sfidn - 7 Manfaat Latihan Kettlebell untuk Pemula

7 Manfaat Latihan Kettlebell untuk Pemula

sfidn.com - Kettlebell adalah salah satu alat fitness yang memiliki beragam manfaat. Alat beban ini dapat dilakukan untuk latihan crossfit. Selain membuat tubuh sehat, kettlebell juga akan membantu Anda tetap bugar. Alat fitness yang berasal dari Rusia ini juga mudah digunakan. Hal itu membuat kettlebell cocok dijadikan latihan angkat beban untuk pemula. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda pengguna kettlebell pemula. Misalnya, perhatikan ukuran beban, jarak antarpegangan dan beban, hingga gerakan yang dilakukan. Sebelum memilih kettlebell sebagai alat latihan beban, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa manfaatnya. Berikut 7 manfaat kettlebell bagi pemula. 

Manfaat Kettlebell yang Harus Anda Ketahui 

sfidn-manfaat-kettlebell

1. Meningkatkan kekuatan dan stabilitas inti

Kettlebell sering dijadikan salah satu latihan balistik atau latihan yang membantu degenerasi sendi dan membuat otot rileks. Gerakan ini dapat mengaktifkan otot perut. Hal itu membuat otot inti menjadi lebih kuat dan stabil. Tak hanya itu, kettlebell juga merupakan latihan multiplanar (gabungan) sehingga Anda bisa melatih otot inti dari berbagai arah. Beberapa gerakan kettlebell juga dapat melatih kestabilan. Sebagian latihan kettlebell bersifat unilateral karena hanya menggunakan satu kettlebell

2. Membangun otot 

Latihan kettlebell tidak akan membangun massa otot yang besar seperti latihan barbel. Kettlebell membangun dan meningkatkan jumlah jaringan otot tanpa lemak. Anda akan melihat bahwa orang yang melakukan latihan kettlebell dengan intensitas tinggi memiliki massa otot tanpa lemak. Jadi, bentuk otot yang dimiliki para pelatih kettlebell tentu berbeda dengan pengguna barbel maupun dumbel. 

3. Meningkatkan range of motion (ROM)

Kettlebell bukanlah latihan yang berfokus pada isolasi otot atau hanya bertujuan membentuk satu otot saja. Pola gerakan kettlebell mengharuskan Anda bergerak dengan beragam gerakan. Secara alami, Anda akan meningkatkan mobilitas dengan meningkatkan gerakan secara perlahan. Dengan demikian, fleksibilitas meningkat dan persendian menjadi lebih stabil serta kuat.

4. Menurunkan berat badan

Kettlebell dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Dengan gerakan kettlebell swing, Anda bisa membakar lemak dengan maksimal. Berdasarkan informasi dari penelitian University of Winconsin, kettlebell swing juga dapat mengaktifkan dan menguatkan otot-otot paha depan dan sekitar glutes. 

--- Related Article ---

5. Meminimalisir terjadinya cedera otot atau sendi

Salah satu fungsi kettlebell adalah mencegah dan meminimalisir terjadinya cedera otot atau sendi. Lain halnya dengan latihan angkat beban lainnya, kettlebell memiliki bentuk yang kecil dan fleksibel dengan beragam ukuran. Hal itu tentunya akan membuat penggunanya nyaman dan terhindar dari cedera saat latihan. 

6. Dapat mengkombinasikan beberapa latihan

Kettlebell dapat dikombinasikan dengan beberapa olahraga. Misalnya, push-up dan squat. Jadi, kettlebell dapat dipadukan dengan beragam gerakan kardio dalam satu sesi latihan. 

7. Menghemat tempat dan waktu

Biasanya, waktu menjadi hambatan yang paling sering dihadapi saat ingin berolahraga. Namun, dengan kettlebell semua itu teratasi. Salah satu manfaat kettlebell adalah membakar kalori dalam waktu yang singkat. Kalori dapat terbakar hanya dengan 15 menit latihan setiap harinya. Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan latihan di mana pun karena kettlebell adalah alat beban yang fleksibel. 

Itulah 7 manfaat kettlebell bagi pemula. Sebelum memilih dan membeli kettlebell sebagai alat olahraga, sebaiknya Anda mengetahui manfaat hingga tujuan latihan. 


 
Tags:
#Alat Fitness  #alat gym  #kettlebell  #fungsi kettlebell  #manfaat kettlebell 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article