sfidn - Alat Gym Untuk Melatih Otot Pectoral

Alat Gym Untuk Melatih Otot Pectoral

sfidn.com - Saat Anda pertama kali ingin memulai program latihan fitnes, Anda mungkin akan bingung, grogi, ataupun nervous. Bahkan saat Anda baru akan mengunjungi tempat fitness atau gym, Anda mungkin akan terasa terintimidasi karena banyaknya alat dan mesin yang belum Anda ketahui fungsinya. Bahkan nama-nama dari mesin itu mungkin akan terdengar aneh.

Umumnya, ada dua jenis alat gym yang bisa kamu temukan di tempat fitness, yaitu alat angkat beban dan mesin. Angkat beban merupakan alat fitness yang dimanfaatkan untuk membentuk otot tubuh dan bisa dimanfaatkan untuk melatih otot tertentu, seperti otot dada. Dinamakan dengan alat beban karena alat ini tidak terpasang tali, pin, kabel ataupun penahan lainnya. Beberpa diantaranya adalah dumbbell, barbell dan beban piringan. Nah, untuk Anda yang ingin membentuk otot pektoral atau otot dada bagian atas Anda, alat-alat ini bisa Anda manfaatkan dengan gerakan yang tepat.

1. Barbell


Barbell merupakan sebuah besi panjang yang memiliki ukuran yang cukup beragam, antara 1.2 meter sampai dengan 2.1 meter yang ujungnya diberi piringan beban. Latihan yang memanfaatkan alat ini dilakukan dengan cara mengangkat barbell. Biasanya, barbell yang digunakan pada ajang perlombaan seperti olimpiade memiliki panjang sekitar 2.1 meter dan memiliki beban berat 45 lbs atau 20 kg. Barbell jenis ini merupakan barbell yang kuat dan mampu menahan beban 454 kg. Selain barbell yang di desain khusus untuk olimpiade, masih ada satu lagi barbell standar yang biasa dijual di supermarket. Jenis barbell ini memiliki panjang 1.5 meter – 1.82 meter dan memiliki ketebalan 1 inchi. Barbell standar sangat tepat untuk digunakan dirumah. Dengan jenis alatnya yang besar ini, maka alat ini bisa digunakan untuk membentuk otot dada dengan gerakan bench press.

2. Dumbbell


Bisa dibilang bahwa dumbbell merupakan barbel versi pendek dengan ukurannya sepanjang 10 – 15 inchi saja. Latihan yang memanfaatkan alat ini dilakukan dengan cara di angkat pada setiap tangannya. Alat ini dianggap sebagai alat yang paling fleksibel dari semua alat lainnya karena alat ini hampir mampu melatih seluruh otot besar dan otot kecil di seluruh tubuh. Biasanya, tempat fitness menyediakan set dumbbell dengan berat yang bervariasi, dari 2 kg – 45 kg. Ada juga dumbbell yang berat bebannya dapat diubah dan biasanya terdapat penutup kecil pada ujungnya guna menahan beban. Jenis dumbbell seperti ini terkenal lebih murah dan tidak memakan banyak tempat. Sehingga alat fitnes ini bisa dijadikan sebagai alat untuk latihan di rumah, salah satunya untuk melatih otot dada dengan gerakan Dumbell Chest Press.

 3. Bench


Bench merupakan salah satu alat yang paling umum berada ditempat fitness. Alat ini merupakan dudukan yang sangat fleksibel dan mampu membantu Anda dalam melatih otot dada. Saat ini, kita bisa menemukan 3 jenis bench seperti bench datar atau flat, bench menurun atau decline, ataupun bench menanjak atau incline. Bahkan beberapa diantaranya ada yang bisa disesuaikan sendiri menjadi datar, menurun, atau menanjak dan ada juga bench yang memiliki rak di kedua sisisnya sebagai tempat menahan barbell. Untuk bench yang tidak terdapat rak di kedua sisinya biasa digunakan untuk latihan menggunakan dumbbell.

 SFIDN Baca juga

4. Swiss Ball atau Bola keseimbangan


Berbagai latihan yang bisa dilakukan dengan menggunakan bench cenderung bisa juga dilakukan pada swiss ball, seperti latihan bench press, shoulder press, dumbbell flyes, lateral raises, crunches, pullovers, reverse crunches dan lain-lain. Seperti namanya, alat ini merupakan alat yang menarik karena mampu bergerak dan juga menggelinding untuk meningkatkan keseimbangan dan juga memperkuat keseimbangan setiap kali berlatih.

Itulah alat-alat gym yang bisa kamu manfaatkan untuk melatih otot dada. Semoga wawasan Anda bisa semakin bertambah dalam melatih otot dada. Semangat berlatih.


 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article