Aturan Diet Nutrisi Seimbang untuk Kesehatan

sfidn.com - Nutrisi seimbang adalah kunci untuk memiliki berat badan ideal. Nutrisi seimbang adalah pola makan yang memenuhi kaidah nutrisi harian. Salah satu cara mencapai nutrisi seimbang adalah dengan diet. Ada banyak diet yang bisa Anda coba, namun diet nutrisi seimbang merupakan diet yang baik untuk kesehatan.

Berikut ini aturan diet nutrisi seimbang agar berat badan ideal dan tubuh menjadi sehat. 

 

Cara Melakukan Diet Nutrisi Seimbang

 

1. Perhatikan jumlah karbohidrat

sfidn-karbohidrat

Makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan yang bermacam-macam untuk tubuh. Kebutuhan harian karbohidrat umumnya 3-4 porsi. Untuk memenuhi tiga porsi harian, Anda bisa mengonsumsi dua lembar roti, 100 gram nasi, dan satu buah atau kentang ukuran sedang.

 

2. Konsumsi buah dan sayuran 

sfidn-buah-sayur

Seseorang harus mengonsumsi buah setidaknya 2-3 porsi dalam sehari dan 3-4 porsi sayuran dalam sehari. Satu porsi buah setidaknya mengandung komposisi 4 sendok makan sayur, 3 sendok makan kacang polong, dan 8 kuntum kembang kol. Untuk satu porsi buah, Anda bisa mengkombinasikan 2 kiwi atau 7 stroberi, 1 apel, 1 pisang, dan 1 iris melon. Jika Anda ingin mengonsumsi jus, sebaiknya konsumsilah 150ml jus murni atau smoothies agar setara dengan 1 porsi buah. 

 

3. Hitung asupan protein 

sfidn-protein

Kebutuhan protein harian seseorang adalah 2-4 porsi. Beberapa makanan mengandung protein yang bisa Anda konsumsi adalah 40gr ayam, 15gr daging, 40gr ikan, 100gr tahu, dan 50gr tempe. Protein diperlukan tubuh untuk pembentukan tulang, otot, dan memperbaiki jaringan tubuh. 

--- Related Article ---

4. Batasi gula, garam, dan minyak 

sfidn-gula

Untuk menjalani diet nutrisi seimbang, sebaiknya Anda membatasi asupan gula, garam, dan minyak. Maksimal konsumsi 4 sendok makan gula, 1 sendok teh garam, dan 5 sendok makan minyak. 

 

5. Jumlah air yang diminum 

sfidn-minum-air

Sekitar 50-60% tubuh manusia mengandung air. Oleh karena itu, Anda perlu mencukupi kebutuhan mineral tubuh. Konsumsilah sekitar delapan gelas atau dua liter air dalam sehari. Konsumsi air mineral bisa Anda mulai dari bangun tidur hingga sebelum tidur. 

Itulah aturan diet nutrisi seimbang yang bisa Anda coba. Pastikan Anda mengimbangi diet dengan berolahraga rutin.

Tags:
#diet nutrisi seimbang 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail