sfidn - Alat Fitness Untuk Melatih Otot Kaki

Alat Fitness Untuk Melatih Otot Kaki

sfidn.com - Saat pertama kali tiba di tempat gym, rasa bingung dan canggung pasti akan terasa saat melihat berbagai alat fitnes yang ada. Orang awam atau yang baru pertama kali nge-gym pasti akan kekurangan pengetahuan akan nama, fungsi dan bagaimana cara menggunakannya. Itulah yang membuat sebagian orang untuk enggan pergi ke tempat gym.

Ada banyak sekali alat di tempat gym lengkap dengan fungsi nya untuk mengisolasi beberapa otot tertentu dan dibawah ini kami akan menjelaskan alat apa saja yang berguna untuk melatih bagian tubuh Anda atau melatih otot kaki.

1. Static Bicycle

Static bicycle atau sepeda statis merupakan alat bersepeda dalam ruangan yang berguna untuk melatih otot kaki. Selain itu, alat ini juga termasuk dalam kegiatan olahraga kardio yang mampu membakar lemak. Pada alat ini kita bisa menyesuaikan kecepatan serta tekanan mengayuh dengan kemauan dan kemampuan kita.

2. Eliptical Machine

Mesin ini merupakan penggambaran dari bagaimana cara kita berjalan. Alat ini akan melatih otot kaki yang biasa kita gunakan untuk berjalan namun dengan ditambah tekanan beban yang harus dilakukan secara lebih daripada berjalan pada umumnya.

3. Barbell

Barbell merupakan besi dengan panjang 1.2 hingga 2.1 meter yang dipasang beban atau weight pilates disetiap ujungnya. Latihan ini dilakukan dengan mengangkat barbell pada kedua tangan. Barbell yang digunakan pada perlombaan besar seperti olimpiade memiliki panjang yang berbeda, yaitu 2.1 meter dengan berat 20 kg. Barbell jenis ini mampu menahan berat hingga 363 kg bahkan ada yang bisa mencapai 454 kg. Gerak latihan untuk melatih otot kaki dengan menggunakan alat ini adalah gerakan squat atau biasa disebut barbell squat.

4. Dumbbell

Dumbell merupakan barbell dengan ukuran yang lebih pendek, yaitu sekitar 10 sampai 15 inchi. Alat ini merupakan alat yang paling fleskibel dari semua alat fitnes yang ada, kenapa? karena dengan alat ini, Anda bisa melatih seluruh otot besar maupun otot kecil Anda salah satunya adalah otot kaki. Gerakan Goblet Squat merupakan salah satu gerakan melatih otot kaki dengan memanfaatkan dumbbell

5. Hyper Extension Bench

Selain mampu melatih otot punggung Anda, berlatih dengan menggunakan alat ini akan mampu melatih otot kaki, hamstring dan otot glute Anda. Pada beberapa fitness center bahkan menyediakan hyper extension bench yang bisa digunakan untuk melakukan gerak sit-up sehingga bisa untuk melatih otot perut.

6. Leg Press Machine

Biasanya, alat ini dilakukan untuk melakukan gerakan leg press yang berguna dalam membentuk otot betis dan paha. Alat ini akan memungkinkan kita dalam meningkatkan tingkat kesulitan dalam berlatih leg press dengan cara menambahkan beban.

7. Squat Hack Machine

Alat squat hack machine akan berguna untuk Anda yang memang ingin melatih otot paha. Latihan yang dilakukan pada alat ini seperti melakukan gerak squat namun dengan tambahan beban sehingga tantangan untuk melakukan gerak squat menjadi lebih berat.

--- Related Article ---

8. Leg Extention

Terdapat dua jenis latihan yang bisa dimanfaatkan dengan menggunakan alat ini, yaitu latihan leg extention dan juga leg press. Pembentukan otot paha bagian depan dan otot paha bagian belakangmu akan tersa lebih cepat saat menggunakan alat ini.

9. Tali Skipping

Tali skipping menjadi alat yang bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Alat ini akan mampu meningkatkan kekuatan otot kaki sekaligus kesehatan jantung dan paru-paru Anda. Alat ini bisa juga dijadikan alternatif olahraga karadio lainnya untuk Anda yang tidak suka berlari.

Itulah ke 10 alat yang efektif untuk membentuk otot kaki Anda. Jadi, sudah siapkah mendapatkan kaki yang kokoh dan kuat?

 


 
Tags:
#Alat Fitness  #otot kaki 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article