7 Cara Mengatasi Stress Eating selama Pandemi COVID-19

sfidn.com - Situasi pandemi COVID-19 tak jarang menimbulkan stres dan rasa jenuh. Hal tersebut dapat menyebabkan emotional eating atau stress eating. Menemukan kenyamanan dalam mengonsumsi makanan adalah hal yang normal. Namun, emotional eating akan berdampak buruk jika dilakukan terus menerus.

Orang yang mengalami stress eating akan mengonsumsi makanan beberapa kali dalam sehari untuk menekan dan menenangkan perasaan negatif. Hal ini berakibat buruk terhadap peningkatan berat badan. Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara mengatasi stress eating selama pandemi COVID-19.

 

Perbedaan Emotional Hunger dan Physical Hunger 

 

Sebelum Anda mengontrol diri dari siklus stress eating, terlebih dahulu Anda harus mempelajari cara membedakan antara rasa lapar emosional dan fisik. Berikut ini beberapa perbedaannya. 

 

 Physical hunger Emotional hunger
 Meningkat seiring waktu  Datang secara tiba-tiba
 Anda ingin mengonsumsi apa saja  Anda ingin mengonsumsi sebuah makanan
 Anda akan berhenti mengonsumsi makanan ketika kenyang  Anda cenderung tidak mudah merasa kenyang
 Anda tidak malu saat mengonsumsi makanan  Anda merasa bersalah atau malu saat mengonsumsi makanan

7 Cara Mengatasi Stress Eating di Tengah Pandemi COVID-19

 

1. Ketahui pemicunya

 

sfidn-pemicu-stress-eating

 

Sebelum masuk ke dalam siklus stress eating, Anda perlu mengetahui penyebabnya. Ada beberapa penyebab stress eating yang umumnya dirasakan seseorang, di antaranya adalah bosan, jenuh, dan sedih. Untuk mengetahui pemicunya, Anda dapat memberi jeda saat merasakan lapar dan waktu konsumsi makanan. Lakukan evaluasi terhadap apa yang sedang Anda rasakan sebelum mengonsumsi makanan. 

 

2. Hindari camilan tak sehat 

 

sfidn-hindari-camilan-tak-sehat-stress-eating

 

Jika stress eating telah menjadi kebiasaan Anda, hindari mengonsumsi camilan tak sehat. Anda dapat menyiapkan stok camilan sehat, seperti buah atau makanan rendah kalori untuk mendapatkan nutrisi yang baik. Mengonsumsi camilan sehat memungkinkan Anda lebih memahami dan mengenali rasa lapar yang dirasakan. Jadi, Anda dapat lebih mudah membedakan physical hunger dan emotional hunger. 

 

3. Atur jadwal makan

 

sfidn-atur-jadwal-makan

 

Mencatat jenis makanan dan waktu mengonsumsi makanan dapat membantu Anda mengidentifikasi pemicu stress eating. Anda dapat mencatata jadwal tersebut dengan buku catatan atau dalam notes handphone. Cobalah memasukkan semua yang Anda makan, baik dalam jumlah besar maupun kecil. Hal ini juga berguna saat Anda mulai mencari bantuan medis. 

--- Related Article ---

4. Minum air mineral yang cukup

 

sfidn-minum-air-mineral

 

Dehidrasi dapat menjadi salah satu penyebab stress eating. Pastikan kebutuhan air dalam tubuh Anda tercukupi. Berdasarkan beberapa studi, ada korelasi antara dehidrasi berat dan risiko obesitas. Air mineral juga dapat meningkatkan mood, energi, dan memperbaiki pola makanan. Selain air mineral, Anda juga bisa menambahkan potongan buah segar untuk dijadikan infused water. Pastikan untuk tidak menambahkan pemanis. 

 

5. Tetap aktif beraktivitas

 

sfidn-aktif-beraktivitas

 

Sebagian orang merasa puas dengan melakukan olahraga secara teratur. Anda bisa melakukan beberapa olahraga ringan, seperti workout dengan alat-alat olahraga di rumah untuk meredakan stress eating. Selain itu, yoga juga bisa Anda pilih untuk mencegah dan meredakan emosi yang kurang stabil. 

 

6. Meditasi

 

sfidn-meditasi

 

Ada beberapa studi yang mendukung meditasi untuk mencegah gangguan makan berlebihan dan stress eating. Menarik napas saat meditasi akan membuat Anda fokus dan mencegah stres. Dengan demikian, meditasi dapat menenangkan pikiran Anda. 

 

7. Cari cara lain untuk mengatasi stres

 

sfidn-cara-lain-atasi-stress

 

Menemukan cara lain untuk mengatasi emosi negatif adalah langkah pertama untuk mengatasi stress eating selama pandemi COVID-19. Ada beberapa cara lain untuk mengatasi stres, misalnya membaca buku, mengubah pola pikir menjadi lebih positif, dan menonton film favorit.


Itulah tujuh cara mengatasi stress eating selama pandemi COVID-19. Pastikan Anda mengetahui penyebab stres dan cara mengatasinya.

Tags:
#stress eating  #emotional eating 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail