sfidn - 7 Cara Mudah dan Alami dalam Meningkatkan Testosteron

7 Cara Mudah dan Alami dalam Meningkatkan Testosteron

sfidn.com – Bagi pria, hormon testosteron adalah hormon yang sangat penting di dalam tubuh. Dalam dunia kebugaran, hormon ini berperan penting dalam membentuk dan memperbesar massa otot, serta membakar lemak. Dalam hal lain, hormon testosteron berperan penting dalam memperbaiki suasana hati atau mood, meningkatkan kualitas tidur, libido pria, serta kualitas hidupnya. Namun, di usia 30 tahun lebih hormon ini akan turun seacara drastis. Umumnya, hal tersebut terjadi karena kurangnya kegiatan olahraga. Penurunan produksi hormon testosteron ini sangat erat kaitannya dengan peningkatan risiko penyakit berbahaya, seperti diabetes level 2, osteoporosis, obesitas, gangguan sexual, dll. Tapi tenang saja, karena ada banyak cara alami dalam meningkatkan hormon testosterone tanpa harus mengonsumsi berbagai obat-obatan berbahaya. Bagaimana caranya? Baca terus artikel ini hingga selesai.

 

1. Konsumsi Lemak Baik

Beberapa studi telah menjelaskan secara lengkap dan jelas bahwa lemak tak jenuh atau lemak baik berperan penting dalam meningkatkan hormon testosteron secara alami di dalam tubuh. Jenis lemak ini bisa kita dapatkan secara mudah dari berbagai makanan sehari-hari, seperti olive oil, daging sapi, almond, kacang-kacangan, keju, cokelat hitam, dan lain-lain.

 

2. Jangan Takut Mengonsumsi Kolesterol

Testoseron bisa di produksi dari kolesterol, sehingga Anda justru harus mengonsumsi kolesterol pada tiap menu makan Anda. namun yang perlu di ingat disini adalah bahwa Anda harus mengonsumsi kolesterol baik atau HDL dan tetap tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa sumber makanan alami yang memiliki kandungan kolesterol baik adalah daging sapi tanpa lemak, telur, coklat hitam, keju, dll.

 

3. Mengonsumsi Makanan Alami Peningkat Hormon Testosterone

Terdapat beberapa makanan alami lain yang mampu meningkatkan kadar hormon testosterone di dalam tubuh kita, seperti, biji labu, udang, kerang, kelapa, kacang almond, buah strawberry dan lain-lain. Beberapa makanan tersebut akan mampu meningkatkan kandungan hormon testosterone di dalam tubuh secara alami karena adanya kandungan zinc di dalamnya.

 

4. Melakukan latihan Fitness dengan Gerakan Compound dan Isolation

Untuk bisa merangsang pembentukkan otot, usahakanlah untuk bisa melakukan latihan fitness dengan menggabungkan gerakan compound dan isolation. Hormon testosteron akan semakin banyak di keluarkan oleh tubuh saat otot mulai semakin stress karena mengangkat beban. Cobalah untuk mengangkat beban yang tepat hingga Anda bisa melakukan 10 repitisi secara maksimal. Beberapa gerakan latihan yang tepat untuk meningkatkan hormon testosteron secara alami adalah gerakan squat, leg press, bench press, dan deadlift.

 

5. Hindari Berlatih dengan Durasi yang Sangat Panjang

Kenapa hal ini dilarang, karena berlatih dengan durasi yang sangat panjang atau sangat lama bisa merangsang keluarnya hormon kortisol sehingga hormon testosterone Anda akan berkurang secara drastis. Selain itu, berlatih dengan durasi yang panjang juga akan memicu terjadinya overtraining karena bekerja terlalu keras dan terjadi efek katabolik atau penyusutan otot. Untuk itu, waktu latihan yang disarankan adalah 60 menit, cara menyiasatinya adalah dengan memperpendek waktu istirahat antar set guna memaksimalkan waktu dan terjadinya pengeluaran hormon testosteron di dalam tubuh.

 

6. Maksimalkan Kualitas Tidur Anda

Baiknya kualitas tidur akan membantu tubuh Anda dalam mempercepat masa pemulihan karena latihan keras dan membantu tubuh dalam melepas hormon testosteron secara alami guna meningkatkan proses peningkatan massa otot Anda. Para peneliti mengatakan bahwa mereka yang tidur selama 7-9 jam saat malam hari mampu mengalami peningkatan produksi hormon testosteron yang lebih baik pada pagi harinya.

 

--- Related Article ---

 

7. Melakukan Program Latihan Berintensitas Tinggi

Latihan yang dilakukan dengan intensitas tinggi ternyata sangat efektif dalam mengeluarkan hormon testosteron di dalam tubuh Anda. Beberapa jenis program latihan yang bisa Anda coba adalah latihan drop set dan juga latihan superset. Program latihan tersebut akan sangat efektif dalam meningkatkan tenaga dan juga hormon testosteron Anda secara maksimal.

 

Itulah ke-7 cara termudah dalam meningkatkan hormon testosteron secara alami untuk tubuh Anda. Jika ke-7 cara di atas bisa Anda ikuti secara menyeluruh, maka hormon testosteron Anda sudah pasti akan meningkat secara maksimal dan bentuk tubuh yang Anda inginkan pun akan tercapai.


 
Tags:
#testosteron 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article