sfidn - Apa Sih Bedanya Minuman Energi dan Minuman Olahraga?

Apa Sih Bedanya Minuman Energi dan Minuman Olahraga?

sfidn.com – Sebagian besar dari kita tentu pernah mendengar minuman energi dan minuman olahraga. Banyak orang yang mengira bahwa kedua jenis minuman ini adalah sama hanya karena kemampuannya yang mampu memberikan energi secara cepat. padahal, kedua jenis minuman ini tentu berbeda. Lantas, apa bedanya?

 

3 Perbedaan Minuman Energi dan Minuman Olahraga

1. Tujuan Konsumsi

Jika dilihat berdasarkan tujuan konsumsinya, minuman energi adalah minuman yang bertujuan untuk meningkatkan energi, stamina, konsentrasi dan daya tahan tubuh. Sedangkan minuman energi biasa diminum dengan tujuan mengisi kembali energi secara cepat karena adanya suatu tuntutan maupun kegiatan tertentu. Selain itu, minuman olahraga adalah minuman yang sangat sesuai untuk diminum selama, sebelum atau sesudah berolahraga dengan tujuan agar tubuh mampu mendapatkan cairan dan eletrolit yang hilang secara cepat karena aktivitas olahraga.

 

2. Kandungan Nutrisi

Hal yang menyebabkan minuman energi mampu membuat tubuh menjadi lebih bersemangat dan juga berstamina adalah adanya kandungan kafein yang dijadikan sebagai nutrisi utamanya. Selain itu, minuman energi juga biasanya memiliki kandungan gula, vitamin B, ekstrak herbal seperti ginseng, taurin, dan L-karnitin.

 

Sedangkan pada minuman olahraga, kandungan nutrisi di dalamnya adalah Karbohidrat, elektrolit, mineral, gula, serta beberapa vitamin. Berbagai mineral tersebut adalah kalium, kalsium, magnesium, serta klorida. Pada beberapa minuman olahraga bahkan ada yang sengaja menambahkan vitamin C dan E.

 

3.  Efek Konsumsi

Dilansir dari laman resmi Very Well Family, kafein bukanlah satunya kandungan berbahaya yang ada pada minuman energi. Adanya kandungan kafein dan gula pada minuman energi memang ditujukan untuk menunjang fungsi dari minuman tersebut, yaitu sebagai penyuplai energi dan stamina. Namun, terlalu sering meminum minuman energi dapat meningkatkan risiko gangguan konsentrasi, ketidakseimbangan nutrisi, hingga merusak organ-organ dalam tubuh. Berbagai penelitian telah menunjukan bahwa tingginya kadar gula dan kafein pada minuman energi bisa meningkatkan kadar gula darah, tekanan darah, dan detak jantung. Jika dibiarkan, hal ini akan memperburuk kesehatan jantung. Selain itu, minuman energi juga bisa memberikan efek candu karena adanya kandungan kafein.

 

Disisi lain, minuman olahraga sebenarnya adalah minuman yang baik. Namun jika diminum terlalu banyak juga akan menimbulkan efek yang buruk untuk tubuh. Kandungan gula di dalam minuman olahraga yang banyak bisa merusak gigi, dan jika tetap dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang akan mengalami diabetes dan obesitas.

 

--- Related Article ---

 

Lantas, Lebih baik Minuman Olahraga atau Minuman Energi

Jika kita perhatikan secara menyeluruh, minuman olahraga adalah minuman yang paling disarankan daripada minuman energi. Hal tersebut terjadi karena kandungan nutrisi dan fungsi minuman ini dirasa lebih baik daripada minuman energi yang lebih banyak memiliki kandungan gula dan kafein. Selain itu, minuman olahraga juga dilengkapi dengan karbohidrat, elektrolit, serta mineral yang mampu memberikan pengaruh positif guna mengembalikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang karena berlatih.

 

Namun, bukan berarti Anda diperbolehkan untuk meminum minuman olahraga setiap hari, karena kandungan gula yang cukup tinggi pada minuman olahraga bisa menambah timbunan kalori yang pada akhirnya mampu meningkatkan berat badan. oleh karena itu, iringilah konsumsi minuman olahraga dengan latihan olahraga yang rutin agar manfaat yang terasa bisa menjadi lebih maksimal

 

Referensi

https://www.verywellfamily.com/sports-drinks-vs-energy-drinks-1257137 

https://www.healthline.com/nutrition/energy-drinks 

https://www.healthline.com/nutrition/sports-drinks 

https://www.everydayhealth.com/healthy-living/fitness/sports-drinks-exploring-pros-cons/ 


 
Tags:
#minuman 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article