sfidn - 7 Manfaat Cokelat Hitam untuk Tubuh

7 Manfaat Cokelat Hitam untuk Tubuh

sfidn.com - Mengonsumsi cokelat hitam tentu lebih sehat daripada cokelat putih dan cokelat susu. Satu ons cokelat hitam penuh dengan antioksidan, flavonoid, vitamin, dan nutrisi lainnya. Secara ilmiah, cokelat hitam dapat menjaga otak tetap tajam, menjaga jantung, dan melindungi kulit dari sinar matahari berbahaya.

Berikut beberapa manfaat cokelat hitam untuk tubuh. 

 

7 Manfaat Cokelat Hitam untuk Tubuh

 

1. Indeks massa tubuh jadi lebih rendah

sfidn-seimbangkan-massa-tubuh

Konsumsi cokelat hitam dalam jumlah kecil yang sering dikaitkan dengan body mass index (BMI) yang lebih rendah. Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Internal Medicine, korelasi antara konsumsi cokelat dan BMI yang rendah dijunjung tinggi. Usia rata-rata subjek adalah 57, di mana 68 persen adalah laki-laki, dengan BMI 28 yang makan cokelat hitam dua kali per minggu dan berolahraga sekitar 3,5 kali per minggu.

 

2. Meningkatkan fungsi otak 

sfidn-meningkatkan-fungsi-otak

Konsumsi cokelat hitam dapat membuat Anda memberikan dorongan jangka pendek pada otak dan meningkatkan kewaspadaan selama dua hingga tiga jam. Dengan kata lain, cokelat dapat meningkatkan fokus otak Anda. Salah satu komponen utama cokelat hitam, yaitu flavonoid dapat melebarkan pembuluh darah dan membuat banyak oksigen dan darah mencapai area utama otak yang membantu Anda melawan kelelahan dan efek penuaan. 

 

3. Meningkatkan penglihatan 

sfidn-fungsi-mata

Cokelat hitam juga dapat meningkatkan penglihatan Anda. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physiology & Behavior, konsumsi cokelat hitam dengan kandungan 720mg flavonoid dapat meningkatkan kinerja visual, seperti mendeteksi gerakan dan membaca huruf kontras kemungkinan karena peningkatan aliran darah ke retina dan otak. 

--- Related Article ---

4. Meringankan inflamasi 

sfidn-inflamasi

Cokelat hitam yang telah difermentasi dalam tubuh menjadi senyawa anti-inflamasi yang baik untuk jantung. Menurut penelitian American Chemical Society 2014, antioksidan dan serat yang ada dalam bubuk kakao tidak sepenuhnya dicerna hingga ke usus besar. Oleh karena itu, cokelat hitam dapat meringankan peradangan dalam jaringan kardiovaskular dan mengurangi risiko stroke jangka panjang. 

 

5. Menjaga kesehatan kulit

sfidn-kesehatan-kulit

Cokelat hitam dapat dikonsumsi setiap hari untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya. Namun, pastikan cokelat hitam yang Anda konsumsi mengandung kadar flavonoid yang tinggi. 

 

6. Menstabilkan tekanan darah 

sfidn-tekanan-darah

Jika tekanan darah Anda sedikit meningkat, makan cokelat hitam sehari dapat meningkatkan aliran darah. Hal itu membuat tekanan darah menurun. Polifenol kakao membantu menurunkan prevalensi hipertensi dari 86% menjadi 68% pada peserta penelitian yang mengonsumsi sekitar 6 gram cokelat hitam. 

 

7. Meningkatkan kolesterol baik (HDL)

sfidn-kolesterol

Berdasarkan penelitian American Journal of Clinical Nutrition, polifenol dalam bubuk kakao dan cokelat hitam dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kapasitas antioksidan dari kolesterol baik (HDL).

Itulah tujuh manfaat dark chocolate untuk tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi berlebihan dan tetap rutin berolahraga.


 
Tags:
#cokelat  #manfaat cokelat 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article