sfidn - 6 Manfaat Teratas dari Mengonsumsi Suplemen Kolagen

6 Manfaat Teratas dari Mengonsumsi Suplemen Kolagen

sfidn.com – Mengonsumsi suplemen kolagen ternyata banyak manfaatnya bagi tubuh Anda. Salah satunya, memulihkan otot dengan cepat setelah berolahraga. 

Tidak seperti whey protein, kolagen sering luput dari perhatian kita. Padahal, kolagen adalah jenis protein yang manfaat sangat banyak, tidak hanya untuk kesehatan kulit saja tapi organ penting lainnya. 

Maka dari itu, mengonsumsi suplemen kolagen sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan protein dengan cepat. 

 

Baca Juga:

4 Olahraga yang Aman Dilakukan saat Haid

 

Makanan yang Mengandung Kolagen

Pada dasarnya, kita bisa menemukan banyak sumber kolagen dari makanan. Misalnya saja, sup tulang, kulit ayam, ikan salmon, daging sapi, dan lain-lain. 

Akan tetapi, jumlahnya mungkin terbatas sehingga Anda membutuhkan asupan kolagen yang lebih banyak melalui pengonsumsian suplemen.

Apa Itu Kolagen? 

Kolagen adalah jenis protein yang sangat umum ditemukan dalam tubuh manusia dan hewan. Ini adalah komponen utama dan paling penting dari jaringan ikat yang melibatkan struktur dan dukungan dalam tubuh. 

 

--- Related Article ---

 

4 Jenis Kolagen dalam Tubuh Manusia 

Lebih dari 28 jenis kolagen telah diidentifikasi  tetapi sebagian besar kolagen dalam tubuh manusia terdiri dari empat tipe utama, yakni kolagen tipe I, tipe II, tipe III, dan tipe IV. 

Kolagen Tipe I

Tipe ini adalah jenis kolagen yang paling melimpah dalam tubuh manusia untuk memberikan kekuatan dan struktur pada jaringan tulang, kulit, tendon, ligamen, dan banyak bagian tubuh lainnya. 

Kolagen Tipe II

Kolagen tipe II ditemukan di dalam tulang rawan. Ini memberikan kekuatan dan dukungan pada tulang rawan yang melapisi ujung tulang di sendi Anda. 

Selain itu, kolagen tipe II juga bisa Anda temukan di cakram intervertebralis, yakni bantalan yang berfungsi sebagai peredam kejut tulang belakang. 

Kolagen Tipe III

Kolagen tipe III ditemukan dalam kulit, pembuluh darah, dan organ internal seperti jantung, paru-paru, dan usus. Ini memberikan dukungan struktural dan elastisitas pada jaringan-jaringan tersebut. 

Kolagen Tipe IV

Kolagen tipe IV berperan dalam dukungan struktural dan fungsi filtrasi. Maka dari itu, kita bisa menemukan kolagen jenis ini pada membran basal yang membantu memisahkan lapisan-lapisan jaringan di dalam organ seperti kulit, ginjal, dan paru-paru. 

Selain itu, kolagen tipe IV terdapat pula di komponen tubuh lainnya, seperti  ginjal, telinga bagian dalam, dan lensa mata Anda. 

6 Manfaat Mengonsumsi Suplemen Kolagen

Saat ini, banyak orang yang mulai rajin untuk mengonsumsi suplemen kolagen terutama untuk meningkatkan kecantikan. 

Meski demikian, kepopulerannya mulai merambah di bidang kesehatan dan kebugaran karena memiliki manfaat yang menakjubkan, seperti: 

1. Manfaat Kolagen untuk Menyehatkan Kulit

Kolagen adalah komponen utama kulit yang memberikan kekuatan, elastisitas, dan kelembutan. Seiring pertambahan usia, produksi kolagen oleh tubuh cenderung menurun sehingga kulit menjadi kurang elastis, muncul kerutan, dan masalah lainnya. 

Mengonsumsi suplemen atau i makanan yang kaya kolagen dapat membantu meningkatkan kelembutan dan elastisitas kulit serta mengurangi tampilan kerutan.

2. Manfaat Kolagen untuk Menyehatkan Sendi

Kolagen adalah komponen utama dalam pembentukan tulang rawan yang melapisi ujung tulang di sendi Anda sehingga membantu menjaga kekuatan, fleksibilitas, dan integritas tulang rawan. 

Kurangnya kolagen dalam tubuh dapat menyebabkan masalah seperti osteoarthritis. Suplemen kolagen dapat memenuhi kebutuhan protein Anda. 

3. Manfaat Kolagen untuk Mempercepat Pembekuan Darah

Dengan rajin mengonsumsi suplemen kolagen maka akan memicu pengaktifan trombosit untuk membentuk gumpalan darah guna menghentikan pendarahan saat terjadi cedera pada pembuluh darah. 

 

Baca Juga: 

Badan Terasa Gatal setelah Olahraga Mungkin Ini Penyebabnya

 

4. Manfaat Kolagen untuk Mencegah Tulang Keropos

Meskipun kolagen sendiri tidak langsung mencegah tulang keropos namun kolagen berperan dalam memberikan kerangka untuk mineralisasi tulang. 

Kekuatan kolagen memungkinkan penempatan mineral seperti kalsium dan fosfor pada tulang yang mendukung kepadatan dan mencegah kerapuhan tulang. 

5. Manfaat Kolagen untuk Meningkatkan Massa Otot

Kolagen mengandung protein, yakni asam amino yang penting untuk pembentukan jaringan otot. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen kolagen dapat berkontribusi pada peningkatan massa otot terutama ketika dikombinasikan dengan latihan fisik yang sesuai.

6. Manfaat Kolagen untuk Menjaga Kesehatan Jantung 

Beberapa penelitian awal mengindikasikan bahwa konsumsi kolagen dapat memiliki efek positif pada kesehatan jantung. 

Ini mungkin terkait dengan kemampuan kolagen untuk mendukung elastisitas pembuluh darah dan memberikan dukungan struktural pada jantung. Meski begitu, masih perlu penelitian lebih lanjut. 

 

Jangan ragu untuk mengonsumsi suplemen kolagen secara rutin demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Terlebih lagi, jika Anda aktif beraktivitas dan melakukan olahraga berat. ***

 

Referensi: 
www.healthline.com 
my.clevelandclinic.org 


 
Tags:
#suplemen 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article