sfidn - Aneka Alat Fitness untuk Melatih Otot Tubuh

Aneka Alat Fitness untuk Melatih Otot Tubuh

sfidn.com - Saat baru mulai menjalankan program latihan fitness, mungkin Anda akan merasakan pengalaman grogi ataupun bingung. Bahkan Anda mungkin akan terasa terintimidasi dengan tempat itu. Terperangah akan banyaknya alat fitness disana karena Anda belum terlalu mengetahui fungsi dari berbagai alat fitnes itu dan mungkin saja Anda belum mengetahui nama-nama alatnya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjabarkan tentang berbagai alat fitness tersebut.

Pada umumnya, peralatan fitness terbagi menjadi dua jenis, angkat beban dan mesin. Kali ini, kami akan membahas banyaknya alat angkat beban terlebih dahulu. Alat angkat beban atau free weight merupakan alat yang mampu membentuk tubuh dan menjadi alat untuk melatih otot lengan. Tidak ada alat tali, kabel ataupun pin pada alat ini. Berbagai alat tersebut adalah:

1. Barbell

Barbell merupakan besi panjang dengan ukuran 1,2 sampai 2,1 meter yang dipasang piringan beban atau weight plates pada ujungnya. Pada ajang olimpiade, besi barbel yang digunakan biasanya memilki panjang 2.1 meter dangan berat 20 kg. Barbell tersebut biasanya lebih kuat karena mampu menahan beban sampai 454 kg.

Untuk di tempat fitness, beban piringannya biasanya telah fix dengan berat antara 9 kg sampai 45 kg. Tapi, jika Anda menginkan alat ini agar bisa berlatih sendiri di rumah, Anda bisa membelinya di berbagai supermarket yang biasanya memiliki panjang 1.5 hingga 1.82 meter dengan ketebalan 1 inchi. Karena alat ini terkenal dengan besarnya, maka alat ini bisa digunakan untuk berbagai latihan berat seperti melatih otot dada, otot kaki, otot bahu dan juga punggung.

2. Dumbbell

Dumbbell merupakan versi kecilnya dari barbell dengan pangang 10 sampai 15 inchi. Tempat fitness biasanya kan menyediakan banyak variasi alat berat, mulai dari 2 kg sampai 45 kg. Ada juga dumbbell yang beratnya bisa diubah dengan menggunakan piringan beban yang pada ujungnya ditambahkan penutup kecil untuk menahan beban tersebut. Dumbbell ini biasanya lebih murah dan hanya memakan sedikit tempat, sehingga cocok untuk digunakan ditumah. Bebrapa latihan yang biasanya dilakukan dengan alat ini adalah melatih otot bahu, otot dada, otot kaki dan juga punggung.

3. EZ Curl Bar

Alat ini agak mirip dengan alat barbell, namun agak pendek dan juga alat ini memiliki sudut genggaman tangang. Alat ini dibuat untuk lebih fokus dalam melatih otot bicep dan tricep karena adanya sudut genggaman yang bisa di fokuskan untuk melatih kedua otot tersebut.

4. Tricep bar

Alat ini merupakan alat dengan bentuk oval dengan dua tempa pegangan berbentuk parallel. Sama halnya dengan EZ curl bar, Anda juga masih bisa menggunakan alat ini untuk bisa melatih otot dari berbagai sudut. Seperti namanya, alat ini lebih difokuskan untuk melatih otot tricepmu.

5. Bench

Bench merupakan dudukan fleksibel yang bisa membantu Anda dalam melatih otot dada, punggung dan juga bahu. Ada tiga jenis bench berbeda yang bisa kita jumpai di tempat fitness, yaitu jenis datar, turun, dan menanjak. Beberapa bench juga biasanya disediakan rak untuk menempatkan alat bench. Bench yang tanpa dilenkgapi rak biasanya digunakan untuk berlatih menggunakan dumbbell.

6. Hyper Extension Bench

Bench jenis ini biasanya digunakan untuk melatih otot punggung, otot kaki, hamstring dan otot glute. Alat ini juga bisa digunakan untuk melakukan gerakan sit-up yang baik untuk otot abdomen.

7. Preacher Bench

Bench ini diciptakan untuk melatih otot bicep. Terdapat sudut untuk menempatkan lengan atas Anda pada preacher bench ini. Selain itu, bench ini juga bisa mencegah Anda mengangkat beban yang terlampau berat agar bisa lebih fokus melatih otot bicep. Bench ini biasa di duetkan dengan alat EZ Curl Bar agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Arm Blaster

Alat ini merupakan alat berbahan dasar besi dengan beban 0,6 meter dan lebar 6 inchi dengan bentuk yang pipih dan melengkung. Alat ini juga dibekali dengan tali yang mengitari leher belakang Anda agar Anda bisa menahan alat ini dengan bagian depan tubuh. Alat ini memiliki cara kerja seperti preacher bench yang mampu mengeliminasi momentum tubuh dan mengisolasi otot bicep Anda.

--- Related Article ---

9. Abdominal Bench

Pada dasarnya, bench ini merupakan bench decline atau bench dengan jenis menurun yang berguna untuk melatih otot perut dengan gerakan sit-up. Terdapat roller yang bisa membantu Anda dalam menggantungkan kaki agar tidak terlepas dari bench tersebut.

10. Swiss Ball atau Bola Keseimbangan 

Dengan alat ini, Anda bisa melakukan latihan apapun diatasnya, seperti latihan seperti bench press, shoulder press, dumbbell flyes, lateral raises, crunches, pullovers, reverse crunches, dll. Dengan bola ini, Anda bisa melatih otot tubuh dan juga melatih kesembangan tubuh agar lebih baik.

Selain itu, sertailah latihan fitness Anda dengan mengonsumsi suplemen. Suplemen yang dikonsumsi harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan akhir Anda. Terimakasih, semoga bermanfaat.


 
Tags:
#fitness  #Alat Fitness 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article