sfidn - 7 Cara Membakar Lemak Perut yang Mudah Dilakukan

7 Cara Membakar Lemak Perut yang Mudah Dilakukan

sfidn.com - Lemak perut atau dikenal pula dengan lemak visceral adalah jenis lemak yang mengelilingi organ perut. Dilansir dari WebMD, lemak visceral dapat membantu melepaskan hormon yang bisa menyebabkan penyakit diabetes tipe 2, gangguan jantung, stroke, dan kanker. Hal itu membuat lemak perut disebut pula dengan lemak aktif karena berperan dalam produksi hormon.

Lemak perut yang menumpuk kadang kala dapat menurunkan rasa percaya diri. Untuk menghilangkan lemak perut, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Berikut cara membakar lemak perut yang dapat dilakukan dengan mudah. 

 

7 Cara Membakar Lemak Perut 

 

1. Konsumsi lebih banyak protein

sfidn-makanan-mengecilkan-lemak

Sekitar 25-30% kalori dalam setiap gram protein dicerna dan dibakar dalam tubuh untuk dijadikan energi. Fungsi utama protein adalah membentuk sel dan jaringan tubuh. Selain itu, protein juga dapat membantu meningkatkan proses metabolisme sehingga membantu proses pembakaran lemak.

Protein adalah nutrisi yang harus melalui beberapa proses dan tahapan agar dapat dicerna tubuh dengan sempurna. Durasi waktu penyerapan yang lebih lama membuat protein dapat membuat tubuh menimbulkan efek kenyang yang lebih lama. 

 

2. Kurangi karbohidrat

sfidn-karbohidrat

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa pria yang mengurangi asupan karbohidrat menjadi 8% dari kalori harian akan menghilangkan 3 kg lemak dan mendapatkan 1 kg otot dalam enam minggu.

Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa memangkas konsumsi karbohidrat efektif membantu menghancurkan lemak di antara organ-organ perut dan hati. Usahakan membatasi karbohidrat olahan, seperti gula, tepung, dan roti putih. 

 

3. Konsumsi makanan tinggi serat

sfidn-makanan-tinggi-serat

Makanan tinggi serat, seperti kacang-kacangan, mengandung 8 gram serat per ½ cangkir. Makanan tinggi serat juga dapat dijadikan asupan yang baik dan sehat untuk tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang menambahkan 12 gram serat dalam diet dapat membakar seperempat inci lemak perut tanpa merusak atau mengubah pola diet. Anda dapat mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti chia, oatmeal, dan alpukat. 

--- Related Article ---

4. Hindari minuman manis

sfidn-minuman-manis

Cara membakar lemak perut yang mudah dilakukan berikutnya adalah menghindari minuman manis. Maraknya minuman manis, seperti boba atau kopi membuat Anda menumpuk gula berlebihan dan menjadi salah satu penyebab meningkatkan timbunan lemak dalam perut. Karena itu, sebaiknya Anda batasi konsumsi gula, termasuk minuman dengan pemanis tambahan. Selain boba, Anda juga bisa menghindari es buah maupun minuman olahraga dengan gula tambahan. 

 

5. Lakukan olahraga kardio

 

Salah satu cara membakar lemak perut adalah dengan melakukan olahraga kardio. Ada beberapa jenis olahraga kardio yang bisa Anda lakukan, misalnya lari atau jogging. Lari adalah latihan kardio yang bagus untuk membakar lemak tubuh, terutama membakar lemak perut. Secara umum, jogging dapat membakar sekitar 100 kalori dalam setiap 1,6 kilometer. 

 

6. Kurangi stres

 

Dilansir dari Healthline, stres dapat memicu kelenjar adrenal memproduksi kortisol. Tingkat kortisol yang tinggi dapat meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut. Mengurangi stres harus dilakukan terutama oleh wanita yang memiliki pinggang besar. Peningkatan kortisol akan menambahkan lemak di rongga-rongga pinggang. Anda bisa melakukan olahraga yoga atau meditasi untuk membakar lemak perut. 

 

7. Istirahat yang cukup 

 

Istirahat yang cukup penting untuk membakar lemak perut. Sebuah studi yang dilakukan pada wanita yang tidur kurang dari lima jam secara signifikan mengalami kenaikan berat badan dibandingkan subjek penelitian yang tidur lebih dari tujuh jam per malam. Selain durasi tidur yang lama, pastikan pula tidur Anda berkualitas.

Itulah tujuh cara membakar lemak perut yang mudah dilakukan. Selain tujuh cara di atas, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan dengan serat yang tinggi. 


 
Tags:
#lemak perut  #cara membakar lemak perut 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article