya. 

 

3. Jamur

 

sfidn-jamur

 

Jamur adalah salah satu pilihan makanan mengandung vitamin D. Makanan ini bisa jadi pilihan terbaik bagi vegetarian. Dalam 100 gram jamur, misalnya jenis jamur portobello, terkandung 400 IU vitamin D. 

--- Related Article ---

4. Kuning telur

 

sfidn-kuning-telur

 

Telur tak hanya kaya nutrisi, mulai dari putih telur hingga kuning telur memiliki manfaat baik bagi tubuh. Kuning telur mengandung vitamin D. Dalam satu buah kuning telur, mengandung sekitar 40 IU vitamin D. Akan tetapi, sebaiknya Anda mengonsumsi kuning telur secukupnya karena satu butir telur mengandung 200 miligram kolesterol. Jika telur dikonsumsi berlebihan, akan timbul penyakit jantung maupun kolesterol.

 

5. Jus jeruk

 

sfidn-jus-jeruk

 

Dalam 226 gram jus jeruk mengandung vitamin D sekitar 100 IU. Akan tetapi, jika membeli jus jeruk kemasan, sebaiknya Anda perhatikan lebih detail kandungan vitamin D dalam jus jeruk tersebut.

 

6. Oatmeal

 

sfidn-oatmeal

 

Oatmeal instan diperkaya dengan vitamin D. Setengah cangkir atau sekitar 78 gram oatmeal mengandung sekitar 40-100 IU atau sekitar 17% dari kebutuhan harian tubuh. Meskipun mengandung vitamin D yang sedikit, oatmeal memiliki kandungan yang kaya nutrisi. 

Itulah enam makanan mengandung vitamin D yang baik untuk tubuh. Iringi konsumsi makanan kaya vitamin D dengan olahraga rutin agar mendapatkan manfaat yang maksimal. 


 
Tags:
#vitamin d  #makanan mengandung vitamin d 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article