6 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

sfidn.com - Bagi Anda yang gemar memasak makanan sehat pastinya tak asing lagi dengan cuka apel atau apple cider vinegar. Cara membuat cuka apel memang tak mudah, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Cuka apel diproduksi dari ekstrak apel yang telah melalui proses fermentasi. Sebelum memasuki tahap fermentasi, apel dilumatkan hingga mendapatkan ekstrak apel. Bakteri dan ragi ditambahkan dalam ekstrak apel untuk proses fermentasi. 

Proses panjang yang dilalui saat produksi cuka apel menyisakan kandungan asam asetat, asam gallic, dan katekin sehingga cuka apel bermanfaat sebagai antioksidan serta antibakteri. Tak hanya itu, nyatanya, ada beragam kandungan dalam cuka apel, seperti vitamin A, B1, B2, B6, C, E, kalsium, dan magnesium. 

Kandungan sehat tersebut membuat cuka apel bermanfaat bagi tubuh maupun kesehatan kulit. Berikut ini beberapa manfaat cuka apel yang telah SFIDN rangkum. 

 

6 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

 

1. Menurunkan berat badan

 

sfidn-cuka-apel-menurunkan-berat-badan

 

Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry (2009) menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi 1-2 sendok teh cuka apel dapat menurunkan berat badan sekitar 1,2-1,7kg berat tubuh. Cuka apel dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu menghilangkan timbunan lemak di perut. Selain dikonsumsi langsung, Anda juga dapat menambahkan cuka apel pada hidangan salad atau dicampurkan dalam air. 

 

2.Mengandung zat antioksidan

 

sfidn-cuka-apel-antioksidan

 

Cuka apel kaya akan senyawa bioaktif, seperti asam asetat, katekin, asam galat, dan asam asetat yang dapat menjadi zat antioksidan dalam tubuh. Penelitian dalam jurnal Food Chemistry (2017) menjelaskan bahwa cuka mengandung 5-6% asam asetat yang dapat menjadi antioksidan dalam tubuh. Zat antioksidan akan mencegah efek samping dari radikal bebas yang dapat merusak kesehatan tubuh maupun kulit.

 

3. Menurunkan kadar gula darah

 

sfidn-gula-darah

 

Kadar gula darah yang tinggi berisiko menyebabkan penyakit diabetes. Berdasarkan salah satu penelitian yang dimuat dalam International Journal of Health Sciences (2017), manfaat cuka apel adalah menstabilkan gula darah. Hal ini dapat membantu para penderita diabetes tipe 2. Untuk mengontrol gula darah dengan cuka apel, konsumsilah dua sendok teh cuka apel yang telah dilarutkan dengan air sebelum makan.

--- Related Article ---

4. Mengontrol insulin

 

sfidn-cuka-apel-mengontrol-insulin

 

Cuka apel dapat membantu penderita diabetes mengontrol kadar hormon insulin dalam tubuh. Cuka apel dapat mencegah penyakit diabetes tipe 2 dengan menghindari resistensi insulin. 

 

5. Menjaga kesehatan jantung

 

sfidn-cuka-apel-meningkatkan-kesehatan-jantung

 

Cuka apel yang dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan kadar lemak dalam darah (lipid). Menurunkan lipid dapat mencegah penyakit jantung.

 

6. Menyembuhkan diare

 

sfidn-cuka-apel-menyembuhkan-diare

 

Dilansir dari Medical News Today, sebuah penelitian membuktikan bahwa cuka apel memiliki kandungan antibiotik alami yang dapat menghancurkan bakteri E.coli dan Salmonella.

Itulah enam manfaat cuka apel yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Selain mengonsumsi cuka apel, pastikan Anda juga berolahraga teratur. 

 

Referensi 

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/323721
  • Kondo, Tomoo, dkk. (2009). “Acetic acid upregulates the expression of genes for fatty acid oxidation enzymes in the liver to suppress body fat accumulation”. Journal of Agricultural and Food Chemistry. 
  • Sami, Waqas, dkk. (2017). “Effect of diet on type 2 diabetes mellitus: A review”. International Journal of Health Science. 
  • Chin Wai Ho, dkk. (2016). “Varieties, production, composition and health benefits of vinegars: A review”. Food Chemistry.
Tags:
#cuka apel  #manfaat cuka apel  #cuka apel untuk kesehatan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail