sfidn - 7 Makanan Terbaik yang Wajib Dicoba untuk Atasi Hipertensi

7 Makanan Terbaik yang Wajib Dicoba untuk Atasi Hipertensi

sfidn.com - Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah faktor risiko paling umum yang dapat membantu mencegah penyakit kronis, seperti jantung.

Berdasarkan penelitian berjudul Essential Hypertension (2020), sekitar lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia memiliki tekanan darah tinggi. Tekanan darah terdiri atas sistolik dan diastolik. Sistolik adalah tekanan darah saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sementara itu, diastolik adalah tekanan saat otot jantung relaksasi dan menerima darah dari seluruh tubuh. Pada penderita darah tinggi, tekanan darah sistolik dan diastolik berada di angkat 130/80 mmHG.

Untuk menstabilkan tekanan darah, biasanya penderita hipertensi mengonsumsi obat rutin dan mengubah pola makan dengan konsumsi buah-buahan atau sayuran sehat. Hal itu bertujuan agar darah tinggi tidak menimbulkan efek samping penyakit kronis lainnya, seperti jantung.

Pola hidup sehat bagi penderita darah tinggi dapat dimulai dari makanan sehat. Berikut ini beberapa makanan untuk penderita hipertensi. 

 

7 Makanan untuk Penderita Hipertensi

 

1. Salmon

sfidn-salmon-atasi-hipertensi

Salmon adalah salah satu ikan berlemak yang mengandung omega-3. Ada beragam manfaat salmon untuk kesehatan jantung. Lemak dalam ikan salmon dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan kadar senyawa penyempit pembuluh darah yang disebut dengan oxylipins.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 2.036 subjek penelitian, asupan omega-3 dalam salmon dapat menurunkan risiko hipertensi. 

 

2. Pistachio

sfidn-pistachio-hipertensi

Pistachio adalah biji-bijian yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Pistachio mengandung sejumlah nutrisi penting untuk kesehatan jantung. Pistachio mengandung 90% lemak sehat. Sebuah studi menemukan bahwa pistachio bermanfaat dalam menurunkan kadar sistolik dan diastolik tekanan darah. 

 

3. Wortel

wortel-atasi-hipertensi

Wortel adalah sayuran pokok dalam makanan. Wortel mengandung senyawa fenolik tinggi, seperti asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic, yang membantu merelaksasikan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Karena itu, wortel dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Wortel bisa dinikmati dengan cara dimasak atau dikonsumsi mentah. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan sekitar 2.195 orang usia 40-59 tahun, wortel secara signifikan terbukti mampu menurunkan tekanan darah. 

--- Related Article ---

4. Tomat 

sfidn-tomat-atasi-hipertensi

Tomat kaya akan banyak nutrisi, seperti potasium dan pigmen likopen karotenoid. Likopen secara signifikan dikaitkan dapat meningkatkan kesehatan jantung. Nutrisi yang terkandung dalam tomat juga dapat mengurangi risiko hipertensi.

 

5. Brokoli

sfidn-brokoli-atasi-hipertensi

Makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi selanjutnya adalah brokoli. Sayuran ini dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Brokoli yang dikonsumsi sekitar empat porsi per minggu juga telah diyakini dapat mengurangi risiko hipertensi. 

 

6. Biji chia

sfidn-biji-chia-hipertensi

Chia mengandung nutrisi yang dapat membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam chia,di antaranya adalah kalium, magnesium, dan serat. Dalam sebuah studi, telah terbukti bahwa biji chia yang dikonsumsi selama 12 minggu dapat menurunkan kadar tekanan darah. 

 

7. Bayam

sfidn-bayam-atasi-hipertensi

Makanan untuk penderita hipertensi selanjutnya adalah bayam. Sayuran ini mengandung nitrat dan kaya akan zat antioksidan, kalium, kalsium, dan magnesium. Karena itu, jenis sayuran ini baik untuk penderita darah tinggi. Anda bisa mengonsumsi bayam dengan cara direbus atau dikukus dalam waktu yang singkat.

Itulah tujuh makanan terbaik yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi hipertensi. Selain menciptakan pola makan yang sehat, pastikan Anda berolahraga sesuai anjuran dari dokter spesialis.


 
Tags:
#hipertensi  #hipertensi adalah  #makanan hipertensi 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article