7 Manfaat Minum Teh Setiap Hari untuk Kesehatan

sfidn.com - Teh adalah salah satu minuman yang sangat digemari oleh hampir seluruh masyarakat di dunia. Biasanya, orang minum teh di pagi hari sebelum mulai beraktivitas atau sore hari saat bersantai. Banyak pula orang minum minuman tanpa kalori ini sebagai bagian dari diet rendah kalori. 

Seperti kopi, teh juga terkenal dengan kandungan kafeinnya. Jumlah kafein dalam teh bervariasi tergantung pada jenis teh yang Anda minum. Namun, secara umum tingkat kafein dalam teh jauh lebih sedikit daripada kopi. Satu cangkir kopi hitam (8 ons) mengandung 96 mg kafein. Dengan jumlah yang sama, minuman teh hitam mengandung 47 mg kafein dan teh hijau mengandung 28 mg kafein. 

Teh juga mengandung senyawa aktif seperti katekin, polifenol, dan flavonoid, serta mineral seperti kalium, magnesium, seng, dan kalsium. Dengan kandungan gizi ini, menjadikan teh bukanlah sekadar minuman biasa, melainkan menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Nah, apa saja sih manfaat minum teh untuk kesehatan? Let’s check it out!

7 Manfaat minum teh secara rutin bagi kesehatan


Tidak hanya enak dan menyegarkan, teh juga mengandung senyawa aktif yang berperan penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Berikut beberapa manfaat penting minum teh secara rutin untuk kesehatan:

1.Mendapatkan banyak fitonutrien

Fitonutrien adalah kandungan gizi dalam tanaman yang menghasilkan aktivitas biologis tertentu dan mendukung kesehatan Anda dengan berbagai cara. Misalnya, melalui kemampuan antioksidan, melawan alergi tertentu, menurunkan risiko kanker, dan mendukung proses anti-aging.

Minuman teh kaya akan polifenol yang dapat mengurangi peradangan dan membantu mencegah kanker. Selain itu, teh juga mengandung katekin sebagai antioksidan alami untuk membantu melindungi sel Anda dari serangan radikal bebas. Ini adalah senyawa tidak stabil yang dapat merusak sel, sehingga memicu penuaan dini dan berbagai penyakit kronis.

2. Mengontrol berat badan

Teh, terutama teh hijau, sering kali dijadikan sebagai minuman untuk diet. Ini tidak lain karena banyak studi yang meneliti khasiat teh untuk meningkatkan pembakaran lemak dan laju metabolisme tubuh.

Sebuah penelitian menemukan bahwa minum 4 cangkir teh hijau setiap hari dapat membantu mengontrol berat badan dan mencegah hipertensi pada pasien diabetes. Studi lain juga menjelaskan bahwa teh hijau memiliki efek anti-obesitas dengan cara meningkatkan pengeluaran energi dan pembakaran lemak di dalam tubuh.

3. Membantu mencegah diabetes tipe 2

Minum teh dapat memperbaiki hiperglikemia, yang merupakan salah satu gejala diabetes melitus tipe 2. Orang dengan diabetes tipe 2 mengalami peningkatan kadar gula darah yang disebabkan oleh resistensi insulin atau hormon insulin tidak berfungsi secara normal.

Hormon insulin akan mengubah glukosa menjadi glikogen untuk disimpan di hati. Studi menunjukkan bahwa teh dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah, sehingga mampu mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2.

--- Related Article ---

4. Membantu mencegah penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke, adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Studi membuktikan bahwa aktivitas antioksidan teh hijau mampu menghambat oksidasi kolesterol-LDL, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. 

Mengingat efek menguntungkannya ini, tidak heran kalau orang yang rutin minum teh hingga 5 cangkir setiap hari memiliki risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular lebih rendah hingga 31%.

5. Mengurangi bau mulut

Siapa sangka kalau ternyata minum teh bisa mengurangi bau mulut juga, loh! Ini karena teh mengandung katekin yang juga bermanfaat untuk kesehatan mulut. Menurut penelitian, katekin dalam teh dapat menekan pertumbuhan bakteri dan berpotensi menurunkan risiko infeksi. Sementara dalam Journal of Nutritional Science and Vitaminology dijelaskan bahwa teh hijau sangat efektif mengurangi bau mulut karena memiliki aktivitas desinfektan dan deodoran.

6. Melindungi organ hati (hepatoprotektif)

Manfaat minum teh lainnya adalah melindungi organ hati dari gangguan yang disebabkan oleh kebiasaan makan buruk dan bahan kimia, termasuk kerusakan stres oksidatif, peradangan, steatosis, dan fibrosis. Teh dan komponen aktifnya dapat memperbaiki stres oksidatif melalui peningkatan aktivitas antioksidan, menghambat peradangan, memblokir apoptosis sel hati, mengontrol metabolisme lipid, mencegah steatosis dan fibrosis hati, serta menghambat dysbiosis usus.

7. Meningkatkan fungsi otak

Teh dapat meningkatkan fungsi otak Anda karena memiliki kafein sebagai stimulan. Meskipun tidak sebanyak kopi, tetapi cukup untuk menghasilkan respons tanpa menyebabkan efek gelisah yang dapat muncul akibat terlalu banyak konsumsi kafein dari kopi.

Kafein dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, termasuk kewaspadaan, suasana hati, dan fungsi memori. Namun, tidak hanya kafein, ada senyawa lain dalam teh yang juga berperan sebagai stimulan, yaitu asam amino L-theanine. Asam amino ini dapat meningkatkan aktivitas neurotransmitter yang memiliki efek anti-kecemasan. 

Studi menunjukkan bahwa kafein dan L-theanine dapat memiliki efek sinergis yang sangat kuat dalam meningkatkan fungsi otak Anda.

Nah, inilah 7 manfaat minum teh untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh. Banyak sekali manfaat penting yang ditawarkan teh, terutama dalam membantu penurunan berat badan dan mencegah penyakit kronis. Sayang sekali kan, kalau sampai Anda lewatkan begitu saja. Yuk, mulai sekarang rutin minum teh setiap hari!

 

Referensi:

Eat This, Not That!. (2020). What Happens to Your Body If You Drink Tea Every Day
Healthline. (2020). 10 Evidence-Based Benefits of Green Tea
WebMD. (2020). Are There Health Benefits to Drinking Tea?
Tang, Meng, dkk. “Health Functions and Related Molecular Mechanisms of Tea Components: An Update Review”. International Journal of Molecular Science.
Lodhia, Yaegaki, dkk. “Effect of green tea on volatile sulfur compounds in mouth air”. Journal of Nutritional Science and Vitaminology.

 

Tags:
#teh  #manfaat teh  #manfaat minum teh 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail