sfidn - Benarkah Makan Telur Setiap Hari Bisa Membesarkan Otot Anda?

Benarkah Makan Telur Setiap Hari Bisa Membesarkan Otot Anda?

sfidnfits.com – Makan telur setiap hari dipercaya bisa membesarkan otot secara signifikan. Benarkah klaim tersebut? Begini faktanya.

 

Benarkah Makan Telur Setiap Hari Bisa Membesarkan Otot Anda?

Melatih, menumbuhkan, membentuk, dan membesarkan otot adalah tujuan dari semua rutinitas program kebugaran untuk mencapai tubuh yang atletis dan sempurna.

Namun, semua bentuk latihan fisik saja masih belum cukup untuk mencapai massa otot yang maksimal jika tidak diimbangi dengan pengonsumsian protein yang tepat.

Telur adalah makanan yang sempurna untuk membantu tubuh memperbaiki sel otot yang robek atau rusak selama latihan. Hal ini dikarenakan telur memiliki kandungan protein yang tinggi dengan pengonsumsiannya yang terbilang mudah. 

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh United States Department of Agriculture (USDA), satu butir telur mengandung sekitar 6-7 gram protein di mana angka ini bisa lebih besar tergantung pada ukuran dan kualitas telur.

Pernyataan ini disetujui oleh Nicholas A. Burd, Ph.D, seorang ahli fisiologi olahraga di University of Illinois yang menyebutkan bahwa mengonsumsi telur utuh dapat memicu perbaikan dan pemulihan serat protein serta kunci membangun otot yang lebih besar dan kuat. 

 

Apa Itu Otot?

Otot merupakan jaringan tubuh yang terdiri dari tumpukan serat-serat protein yang mana jumlah serat serta ketebalannya bisa meningkat apabila sumber proteinnya cukup dan ada kesempatan bagi otot untuk melakukan regenerasi.

Maka dari itu, mengombinasikan latihan fisik serta pengonsumsian sumber protein terbaik seperti halnya telur dapat membuat otot Anda menjadi lebih besar.

Jadi, pernyataan bahwa mengonsumsi telur setiap hari bisa membesarkan otot adalah benar dan bisa terwujud apabila diimbangi dengan olahraga atau pun latihan fisik intens lainnya.

 

Putih Telur atau Kuning Telur untuk Membesarkan Otot?

Kalau Anda bertanya tentang bagian telur mana yang paling bagus untuk membesarkan otot maka jawabannya adalah keduanya. 

Baik itu putih telur atau pun kuning telur, masing-masing memiliki kandungan protein yang tinggi. 100 gram putih telur mengandung sekitar 11 gram protein dan 100 gram kuning telur mengandung hampir 17 gram protein. 

Namun karena volume putih telur lebih banyak daripada bagian kuning telur maka secara keseluruhan, bagian putih memiliki lebih banyak protein.

Mungkin perbedaan yang menjadi perhatian besar terletak pada kandungan lemak dalam telur yang seringkali dihindari oleh para praktisi olahraga. Putih telur tidak mengandung lemak sedangkan kuning telur mengandung sekitar 4-7 gram lemak per butirnya.

Selain mendapatkan nutrisi berupa protein dan lemak, telur juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti: 

  • Vitamin A
  • Vitamin D
  • Vitamin B12
  • Zat Besi
  • Fosfor
  • Sodium
  • Kalium
  • Magnesium
  • Zinc

 

Berapa Butir Telur untuk Membentuk Otot?

Dengan mengonsumsi 4-5 telur per hari untuk Anda yang masih pemula di dunia kebugaran, jumlah ini sudah cukup untuk membentuk otot Anda menjadi lebih besar. 

Sedangkan bagi Anda yang sudah berada di level medium atau profesional, kami merekomendasikan untuk mengonsumsi 7-8 butir telur per hari demi meningkatkan massa otot dan menghindari penyusutan. 

Namun, Anda perlu tahu bahwa kebutuhan protein harian bagi orang yang rutin melakukan latihan fisik adalah 1,6-2,0 kg per berat badan. 

Itu artinya, 7-8 butir telur saja masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan protein. Maka dari itu, pengonsumsian sumber makanan serta suplemen lainnya sangat dibutuhkan demi memenuhi jumlah nutrisi untuk membentuk dan membesarkan massa otot. 

Anda juga tidak bisa selalu bergantung pada pengonsumsian telur setiap hari, apalagi dalam jumlah banyak karena akan meningkatkan risiko kolesterol dan penyakit kronis lainnya.

 

Amankah Memakan Telur Mentah untuk Membentuk Otot?

Banyak praktisi olahraga yang beranggapan jika mengonsumsi telur mentah adalah cara terbaik untuk memaksimalkan kandungan proteinnya. Namun faktanya, hanya 50% protein dari telur mentah yang dapat diserap oleh tubuh. 

Jumlah tersebut jauh lebih rendah dibandingkan telur matang di mana 90% proteinnya mampu diserap dengan baik oleh tubuh Anda. Belum lagi, risiko terpapar bakteri Salmonella akan jauh lebih besar ketika Anda mengonsumsi telur secara mentah. 

Berdasarkan hal tersebut maka bisa disimpulkan bila tingkat keamanan mengonsumsi telur mentah itu lebih rendah dibandingkan dengan mengonsumsi telur matang.

 

Sekarang, Anda sudah tahu kan kebenaran dari telur yang dapat menjadi alternatif pilihan protein yang baik untuk membantu Anda membesarkan otot setelah melakukan latihan fisik yang panjang dan melelahkan. Jadi, selamat mencobanya.

 

--- Related Article ---


Referensi: 

  • Men's Health, (2018), Want to Get Ripped? Eat 3 Whole
  • Medical News Today, (2023), All you need to know about egg yolk
  • Muscle & Fitness, From a Bodybuilding Perspective, Here’s a Healthy Approach to Eating Eggs
  • Eggs After Your Workout
  • Egg Info, Eggs and muscle growth
  • Egg Farmers, Eggs: An Ideal Food to Fuel Fitness

 


 
Tags:
#otot  #telur 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article