sfidn - 7 Manfaat Sarapan Oatmeal Setiap Hari, Yakin Tidak Mau?

7 Manfaat Sarapan Oatmeal Setiap Hari, Yakin Tidak Mau?

sfidn.com - Sarapan oatmeal saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehat, terutama bagi Anda yang sedang diet. Selain mengenyangkan, oatmeal juga sumber serat yang baik untuk pencernaan. Berbagai olahan oatmeal pun bisa Anda jadikan sebagai menu sarapan Anda. Nah, apa saja sih manfaat sarapan oatmeal setiap hari? This is what you will get!

7 Manfaat sarapan oatmeal setiap hari

Berikut manfaat sarapan oatmeal setiap hari yang dapat Anda peroleh:

1. Sumber serat yang luar biasa

Tahukah Anda? Semangkuk oat dapat membantu memenuhi asupan serat harian Anda sesuai dengan yang direkomendasikan. 

Menurut National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine, pria berusia 50 tahun ke bawah setidaknya harus mengonsumsi serat 38 gram per hari, sedangkan wanita berusia 50 tahun ke bawah setidaknya makan serat 25 gram per hari. 

Secangkir oatmeal mengandung sekitar 4 gram serat, artinya dapat memenuhi sekitar 14% dari kebutuhan serat harian. Tidak salah lagi kalau oatmeal adalah sumber serat yang baik untuk tubuh. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Lancet (2019) menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan biji-bijian dan sumber serat lainnya terbukti melindungi Anda dari penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, serta kanker payudara dan kolorektal.

2. Dapat ditambahkan topping agar lebih seimbang

Semangkuk oat di pagi hari sangat baik untuk memulai rutinitas harian Anda. Ini bisa menjadi sarapan yang bergizi seimbang bila ditambahkan dengan berbagai topping yang sehat ke dalamnya.

Contoh topping yang bisa Anda tambahkan sekaligus kaya akan protein, lemak sehat, dan zat gizi lainnya adalah:

  • Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang Brazil, kacang kenari, kacang almond, dan lainnya. 
  • Selai kacang.
  • Biji-bijian, seperti biji chia, biji wijen, beras, biji rami, kedelai, jagung, dan lainnya. 
  • Buah-buahan segar untuk serat tambahan, seperti irisan stroberi, blueberry, atau raspberry, pisang, kiwi, dan lainnya.
  • Rempah-rempah, seperti bumbu kayu manis, jahe, atau pai labu.
  • Susu.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kandungan serat dalam gandum sangat baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, terutama untuk sistem pencernaan agar berfungsi dengan baik. Oat tidak hanya mengandung serat tidak larut, tetapi juga serat larut air.

Nah, manfaat kedua jenis serat ini untuk pencernaan Anda adalah:

  • Serat larut: menyerap air dari makanan, sehingga feses lebih bervolume (padat) dan mudah untuk dikeluarkan.
  • Serat tidak larut: mengontrol pergerakan makanan selama di saluran pencernaan agar stabil dan dapat dicerna dengan baik.

Di sisi lain, serat larut dapat bertindak sebagai prebiotik, yang memberi makan bakteri-bakteri baik di usus, sehingga keseimbangan mikrobiota usus terjaga dengan baik.

4. Membantu menurunkan kolesterol

Manfaat sarapan oatmeal setiap hari selanjutnya dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Ini karena oat mengandung sejumlah serat, terutama beta-glucan, yang telah terbukti menurunkan kolesterol. 

Serat larut ini bertindak dengan cara membersihkan kolesterol yang menumpuk di dinding pembuluh darah arteri Anda. 

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition (2016) menunjukkan bahwa mengonsumsi sumber serat beta-glucan setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol-LDL (jahat). Kadar kolesterol-LDL yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

5. Membantu mengurangi lemak perut

Hal yang istimewa lagi dari sarapan oatmeal setiap hari adalah membantu mengurangi lemak visceral, alias lemak perut. Jenis lemak yang menumpuk di bagian tengah tubuh Anda ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke – sekalipun Anda memiliki IMT yang normal. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients (2016), oat membantu mengurangi kadar gula darah, lipid darah, dan berat badan yang lebih baik daripada kelompok kontrol yang makanan sehatnya tanpa oat. 

Ini semua terjadi berkat kandungan serat larutnya, beta-glucan, yang membantu membersihkan simpanan lemak di area ini.

6. Meningkatkan energi dan daya tahan tubuh

Sarapan oatmeal setiap hari dapat menyajikan Anda sejumlah vitamin, terutama vitamin B, serta mineral, termasuk mangan, zat besi, magnesium, dan seng. 

Misalnya, 1 cangkir oat yang dimasak mengandung sekitar 2 mg zat besi atau sekitar 11% dari AKG. Menurut National Institutes of Health (NIH), zat besi dapat memberikan energi dan membantu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk paru-paru, jantung, dan otak. 

Selain itu, oat juga menyediakan sekitar 1,5 mg seng atau sekitar 14% dari AKG, yang diperlukan untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

7. Membantu melindungi tubuh dari kanker

Mungkin Anda hanya berpikir bahwa hanya buah-buahan dan sayur-sayuran yang dapat melindungi tubuh dari kanker. Faktanya, sarapan semangkuk oatmeal setiap hari juga menawarkan Anda sejumlah antioksidan

Gandum mengandung antioksidan spesifik yang disebut dengan avenanthramides. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences (2019), antioksidan oat ini berpotensi sebagai penyembuh kanker yang menjanjikan – meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut. 

Cara memasak sarapan oatmeal yang enak

Anda bisa membeli oatmeal di supermarket terdekat atau online dengan rasa sesuai selera. Adapun cara membuat sarapan oatmeal yang enak adalah sebagai berikut:

  • Tuang 2 gelas air ke dalam panci kecil dan tambahkan sedikit garam, lalu masak hingga mendidih. 
  • Setelah mendidih, kecilkan api kompor dan tambahkan 1 cangkir oat ke dalamnya. 
  • Aduk dan masak sekitar 5 menit atau sampai oat menyerap air. 
  • Tambahkan topping sesuai selera, aduk oatmeal, tutup panci, lalu matikan api.
  • Biarkan dulu selama lima menit, lalu oatmeal siap disajikan.

Inilah 7 manfaat sarapan oatmeal setiap hari yang dapat Anda peroleh berikut cara menyajikannya yang enak. Oatmeal adalah salah satu makanan sumber serat, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. 

Makanan ini juga ramah untuk menurunkan berat badan, karena membuat Anda kenyang lebih lama dan akhirnya, mengontrol asupan makanan Anda. Oleh karena itu, oatmeal dapat menjadi bagian dari pola makan yang sehat.

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Everyday Health (2020). 7 Scientific Health Benefits of Oatmeal.
  • Food Insight (2019). Fiber Fact Sheet.
  • Hairstone et al. 2012. Lifestyle factors and 5-year abdominal fat accumulation in a minority cohort: the iras family study. Obesity. 20 (2): 421-427.
  • Ho et al. 2016. The effect of oat β-glucan on LDL-cholesterol, non-HDL-cholesterol and apoB for CVD risk reduction: A systematic review and meta-analysis of randomised-controlled trials. British Journal of Nutrition. 116 (8): 1369-1382. 
  • Li et al. 2016. Short- and long-term effects of wholegrain oat intake on weight management and glucolipid metabolism in overweight type-2 diabetics: a randomized control trial. Nutrients. 8 (9):549. 
  • NIH (2021). Iron.
  • NIH (2021). Zinc.
  • NIH. Rough Up Your Diet.
  • NIH (2019). Know Your Food Groups.
  • Oregon State University. Fiber.
  • Reynolds et al. 2019. Carbohydrate quality and human health: a series of systematic reviews and meta-analyses. Lancet. 393 (10170): 434-445.
  • Turrini et al. 2019. Overview of the anticancer profile of avenanthramides from oat. Int J Mol Sci. 20 (18): 4536. 
  • WebMD (2020). Oatmeal.

 
Tags:
#oatmeal  #sarapan oatmeal  #manfaat sarapan oatmeal  #manfaat sarapan oatmeal setiap hari 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article