Bahas Lengkap Asam Amino Esensial

sfidn.com – Asam amino merupakan molekul pembentuk protein yang memegang banyak peranan tubuh. Secara keseluruhan, asam amino dibagi menjadi tiga jenis, yakni asam amino esensial, asam amino non-esensial, dan asam amino kondisional. Ketiga jenis asam amino ini memiliki fungsi masing-masing. Dalam dunia fitness, asam amino yang dikaitkan dengan peningkatan performa latihan, pencegahan penyusutan otot, dan penurunan berat badan ialah yang berjenis asam amino esensial. Namun, asam amino esensial ini ternyata tidak hanya dibutuhkan oleh mereka penggiat fitness, melainkan juga anak-anak. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut pembahasan lengkap terkait asam amino esensial.

Apa itu Asam Amino Esensial?

Asam amino esensial merupakan asam amino yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Pemenuhan akan jenis asam amino ini hanya bisa didapatkan melalui asupan makanan, minuman, atau suplementasi. Terdapat 9 macam asam amino esensial, yakni histidin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin,  triptofan, leusin, isoleusin, dan valin.

  • Histidin. Histidin berperan penting dalam pemrosesan berbagai jenis mineral dalam tubuh, seperti zat tembaga, zat besi, magnesium dan zinc. Histidin juga berfungsi dalam meningkatkan sistem kognisi tubuh dan pencernaan.

  • Lisin. Tubuh memerlukan Lisin untuk proses produksi kimia yang meliputi hormon, antibodi, dan enzim. Lisin juga berguna dalam penyerapan kalsium, pembuatan protein secara utuh, dan pemulihan tubuh setelah operasi.

  • Metionin. Metionin bekerja dengan cara meningkatkan fungsi sel tubuh dan mensintesis pembuluh darah baru. Metionin juga dapat mempercepat masa pemulihan tubuh yang terjadi karena luka, gangguan liver, dan overdosis asetaminofen.

  • Fenilalanin. Fenilalanin berperan sebagai prekusor neurotransmiter norepinefrin, epinefrin, dan dopamin. Suplemen fenilalanin sering digunakan orang untuk meringankan depresi, rasa cemas, dan vitiligo.

  • Treonin. Treonin berfungsi untuk meningkatkan sistem imun dan sistem metabolisme tubuh. Treonin juga berperan dalam pembentukan jaringan tubuh lain seperti kolagen dan elastin.

  • Triptofan. Suplementasi triptofan bertujuan untuk mengatasi gangguan kesehatan mental, kecanduan merokok, meningkatkan kemampuan tubuh secara atletik, dan gejala emosional pada penderita dysphoric pramenstruasi(PMDD).

  • Leusin. Asam amino esensial ini bekerja dalam proses sintesis protein dan peningkatan metabolisme tubuh seperti mengatur gula darah, meningkatkan tumbuh-kembang tubuh, mencegah berkurangnya kadar protein dalam otot karena cedera, serta memulihkan sel otot serta tulang.

  • Isoleusin. Suplemen isoleusin sering dikonsumsi oleh atlet professional dan binaragawan untuk meningkatkan tenaga dan membantu proses pemulihan ototnya pasca kegiatan fisik yang berat.

  • Valin. Asam amino valin berperan aktif dalam mencegah kerusakan otot karena dinilai cukup mampu memenuhi kebutuhan asupan otot dengan ekstra glukosa yang bertugas dalam memproduksi energi tubuh selama melakukan latihan. Asam amino yang tergabung dalam Branched-Chain Amino Acid (BCAA) ini juga sangat penting dalam membantu meningkatkan sistem saraf dan kognitif tubuh.

Suplementasi Asam Amino Essensial

Suplemen asam amino esensial atau suplemen EAA (Essential Amino Acid) memiliki seluruh kandungan asam amino esensial. Namun, dari sembilan asam amino esensial tersebut, terdapat tiga asam amino yang biasa disebut dengan BCAA (Branched Chain Amino Acid) atau asam amino rantai bercabang yang meliputi Leusin, Isoleusin dan Valin. Saat ini terdapat suplemen EAA dan suplemen BCAA di pasaran yang dapat dengan mudah kita temukan. Berikut manfaat dari suplemen asam amino esensial tersebut.

  • Meningkatkan Performa Latihan. Suplemen BCAA sering digunakan untuk meningkatkan performa atletik, membantu pemulihan otot pasca latihan, dan meningkatkan daya tahan.

  • Mencegah Penyusutan Massa Otot. Suplemen asam amino esensial terbukti mampu mencegah terjadinya kerusakan otot serta menjaga massa otot tubuh tanpa lemak.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan. Beberapa penelitian yang melibatkan manusia dan hewan menunjukan bahwa asam amino esensial, khususnya BCAA, mampu meningkatkan pembakaran lemak secara efektif.

Kaitan Asam Amino Esensial Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Secara global, 150 juta anak disebut mengalami kekurangan gizi. Sekitar 25% anak di bawah umur 5 tahun pun dinyatakan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang terhambat. Pertumbuhan dan perkembangan anak yang terhambat sering ditemukan di negara-negara berpenghasilan rendah. Kemungkinannya, hal ini disebabkan karena tidak tercukupinya asupan protein, terutama asam amino esensial.

- Dampak Kekurangan Asam Amino Esensial. Peneliti meyakini bahwa kekurangan asam amino dapat menyebabkan kompleks protein tertentu yang berfungsi sebagai sensor nutrisi di dalam sel, yang mana dapat menghambat sintesis protein, lipid, dan pertumbuhan sel.

- Kebutuhan Asam Amino Esensial Anak. Untuk memenuhi kebutuhan asam amino esensial, anak-anak bisa mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Anak-anak membutuhkan asupan protein setidaknya 10% hingga 35% dari total kalori harian. Di saat yang sama, suplementasi asam amino tidak direkomendasikan untuk anak-anak karena dikhawatirkan dapat menimbulkan efek samping seperti sakit perut atau kelelahan.

Kebutuhan Asam Amino Essensial Harian

Karena tubuh manusia tidak bisa memproduksi asam amino esensial, maka tubuh memerlukan asupan dari luar. Kita bisa menemukan dengan mudah sumber makanan yang tinggi akan kandungan asam amino esensial. Menurut laman resmi National Academy of Sciences, rekomendasi asupan asam amino esensial per 1 kg berat badan setiap individu yaitu:

  1. Histidin: 14 mg

  2. Isoleusin: 19 mg

  3. Leusin: 42 mg

  4. Lisin: 38 mg

  5. Metionin (+ asam amino sistein non-esensial): 19 mg

  6. Fenilalanin (+ tirosin asam amino non-esensial): 33 mg

  7. Threonine: 20 mg

  8. Triptofan: 5 mg

  9. Valine: 24 mg

 

--- Related Article ---

Sumber Makanan Tinggi Asam Amino Esensial

Kualitas suatu makanan berprotein dapat dinilai dari seberapa lengkap kandungan asam aminonya. Semakin lengkap ragam asam amino-nya, maka semakin tinggi pula nilai proteinnya. Sumber makanan berprotein ini dapat ditemukan di sumber makanan hewani dan nabati. Hanya saja, kandungan yang ada di sumber makanan nabati tidak selengkap seperti di sumber makanan hewani. 

Kesimpulan

Asam amino esensial merupakan asam amino yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Asam amino ini berperan penting dalam menjalankan fungsi tubuh yang normal pada anak-anak dan dewasa serta meningkatkan performa berlatih pada mereka penggemar fitness. Kebutuhan asam amino pada setiap orang dapat dipenuhi melalui konsumsi makanan berprotein tinggi, dimana terkandung banyak jenis asam amino.

 

.

Common Questions

Q : Manfaat mengonsumsi suplemen asam amino?

A : Pembentukan otot lebih baik hingga peningkatan tenaga dan daya tahan saat berlatih.

 

Q : Apakah suplemen asam amino dapat mempercepat pemulihan otot yang pegal pasca berlatih?

A : Iya, karena mereka dapat memperbaiki otot yang rusak pasca berlatih.

 

Q : Apakah anak-anak boleh mengonsumsi suplemen asam amino?

A : Suplementasi asam amino tidak direkomendasikan untuk anak-anak karena dikhawatirkan dapat menimbulkan efek samping seperti sakit perut dan kelelahan. Untuk remaja yang mulai mengenal suplemen asam amino pun hal tersebut bisa beresiko apabila tidak mengetahui betul jumlah asam amino yang terkandung di dalamnya.

Tags:
#asam amino esensial 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail