9 Rekomendasi Makanan Untuk Bantu Program Cutting

sfidn.com - Program cutting adalah salah satu proses dalam membentuk otot tubuh, karena dalam membentuk otot tubuh diperlukan diet bulking dan diet cutting. Beberapa orang memiliki menu makannya sendiri untuk menurunkan massa lemak di dalam tubuhnya. Namun pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi tentang ke 9 makanan yang menurut kami adalah makanan terbaik untuk membantu program cutting. Silahkan baca terus artikel ini dan terapkan makanan ini dalam program menu diet cutting Anda.

 

1. Ikan Salmon

Pada saat program cutting, Anda harus memastikan bahwa asupan protein Anda harus tetap tinggi atau setidaknya mampu memenuhi kebutuhan tubuh agar tidak terjadi penyusutan massa otot. Ikan salmon adalah salah satu pilihan makanan yang baik, karena memiliki kadar lemak jenuh yang rendah, dan mampu memberikan kebutuhan omega 3 untuk tubuh. Di dalamnya terdapat DHA dan EPA yang mana tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Kandungan omega 3 DHA dan EPA juga mampu membantu menurunkan lemak dan menstabilkan kadar insulin yang menjadi salah satu penyebab utama lemak berlebih, kandungan tersebut juga mampu membantu produksi energi di dalam tubuh. Selain itu, para peneliti juga mengklaim bahwa ikan mampu melindungi tubuh terhadap penyakit kardiovaskular.

 

2. Teh Hijau

Teh hijau sudah sejak dulu dikenal sebagai minuman termogenik dan mampu menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Saat ini Anda bisa mendapatkan teh hijau baik dalam bentuk teh celup maupun teh bubuk. Disarankan untuk mengonsumsi teh hijau 2-3 cangkir per hari untuk menurunkan lemak, disarankan juga untuk dikonsumsi dengan interval waktu yang sama. Selain itu, teh hijau juga memiliki senyawa polifenol dan katekin yang berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh. Antioksidan bekerja dengan cara menangkal setiap bentuk radikal bebas yang disebabkan karena latihan yang berat.

 

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangat kaya akan nutrisi dan merupakan pilihan makanan yang tepat. Sayuran hijau dan jenis sayuran lainnya pun kaya akan serat yang akan membantu laju penyerapan makanan lainnya yang Anda konsumsi. Selain itu, sayuran juga memiliki kandungan fitonutrien, suatu kandungan yang hanya bisa ditemukan pada makanan alami. Untuk itu, tambahkanlah sayuran hijau setiap menu makan Anda demi mengurangi massa lemak.

 

4. Tomat

Tomat adalah makanan yang sangat jarang dibahas dalam menu makan penurun berat badan ataupun menurunkan masa lemak. Padahal, tomat memiliki kandungan yang baik untuk hormon serotonin dan endorfin. Keduanya, terutama hormon serotonin, memiliki peranan yang besar dalam menekan nafsu makan dan memberikan sinyal ke otak tentang rasa kenyang. Selain itu tomat juga memiliki kandungan kalori yang rendah dan memiliki senyawa yang disebut dengan lypocene, senyawa ini diklaim mampu meminimalisir terkena penyakit kanker.

 

5. Roti Utuh

Menu makan dalam program bulking dan cutting wajib dibedakan. Jika saat bulking Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat seperti nasi dan roti gandum, maka pada fase cutting Anda harus mengonsumsi makanan yang minim akan karbohidrat, dan roti gandum adalah pilihan yang baik.

Roti gandum hanya memiliki setengah jumlah karbohidrat per sajiannya dibandingkan dengan nasi. Roti utuh pun tinggi akan protein, nutrisi, dan akan membuat Anda mengonsumsi lebih sedikit makanan. Roti kedelai dan biji rami adalah pilihan roti utuh yang baik karena memiliki kandungan omega 3 yang tinggi, protein, dan lambat diserap tubuh.

 

6. Keju Cottage

Keju sangat terkenal dikalangan para fitness mania ataupun binaragawan. Walaupun makanan ini lebih sering dikenal sebagai makanan bulking, tapi ternyata produk susu ini juga bagus untuk membantu program cutting. Kandungan kalsium di dalam keju cottage di klaim oleh para peneliti memiliki sifat penurunan berat badan yang baik. Untuk itu, pilihlah keju cottage yang rendah lemak.

 

7. Daging Tanpa Lemak

Seperti yang sudah kita ketahui, daging sapi sangat kaya akan zat besi, vitamin B, dan kreatine yang mampu meningkatkan produksi ATP, sehingga bisa membantu Anda dalam melakukan latihan yang lebih keras dan lama. Pilihlah daging yang minim akan kandungan lemak, semakin pink warna daging, maka biasanya kandungan lemaknya semakin sedikit.

 

8. Dada Ayam

Dada ayam adalah pilihan makanan lainnya untuk Anda yang sedang dalam program bulking. Sama seperti dada ayam kalkun, dada ayam juga memiliki kandungan protein tinggi dan lemak yang rendah. Pastikanlah Anda memilih daging dada ayam tanpa kulit dan rendah lemak.

 

9. Apel dan Pir

Apel merupakan buah yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Terdapat berbagai penelitian yang telah membuktikan hal ini, bahkan ada yang mengklaim bahwa apel adalah buah yang paling mampu memberikan rasa kenyang. Selain itu, buah apel juga adalah buah yang kaya akan serat dan mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh, sehingga mampu menjaga rasa kenyang lebih lama.

Buah pir juga merupakan buah yang tinggi serat dan bergizi. Para peneliti mengklaim bahwa buah pir juga mengandung senyawa endorfin alami yang mampu memberikan rasa bahagia dan mampu menekan nafsu makan.

 

--- Related Article ---

 

Kesimpulan

Seluruh makanan di atas adalah pilihan makanan yang baik untuk membantu program bulking Anda, jadi Anda bisa memasukannya pada program menu diet cutting Anda. Tapi, harus selalu diingat bahwa kunci diet yang sukses adalah variasi menu makanan. Untuk itu, pastikanlah Agar Anda mengonsumsi banyak makanan buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, sehingga tubuh berotot tanpa lemak akan Anda miliki.

 

Referensi:

  1. https://www.maximuscle.com/sports/bodybuilding/Foods-for-Cutting/
  2. https://www.maximuscle.com/sports/bodybuilding/4-Week-Diet-For-Cutting/
  3. https://www.myprotein.com/thezone/nutrition/best-foods-for-cutting/
  4. https://www.muscleandstrength.com/articles/shredded-cutting-diet-plans-eating-tips-freaky-physiques.html
  5. https://www.bodybuilding.com/content/what-are-the-best-foods-for-cutting.html
Tags:
#diet  #Weight Cutting  #Cutting 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail