Apakah Vitamin D Membantu Penurunan Berat Badan?

sfidn.com - Vitamin D adalah mikronutrien penting yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk peningkatan kekebalan tubuh dan meningkatkan kekuatan tulang. 

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak yang bisa diperoleh dari makanan atau suplemen vitamin D. Jenis vitamin ini penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan memfasilitasi penyerapan kalsium dan fosfor. 

Tak hanya itu, beberapa studi mengungkapkan bahwa vitamin D dapat menurunkan berat badan. Berikut ini beberapa informasi terkait vitamin D dan manfaatnya dalam penurunan berat badan.

 

Orang yang kelebihan berat badan cenderung memiliki tingkat vitamin D lebih rendah

 

sfidn-vitamin-d-berat-badan

 

Dalam The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism (2004), diketahui bahwa indeks massa tubuh dan persentase lemak tubuh yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan kadar vitamin D dalam darah. 

Sebuah studi tahun 2012 mencatat bahwa setelah kadar vitamin D pada individu yang mengalami obesitas disesuaikan dengan ukuran tubuh, tidak ada perbedaan antara kadar vitamin D pada individu yang mengalami obesitas dan non-obesitas. Hal tersebut menunjukkan bahwa kebutuhan vitamin D bergantung pada ukuran tubuh. 

 

Meningkatkan vitamin D membantu penurunan berat badan

 

sfidn-vitamin-d-menurunkan-berat-badan

 

Beberapa studi menunjukkan bahwa mendapatkan cukup vitamin D dapat meningkatkan penurunan berat badan dan menurunkan lemak tubuh. Sebuah studi dilakukan dengan 218 wanita yang kelebihan berat badan dan obesitas selama periode satu tahun. Sebagian wanita mengonsumsi suplemen vitamin D, sedangkan sebagian lainnya tidak. 

Di akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa wanita yang memenuhi kebutuhan vitamin D  mengalami penurunan berat badan lebih banyak. Mereka berhasil menghilangkan rata-rata 7 pon (3,2 kg) lemak lebih banyak daripada wanita yang tidak mengonsumsi vitamin D. 

Dalam sebuah studi yang dilakukan dengan 4.600 wanita lanjut usia menemukan bahwa tingkat vitamin D yang tinggi tidak terlalu mempengaruhi penurunan berat badan. Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa konsumsi vitamin D untuk penurunan berat badan cenderung kurang efektif jika dilakukan pada wanita lanjut usia. 

--- Related Article ---

Cara vitamin D membantu menurunkan berat badan

 

sfidn-konsumsi-vitamin-d

 

Vitamin D dapat menurunkan berat badan dengan cara mengurangi pembentukan sel lemak baru dalam tubuh. Vitamin D juga dapat menekan penyimpanan sel lemak dan mengurangi akumulasi lemak tubuh. Selain itu, vitamin D dapat meningkatkan kadar serotonin, yaitu neurotransmitter yang memengaruhi segala hal mulai dari suasana hati hingga pengaturan tidur. 

Serotonin dapat berperan dalam mengendalikan nafsu makan, meningkatkan rasa kenyang, mengurangi berat badan, dan menurunkan asupan kalori. Tak hanya itu, vitamin D yang tinggi juga dapat memicu penurunan berat badan karena meningkatkan kadar testosteron. 

Sebuah studi tahun 2011 memberi 165 pria suplemen vitamin D selama satu tahun. Ditemukan bahwa mereka yang menerima suplemen mengalami peningkatan kadar testosteron. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kadar testosteron yang lebih tinggi dapat mengurangi lemak tubuh dan membantu mempertahankan penurunan berat badan jangka panjang. 

 

Dosis vitamin D untuk menurunkan berat badan

 

sfidn-dosis-konsumsi-vitamin-d

 

Orang dewasa usia 19-70 tahun dianjurkan untuk konsumsi setidaknya 1000 IU (25mcg) vitamin D per hari. Namun, beberapa studi mengungkapkan bahwa kadar vitamin D yang dibutuhkan tubuh bergantung pada berat badan. Namun, jumlah maksimal konsumsi vitamin D adalah 4.000 IU per hari. 

Tags:
#menurunkan berat badan  #vitamin d 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail