Bagaimana Cara Menghilangkan Lemak Perut Bagian Bawah?

sfidn.com - Lemak perut bagian bawah memang bagian yang paling sulit untuk dihilangkan. Bagian perut ini seringkali menyebabkan Anda terlihat buncit. Tentunya, hal itu mempengaruhi penampilan Anda. Lemak pada perut bagian bawah disebut juga dengan lemak visceral, lemak ini paling berbahaya karena dapat mempengaruhi kesehatan dan fungsi organ dalam rongga perut. 

Ada beberapa penyebab penumpukan lemak perut bagian bawah pada tubuh manusia. Berikut beberapa di antaranya.

Penyebab Penumpukan Lemak Perut Bagian Bawah

1. Genetik 

Penumpukan lemak pada bagian bawah perut bisa terjadi karena faktor genetik. Beberapa orang lebih rentan menumpuk lemak perut bagian bawah daripada yang lain. Namun, hal ini bisa diatasi dengan berolahraga. 

2. Stres dan inflamasi

Peradangan dan stres dapat meningkatkan kadar kortisol yang merupakan hormon stres. Kadar kortisol yang meningkat terkait dengan pembentukan lemak visceral. 

3. Resistensi insulin

Kurang olahraga, makan terlalu banyak gula, kurang tidur, dan diabetes tipe II dapat meningkatkan resistensi insulin. Hal ini berpengaruh pada metabolisme tubuh dan menyebabkan penumpukan lemak, terutama lemak perut. 

4. Gender

Pria cenderung memiliki lemak visceral lebih banyak daripada wanita. Sebaliknya, wanita cenderung lebih banyak menyimpan lemak di sekitar pinggul dan paha. Oleh karena itu, pria biasanya memiliki risiko lebih besar terkena penyakit jantung koroner yang erat terkait dengan lemak perut.

5. Usia 

Lemak perut biasanya meningkat seiring bertambahnya usia. Peningkatan lemak perut seringkali disertai dengan penurunan massa otot dan metabolisme yang lebih lambat. Hal ini dapat diatasi dengan olahraga dan diet sehat. 

 

Cara Menghilangkan Lemak Perut Bagian Bawah 

 

1. Burpees

sfidn-burpees

sumber: coachmag.co.uk

Latihan ini melatih otot inti, bahu, lat, trisep, dan paha depan. Hal itu disebabkan latihan ini melibatkan gerakan pliometrik eksplosif yang juga dapat berfungsi untuk memompa jantung. Gerakan ini dapat dilakukan dengan mudah. 

Berdirilah dengan kaki terbuka selebar bahu dan arahkan pinggul ke belakang saat menurunkan tubuh ke lantai dalam posisi squat rendah. Kemudian, letakkan tangan tepat di luar kaki dan lompatlah ke belakang, biarkan dada menyentuh lantai. Dorong tangan ke lantai dan membentuk posisi plank, lalu lompatkan kaki Anda tepat di luar tangan. Dengan beban di tumit, lompat secara dengan lengan di atas kepala.

2. Mountain Climbers

sfidn-mountain-climbers

sumber: everydayhealth.com

Gerakan ini bermanfaat untuk otot ini, trisep, lat, dan paha Anda. Untuk melakukan gerakan ini, lakukan posisi plank dengan pergelangan tangan tepat di bawah bahu. Kunci otot inti, tarik pusar ke arah tulang belakang. Dorong lutut kanan ke arah dada dan kembali ke posisi plank. Kemudian, gerakkan lutut kiri ke arah dada. Lanjutkan ke sisi lainnya. 

--- Related Article ---

3. Turkish Get-Up

sfidn-turkish-get-up.

sumber: youtube.com

Latihan ini membutuhkan alat bantu kettlebell. Latihan ini dapat dilakukan dengan tangan kanan memegang kettlebell dan tangan kiri berada di atas dada. Kemudian, tekuk lutut kanan hingga membentuk 90 derajat. Posisi kaki sebelah kiri usahakan tetap lurus. Angkat kettlebell ke atas, siku menekan ke lantai. Kemudian, angkat pinggul dan gerakkan kaki kiri hingga melangkah mundur dan bertumpu pada lutut. Dorong badan ke posisi berdiri dengan mengangkat kettlebell sepanjang latihan. Turunkan badan secara perlahan dan ulangi gerakan. 

4. Russian Twists

sfidn-russian-twist

sumber: womenshealthmag.com

Gerakan ini dilakukan dengan posisi duduk tegak di lantai dengan lutut ditekuk dan kaki di atas lantai. Pegang gym ball atau medicine ball dengan tangan setinggi dada. Condongkan tubuh ke belakang dengan punggung memanjang. Jaga tubuh hingga membentuk 45 derajat. Putar tubuh ke kanan dan ke kiri. Lakukan bergantian. 

5. High Intensity Interval Training (HIIT) 

sfidn-HIIT

sumber: myfitnesspal.com

Luangkan 30 detik untuk melakukan repetisi squat, push-up, atau mengayun kettlebell. Kemudian, istirahatlah selama 30 detik. Lanjutkan HIIT selama 10 putaran. Pastikan Anda melakukan latihan dengan tubuh bagian kanan dan kiri. 

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan penumpukan lemak perut bagian bawah. Selain melakukan latihan, Anda juga harus menjaga pola makan sehat.

Tags:
#lemak perut  #lemak tubuh  #cara menghilangkan lemak perut 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail