sfidn - Alasan Wanita Perlu Melakukan Latihan Beban

Alasan Wanita Perlu Melakukan Latihan Beban

sfidn.com – Latihan fitness merupakan aktivitas olahraga yang sebagian besar dilakukan di gym atau ditempat lain yang tujuannya yaitu untuk membentuk otot, membakar lemak, dan tentunya untuk kebugaran tubuh si fitness mania tersebut. Nah, pada dasarnya tidak hanya kaum pria saja yang membutuhkan latihan beban. Wanita juga membutuhkan latihan beban untuk kesehatan mereka? Mengapa demikian? Apa saja alasan latihan beban untuk wanita ini? Temukan jawabannya di artikel ini sekarang juga.

Alasan wanita perlu melakukan latihan beban

1.    Mengurangi stress

Jika kalian mudah mengalami stress, cobalah lakukan latihan beban. Mereka yang terbiasa melakukan latihan beban secara general lebih baik dalam mengelola pikiran dari stress, selain itu dengan melakukan latihan beban juga bisa mengurangi stress kalian. Latihan beban juga bisa membantu tingkatkan fungsi kognitif sekaligus tingkatkan daya ingat kalian. Tidak percaya? Cobalah latihan beban sekarang juga! Khususnya kalian para wanita.

 

2.    Menjaga kesehatan tulang

Berbanding lurus dengan bertambahnya usia, kita mempunyai resiko hilangnya kepadatan tulang yang bisa menyebabkan osteoporosis. Terkhusus untuk wanita setelah fase menopause lebih beresiko menderita osteoporosis pada usia tuanya. Lakukan latihan beban secara dini untuk menjaga kesehatan tulang sekaligus mencegah tulang keropos yang dikenal dengan osteoporosis ini.

 

3.    Cegah sakit jantung

 

Berdasarkan beberapa studi kesehatan menyimpulkan bahwa melakukan latihan beban secara rutin bisa kurangi resiko menderita sakit jantung. Mengapa? Karena latihan beban bisa cegah faktor yang menyebabkan sakit jantung. Apa saja faktor itu? Faktor penyebab penyakit jantung adalah memiliki lingkar pinggang yang lebar, kadar gula dan tekanan darah yang tinggi, serta memiliki kadar trigliserida yang cukup tinggi. Untuk itu, lakukanlah latihan beban sekarang juga.

--- Related Article ---

4.    Meningkatkan energi

Dengan melakukan latihan beban bisa memberikan manfaat meningkatnya penggunaan energi setelah melakukan latihan. Berdasarkan sebuah studi dari National Institute of Health mengatakan bahwa peningkatan pengeluaran energi akan memberikan efek pada keseimbangan energi dan pembakaran lemak.

 

5.    Memberikan tidur yang berkualitas

Latihan beban juga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur kalian. Dengan melakukan latihan beban maka akan membantu mempermudah tidur sehingga tidur akan lebih nyenyak dimalam hari. Berdasarkan pada sebuah penelitian International SportMed Journal, latihan beban dengan intensitas yang cukup tinggi pada pagi hari bisa memberikan kualitas tidur dan sekaligus memperpanjang waktu tidur pada malam hari (tidur pulas dan nyenyak).

 

6.    Membantu membentuk lekuk badan

Poin ke enam ini merupakan salah satu manfaat yang paling ingin didapatkan oleh kaum wanita. Siapa yang tidak ingin memiliki lekuk tubuh yang indah? Selain membuat percaya diri, memiliki lekuk tubuh yang indah  ini merupakan mimpi sebagian besar wanita didunia. Dapatkan dengan cara melakukan latihan beban, konsumsi makanan yang sehat dan bernutirisi, dan tentunya imbangi dengan istirahat yang cukup dan teratur.

 

 

7.    Membuat massa otot sebanding dengan tingkat metabolism tubuh

Setiap terjadi kontraksi otot dimulai dari proses bernapas hingga beban terangkat, membutuhkan cukup banyak kalori untuk dibakar. JIka kalian rutin melakukan latihan beban, maka kalori yang digunakan akan lebih besar disbanding hanya dengan diam tanpa olahraga. Selain itu, seiring dengan meningkatnya kekuatan dan massa otot tanpa lemak, badan kalian juga akan membakar kalori secara efisien. Artinya, lebih banyak kalori yang dibakar setiap hari karena massa otot kalian lebih banyak dari sebelumnya.
 

8.    Efektif membantu membakar lemak

Poin terakhir adalah tentang DIET, diet merupakan aktivitas yang dilakukan pria maupun wanita untuk mengurangi berat badan mereka dengan target berbeda beda. Ada yang memiliki target tubuh langsing, ataupun hanya ingin mengurangi berat badan sampai titik tertentu saja. Dengan melakukan latihan beban khususnya untuk wanita maka akan mempercepat proses diet dengan terbakarnya lemak didalam tubuh, meningkatnya proses metabolism tubuh  (Excess post exercise oxygen consumption) dimana tubuh kalian akan terus mengkonsumsi oksigen tambahan setelah latihan, sehingga secara otomatis kalori akan terus terbakar.
 
Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang alasan mengapa wanita juga perlu melakukan latihan beban di gym ataupun tempat olahraga lainnya seperti lapangan, taman yang terdapat alat angkat beban, dan sebagainnya. Sudahkah kalian khususnya wanita melakukan latihan beban? Lakukanlah sekarang dan rasakan manfaatnya! Salam olahraga.

 
Tags:
#wanita  #latihan beban 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article