7 Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Tubuh

sfidn.com - Tubuh manusia memerlukan 13 vitamin penting. Salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin B. Dalam vitamin B, terdiri atas delapan jenis vitamin yang berfungsi untuk kesehatan dan daya tahan tubuh. Delapan jenis vitamin B, di antaranya vitamin B1 (thiamine), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (pantothenic acid), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B7 (biotin), vitamin B9 (folic acid), dan vitamin B12 (cobalamin). 

Sumber vitamin B mudah didapatkan, yaitu bisa dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari atau suplemen terbaik yang mengandung vitamin B. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B, antara lain ikan salmon, telur, kerang, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. 

Vitamin B tentu mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat vitamin B kompleks yang harus Anda ketahui. 

 

7 Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Tubuh

 

1. Mencegah kanker 

 

sfidn-kanker-kulit

 

Vitamin B berperan dalam mencegah timbulnya berbagai jenis kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memiliki jumlah vitamin B yang tepat dalam tubuh dapat membantu melawan perkembangan pertumbuhan kanker.

Vitamin B telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kulit, khususnya melanoma. Jenis vitamin B yang dapat membantu pencegahan kanker adalah vitamin B6 dan B12.

 

2. Meningkatkan kesehatan otak 

 

sfidn-kesehatan-otak

 

Vitamin B berperan menjaga otak untuk berjalan dengan baik. Jumlah vitamin B yang cukup dalam tubuh sangat penting untuk fungsi fisiologis dan neurologis yang optimal. Berdasarkan beberapa data penelitian, diketahui bahwa vitamin B6 secara khusus dapat berperan dalam pencegahan penyakit parkinson, yaitu kerusakan atau kematian saraf di bagian otak sehingga berpengaruh terhadap gerakan tubuh. Selain vitamin B6, vitamin B1, B2, B3, B9, dan vitamin B12 juga berperan penting dalam kesehatan otak.

 

3. Mengurangi stres dan memperbaiki mood

 

sfidn-vitamin-b-mengurangi-stress

 

Vitamin B kompleks sering digunakan untuk mengurangi rasa lelah dan meningkatkan mood. Sebuah studi 33 hari pada 215 pria menemukan bahwa pengobatan dengan suplemen B kompleks dan mineral dosis tinggi dapat meningkatkan kesehatan mental dan stres. 

Vitamin B membantu pembentukan hemoglobin (zat dalam sel darah merah yang membawa oksigen melalui darah), neurotransmitter, serta menstabilkan hormon yang mempengaruhi suasana hati. Vitamin yang berperan dalam mengurangi stres dan memperbaiki mood adalah vitamin B6. 

--- Related Article ---

4. Mencegah depresi

 

sfidn-vitamin-b-cegah-depresi

 

Jenis vitamin B6 bermanfaat membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Vitamin B yang diberikan dengan obat untuk menstabilkan kesehatan mental dapat meningkatkan antidepresan. Beberapa vitamin B yang dapat mencegah depresi, antara lain vitamin B12 dan B6. 

 

5. Mempercepat penyembuhan luka pada tubuh

 

sfidn-vitamin-b-menyembuhkan-luka

 

Vitamin B bermanfaat mempercepat penyembuhan luka pada tubuh. Sejumlah penelitian membuktikan konsumsi vitamin B, khususnya jenis B12 dapat membantu proses penyembuhan luka. Tak hanya itu, vitamin B12 juga dapat mengobati sariawan.

 

6. Mencegah sakit kepala atau migrain 

 

sfidn-vitamin-b-sembuhkan-sakit-kepala

 

Vitamin B kompleks dapat dikonsumsi oleh penderita migrain. Berdasarkan penelitian, vitamin B2, B6, B9, dan B12 dapat membantu pencegahan migrain. Hal itu terjadi karena vitamin B dapat mempengaruhi mempengaruhi mitokondria di tingkat sel. 

 

7. Meringankan gejala PMS pada wanita

 

sfidn-vitamin-post-menstrual-syndrome

 

Sindrom pramenstruasi terjadi ketika wanita mengeluhkan gejala psikologis sebelum menstruasi datang. Berdasarkan penelitian Efficacy of vitamin B6 in the treatment of premenstrual syndrome: systematic review (1999), vitamin B kompleks, terutama vitamin B6 efektif meringankan gejala PMS jika digabungkan dengan konsumsi kalsium. 

Itulah manfaat vitamin B complex untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya Anda konsumsi vitamin B dalam jumlah yang pas. Vitamin B kompleks yang dikonsumsi berlebihan akan berbahaya bagi tubuh dan menyebabkan gangguan saraf dan penyakit liver.

Tags:
#vitamin b complex  #manfaat vitamin b complex  #vitamin B 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail