Berapa Kalori yang Bisa Dibakar dengan Olahraga Tabata?

sfidn.com - Tabata adalah jenis latihan interval yang berada di bawah HIIT (latihan interval intensitas tinggi). Tabata mengharuskan Anda menyelesaikan latihan hanya dalam 20 menit dengan intensitas yang sangat keras. Anda akan latihan sekeras yang Anda bisa selama 20 detik, lalu beristirahat selama 10 detik, dengan total latihan delapan putaran.

Latihan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membakar banyak kalori, tetapi tidak punya banyak waktu untuk berolahraga di gym setiap minggu. Nah, penasaran nggak sih berapa kalori yang bisa dibakar dengan olahraga Tabata?

Olahraga Tabata dapat membakar berapa kalori?

Anda mungkin bertanya-tanya apakah usaha keras yang Anda keluarkan selama latihan Tabata sesuai dengan hasil yang diharapkan? Sementara pembakaran kalori dapat bervariasi pada setiap orang, tergantung pada sejumlah faktor. 

Studi kecil yang dilakukan oleh American Council on Exercise (ACE) menemukan bahwa seseorang dapat membakar hingga 18 kalori per menit selama sesi Tabata, dengan rata-rata peserta dapat membakar 15 kalori per menit. 

Menurut Kyle Prescott, spesialis kekuatan dan pengkondisian bersertifikat NSCA yang dilansir dari Popsugar, jumlah tersebut tidak memperhitungkan kalori yang terbakar setelah latihan (efek afterburn). Melainkan karena asupan oksigen Anda meningkat selama sesi Tabata, sehingga terjadilah pembakaran kalori dalam prosesnya.

Secara total, studi yang didanai ACE tersebut menemukan bahwa orang dapat membakar sekitar 240 – 360 kalori selama 20 menit melakukan Tabata workout. Hal ini sejalan dengan Emberts et al. (2013), yang menyatakan bahwa latihan Tabata dapat membakar 15 kalori per menit atau 400 kalori selama 30 menit.

Anda juga bisa menggunakan pelacak kebugaran untuk perkiraan yang lebih personal.

Ketahui ini dulu sebelum memulai

Namun ingat, jangan sampai Anda melakukan latihan ini tanpa persiapan fisik sama sekali. 

Jika Anda pemula, Anda mungkin harus bekerja keras untuk meningkatkan daya tahan Anda sebelum mencobanya. Sebab, jika Anda tidak bersedia menyisihkan waktu 20 menit, maka Anda tidak akan mendapatkan banyak manfaat dari workout dengan intensitas tinggi ini.

Anda harus tetap terhidrasi sebelum, selama, dan setelah latihan Tabata. Detak jantung Anda juga akan meningkat sepanjang sesi, sehingga Anda harus memastikan bahwa Anda sudah bekerja sesuai dengan kecepatan Anda sendiri. 

Tidak masalah jika Anda harus melewatkan satu ronde dulu untuk mengatur napas. Selain itu, lakukan pemanasan dan pendinginan yang tepat untuk menghindari kemungkinan cedera.

Hal penting lagi yang harus Anda ketahui adalah untuk menuai manfaat penuh dari latihan interval ini, Anda harus bekerja pada 75% dari detak jantung maksimum Anda atau lebih. Berikut cara menghitung 75% dari detak jantung maksimum Anda:

  • HRmaks = 220 – usia Anda
  • 75% dari HRmaks Anda = HRmaks x 0,75

Perbedaan Tabata dan HIIT

Tabata adalah HIIT, tetapi tidak semua HIIT adalah Tabata. Pada dasarnya, Tabata adalah versi HIIT dengan intensitas yang lebih tinggi, serta dengan latihan yang lebih pendek dan lebih kaku. Selain itu, rutinitas HIIT menawarkan Anda sedikit lebih banyak fleksibilitas dibandingkan dengan Tabata workout

Manfaat Tabata bagi tubuh

Pelatihan interval ini menawarkan Anda banyak manfaat, di antaranya:

  • Hemat waktu.
  • Meningkatkan metabolisme yang dapat membantu pembakaran kalori lebih banyak.
  • Meningkatkan kebugaran aerobik dan anaerobik.
  • Meningkatkan massa otot tanpa lemak.
  • Meningkatkan detak jantung.

Sebuah studi kecil tahun 2013 juga menemukan bahwa orang yang melakukan sesi Tabata 20 menit (terdiri atas latihan berat badan dan plyometrik) dapat meningkatkan daya tahan kardiorespirasinya. 

Apakah ada risikonya?

Seperti yang Anda ketahui, latihan Tabata sangat melelahkan, karena harus menyelesaikan latihan intensitas tinggi ini dalam waktu yang sangat singkat. Anda harus cukup fit untuk memenuhi tuntutan fisik ini tanpa cedera.

Cobalah mulai dengan satu atau dua putaran selama 4 menit untuk membiasakan diri Anda dengan intensitasnya. Jika ini sudah berjalan lancar, Anda bisa meningkatkannya lagi. 

Contoh gerakan Tabata

Setiap latihan dalam sesi Tabata hanya berlangsung selama 4 menit. Berikut struktur program latihannya yang harus Anda ikuti:

  • Berolahraga keras selama 20 detik.
  • Istirahat 10 detik.
  • Selesaikan hingga 8 putaran.

Dihitung satu set apabila Anda melakukan setiap latihan selama 20 detik dan istirahat selama 10 detik. Jadi, Anda akan menyelesaikan delapan set setiap latihannya.

Adapun contoh gerakan Tabata adalah sebagai berikut:

  • Push-up (4 menit).
  • Squat (4 menit).
  • Burpee (4 menit).
  • Mountain climbers (4 menit).

Mulailah dengan latihan push-up selama 20 detik dengan intensitas tinggi, lalu istirahat selama 10 detik, dan kembali melakukan push-up selama 20 detik, lalu istirahat selama 10 detik, hingga Anda menyelesaikan 8 set push-up. Silahkan beristirahat selama 1 menit sebelum lanjut ke latihan berikutnya.

Setelah itu, Anda bisa melanjutkan squat selama 20 detik dengan intensitas tinggi, lalu istirahat selama 10 detik, dan kembali melakukan squat selama 20 detik, lalu istirahat selama 10 detik, hingga Anda menyelesaikan 8 set squat

Setelah Anda menyelesaikan 8 set squat  dan beristirahat selama 1 menit, Anda bisa melanjutkan lagi ke latihan burpee dan mountain climbers dengan pola yang sama.

Olahraga Tabata sangat bagus sebagai latihan cepat untuk membakar hingga 400 kalori dalam waktu setengah jam. Olahraga ini sangat cocok untuk Anda yang kekurangan waktu, perlu mengubah rutinitas harian, atau ingin meningkatkan daya tahan dan kecepatan tubuh. Anda pun bisa menggabungkannya dengan rutinitas kebugaran Anda. Selamat berlatih!

Rekomendasi latihan Tabata lainnya:

Sumber video: Growingannanas

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Active. What is Tabata Training?
  • American Council on Exercise (2013). Is Tabata All It's Cracked Up To Be?
  • Cleveland Clinic (2021). Tabata vs. HIIT: What’s the Difference?
  • Cosmopolitan (2014). Can You Really Get Fit Working Out for a Few Minutes?
  • Emberts et al. 2013. Exercise intensity and energy expenditure of a tabata workout. J Sports Sci Med. 12 (3): 612-613. 
  • Healthline (2020). Tabata vs. HIIT: What’s the Difference Between These Workouts?
  • Popsugar (2020). What to Expect From Your First Tabata Workout, Including Just How Many Calories You'll Burn.
  • Right Path Fitness. Tabata Training.
  • Runtastic (2019). The Top 4 Calorie-Burning Workouts.
  • Runtastic (2019). Tabata Exercises: Fat Burning with aTabata Interval Training. 
Tags:
#olahraga tabata  #tabata  #manfaat tabata  #contoh gerakan tabata  #tabata membakar berapa kalori 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail