sfidn - 7 Fungsi Protein Untuk Tingkatkan Kekebalan dan Struktur Tubuh

7 Fungsi Protein Untuk Tingkatkan Kekebalan dan Struktur Tubuh

sfidn.com – Protein adalah satu dari 3 zat gizi makro yang sangat penting untuk tubuh, setelah karbohidrat dan lemak. Maktronutrisi ini selalu disarankan dalam seluruh program menu diet.

 

Guna memaksimalkan seluruh fungsi organ tubuh, maka asupan protein Anda haruslah terpenuhi. Kebutuhan asupan protein pada setiap individu tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti berat badan dan jenis kelamin. Jumlah kebutuhan protein akan setiap individu ini sudah pernah kami bahas pada artikel lainnya mengenai protein, Anda tinggal mencarinya pada kolom pencarian atau Anda bisa juga menggunakan kalkulator zat gizi yang disediakan oleh berbagai sumber yang sudah terpercaya.

 

Terdapat banyak sekali makanan yang bisa dijadikan sumber protein, seperti telur, daging sapi, dada ayam, daging ikan, udang, susu, oatmeal, dll. Selain itu, terdapat juga protein nabati seperti yang terdapat pada sayur brokoli, bayam, dan asparagus. Salain mampu dijadikan zat gizi, protein juga mampu menyuplai energi bagi tubuh, bahkan protein pun mampu memberikan pengaruh pada sistem hormon dan enzim tubuh manusia. Lantas, apalagi fungsi kesehatan dari protein di dalam tubuh? Ini ulasannya:

 

1. Membangun dan Memelihara Jaringan Tubuh

Fungsi protein dalam hal membangun dan memelihara jaringan tubuh tentu sudah sama-sama kita ketahui, bahkan pengetahuan ini sudah kita pelajari sejak bangku sekolah dulu. Banyaknya protien yang mampu diserap oleh tubuh guna memilihara jaringan sangat bergantung pada kondisi kesehatan tubuh Anda. Sebut saja, untuk mereka yang sedang menjalani masa pemulihan pasca operasi maupun kecelakaan, asupan protein yang mereka butuhkan tentu jauh lebih tinggi daripada orang biasa pada umumnya. Jumlah protein yang lebih besar juga dibutuhkan pada mereka yang sedang sakit, ibu hamil dan menyusui, serta para atlet atau mereka yang ingin meningkatkan massa otot.

 

2. Meningkatkan Reaksi Kimia dalam Tubuh

Tubuh manusia memerlukan enzim yang cukup, enzim tersebut terdiri dari protein yang berguna untuk mempercepat beragam reaksi biokimia yang berlangsung di dalam tubuh. Fungsi protein ini akan bisa diaplikasikan oleh gabungan molekul yang terdapat pada sel yang seringkali disebut dengan substrat. Lebih dari itu, ada juga beberapa enzim yang bersinergi dengan vitamin dan mineral. Beberapa organ tubuh yang sangat bergantung dengan enzim adalah sistem produksi energi, pencernaan, kontraksi otot, dan juga pembekuan darah.

 

3. Interaksi Antar Organ Tubuh

Protein juga berperan penting dalam hal hormon tubuh. Hormon berfungsi sebagai pemberi sinyal antar sel, jaringan dan juga organ tubuh. Hormon dibuat dan di distribusikan oleh kelenjar endokrin, untuk kemudian dibawa ke organ atau jaringan yang memang sedang dibutuhkan melalui aliran darah tubuh.

 

Hormon di kategorikan menjadi tiga, yaitu protein atau peptida, steroid, dan beberapa turunan asam amino. Hormon proein ataupun peptida ini membentuk hampir sebagian besar hormon yang terdapat di dalam tubuh. Seperti insulin yang berperan dalam penyerapan glukosa, glukagon guna memecah glukosa di dalam organ hati, sampai human growth hormone (HGH) guna membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

 

4. Menjaga Struktur Tubuh

Beberapa bentuk protein juga mampu membantu sel dan jaringan tubuh agar bisa tetap kuat. Beberapa bentuk protein yang memiliki peranan penting dalam menjaga struktur tubuh itu adalah keratin, kolagen, serta elasin. Bentuk protein itu mampu membantu membentuk kerangka tertentu yang kompleks, hingga bisa saling berkaitan. Protein keratin bisa kita temukan pada kulit, kuku, dan juga rambut. Sedangkan protein kolagen adalah bentuk protein yang paling banyak ditemukan dalam tubuh, serta mendukung berbagai kesehatan struktur tulang, otot tendon, ligamen, dan kulit manusia. Di sisi lain, otot elastin bisa kita temukan pada rahim, paru-paru, serta pembuluh darah.

 

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Protein pun berperan penting dalam hal pembentukan imunoglobulin atau yang biasa kita sebut dengan antibodi guna melawan adanya infeksi. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, maka tubuh kita akan terlindungi dari beragam bakteri ataupun virus tertentu. Saat tubuh kita mampu menghasilkan sistem kekebalan tubuh atau antibodi yang sangat kuat untuk melawan virus dan bakteri, maka sel tubuh akan mampu bereaksi dengan cepat saat bakteri atau virus tersebut kembali menyerang. Kenapa? Karena tubuh kita memiliki suatu kekebalan pada penyakit yang sudah pernah menyerang sebelumnya.

 

6. Menyimpan dan Mengangkut zat gizi

Sangat penting untuk Anda ketahui bahwasanya berbagai zat gisi yang Anda konsumsi akan di distribusikan oleh protein pengangkut ke berbagai sel tubuh dengan cara mengalirkannya ke aliran darah. Zat gizi tersebut terdiri dari vitamin, mineral, kolesterol, gula darah, sampai dengan oksigen.

 

Jenis protein pengangkut yang mungkin sudah tidak asing bagi Anda adalah hemoglobin yang berperan dalam membawa oksigen dari paru-paru ke berbagai jaringan tubuh yang lainnya. Selain itu, ada pula glucose transporters (GLUT) yang berperan dalam mendistribusikan glukosa ke dalam sel tubuh. Berbagai protein pengangkut ini akan bekerja membawa zat gizi yang mana sudah memang menjadi tugas mereka. Selai itu, ada pula bentuk protein yang bertugas dalam menyimpan zat gizi, seperti ferritin yang bertugas dalam menyimpan zat besi.

 

--- Related Article ---

 

7. Mempertahankan Keseimbangan Asam dan Basa di Tubuh

Beragam larutan alami yang ada di dalam tubuh memiliki tingkat keasaman tertentu. Pada umumnya, tingkat keasaman akan dihitung menggunakan skala pH yang berkisar di antara 0-14. Semakin kecil nilai pH, maka akan semakin asam larutan di dalamnya. Misalnya, skala pH normal yang dimiliki asam lambung adalah 2. Disisi lain, skala pH normal yang ada pada darah adalah 7,4. Adanya perubahan skala pH yang ada pada tubuh adalah hal yang fatal, walaupun perubahan itu sangat kecil. Nah, salah satu tugas dari protein adalah mengatur dan menjaga tingkat keasaman yang dimiliki oleh tubuh. Seperti contohnya, hemoglobin dalam aliran darah yang juga berperan dalam mengikat tingkat keasaman dalam porsi yang kecil, sehingga mampu menjaga kestabilan angka pH di dalam darah.

 

Itulah ke-7 fungsi protein yang penting untuk meningkakan kekebalan dan struktur tubuh manusia. Akan lebih baik lagi jika sumber protein yang Anda konsumsi adalah jenis whey protein. Kenapa? Karena whey protein adalah sumber protein yang mudah diserap oleh tubuh sehingga ke-7 fungsi diatas akan dengan sangat mudah bisa Anda rasakan. Terimakasih, semoga bermanfaat.


 
Tags:
#protein  #Sistem Imun Tubuh  #Kekebalan Tubuh 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article